Tips Agar Daging Tetap Segar Saat Disimpan Lama

Tips Agar Daging Tetap Segar Saat Disimpan Lama

0 By Katalog Kuliner

Tips Agar Daging Tetap Segar Saat Disimpan Lama

Daging akan tetap awet dan segar bila disimpan dan dirawat dengan baik sehingga dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat.


Daging merupakan salah satu bahan utama masakan yang sering sering dibeli selain ayam. Tapi harga daging yang cenderung kurang stabil terkadang membuat ibu-ibu sering enggan membeli komiditi yang satu ini saat harganya saat sedang naik. Meskipun demikian, hal ini tidak lantas menyurutkan niat banyak orang untuk tidak membelinya karena masakan daging menjadi salah satu makanan favorit.

Saat harga daging sedang tidak mahal, banyak ibu-ibu yang membelinya. Namun, daging yang dibeli terkadang tidak langsung dimasak dalam waktu dekat melainkan menyimpannya beberapa hari dan menunggu momen yang pas untuk membuat masakan dari daging ini. Hanya saja, memang daging yang dimasak akan lebih baik bila dimasak dalam keadaan masih segar saat habis dibeli.

Ibu-ibu tidak perlu khawatir untuk menyimpan daging dalam waktu lumayan lama karena daging memang memiliki tingkat keawetan yang cukup lama dibanding ayam, sayuran, dan lain-lain. Selain itu, terkadang juga para ibu-ibu yang sibuk bekerja tidak sempat untuk mengolah daging karena lupa atau terlalu disibukkan dengan aktivitas hariannya.

Untuk menyimpan daging itu sendiri tidak semudah menyimpan sayur dan buah-buahkan. Daging harus disimpan dan dirawat dengan baik agar bisa tahan beberapa hari. Jangan khawatir, untuk kali katalog kuliner akan memberikan tips-tips bagaimana agar daging tetap segar saat disimpan lama. Berikut Tips Agar Daging Tetap Segar Saat Disimpan Lama:

Tempat Pemotongan Daging

Tempat Pemotongan Daging

  1. Belilah daging yang masih benar-benar masih segar dan baru dipotong di tempat pemotongan daging. Usahakan untuk membeli daging di tempat-tempat yang terpercaya ataupun telah menjadi langganan Anda di pasar tradisional atau pasar daging. Bisa juga membeli daging di hypermarket, supermarket, atau swalayang yang biasanya dapat menjamin kualitas daging.
  2. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan kalau Anda membeli daging dengan kualitas yang masih baik dan di tempat yang bersih serta terjamin tempat jualnya.
  3. Lihatlah bentuk dan warna daging itu apa masih baru atau sudah lama. Daging yang masih segar tidak pucat dan memiliki bobot normal. Hati-hati dengan daging yang ideal antara ukuran dan bobotnya karena bisa jadi itu daging glonggongan. Biasanya daging glonggongan memiliki tekstur agak pucat.
  4. Saat sampai rumah, bersihkan segera daging dengan air yang mengalir agar kotoran yang menempel pada daging bisa terbuang lewat air yang mengalir dan menjadi bersih. Apabila daging yang anda beli cukup besar maka potong-potonglah menjadi beberapa bagian dan pisahkan.
  5. Terlebih dahulu masukan daging ke dalam lemari pendingin biasa. Jangan langsung memasukkan daging ke freezer. Hal ini kurang baik karena daging yang langsung ke dalam freezer bisa jadi tidak merata dinginnya dan juga bisa mengakibatkan busuk pada bagian dalam karena yang beku hanya bagian luar saja.
  6. Bila ingin memasak daging, cairkan terlebih dahulu daging yang telah membeku tersebut sebelum mengolah dan memasaknya. Perlu diingat, jangan pernah menyisahkan daging yang telah dicairkan dan membaginya kemudian memasukan kembali ke dalam freezer. Hal ini dapat mengakibatkan daging yang sudah dicairkan dari beku dan dimasukan kembali akan menjadi rusak dan bau karena terkontaminasi bakteri dan bisa menyebabkan daging menjadi rusak dan tidak boleh diolah lagi untuk dimasak.

    Ukuran ideal daging sebelum disimpan

    Ukuran ideal daging sebelum disimpan

Demikian Tips Agar Daging Tetap Segar Saat Disimpan Lama. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang suka membeli daging dan menyimpannya beberapa hari.

Baca juga: Tips Memilih Daging Yang Aman dan Baik Untuk Dikonsumsi