Tips Lebaran: Bagaimana Kualitas Janur Yang Baik Untuk Anyaman Ketupat?

Tips Lebaran: Bagaimana Kualitas Janur Yang Baik Untuk Anyaman Ketupat?

0 By Katalog Kuliner

Tips Lebaran: Bagaimana Kualitas Janur Yang Baik Untuk Anyaman Ketupat?

Kualitas janur yang baik untuk anyaman ketupat akan menentukan kualitas ketupat. Kesalahan memilih janur akan membuat kualitas ketupat yang ditanak tidak dapat maksimal.

Di lebaran nanti pasti Anda menginginkan kualitas masakan ketupat yang baik dan enak. Untuk memperoleh hasil masakan ketupat yang diharapkan, tidak hanya tergantung beras yang digunakan untuk mengisi ketupat tetapi juga bagaimana bisa memilih kualitas janur yang baik untuk wadah ketupat.

Di sini kami berbagi tips bagaimana cara memilih janur ketupat agar kualitas janur yang didapatkan termasuk dalam kategori baik untuk dapat digunakan sebagai pembungkus ketupat. Berikut tips cara memilih janur yang baik:

1. Cari janur yang masih berwarna kekuningan karena janur yang seperti ini tidaklah kaku seperti janur berwarna hijau sehingga cukup enak digunakan saat mengisi beras ke dalam ketupat karena lebih lentur. Janur berwarna hijau lebih kaku dan sering mudah robek saat mengisi beras ke dalam ketupat.
2. Cari janur yang berukuran cukup panjang dengan lebar sekitar 2-3 cm karena akan memudahkan kita saat mengayam ketupat dan hasil anyaman ketupat cukup besar. Selain itu juga mempermudahkan untuk mengisi beras ke dalam ketupat.
3. Bila tidak langsung digunakan, simpan janur ketupat di tempat yang sejuk misalnya kamar mandi.
4. Sebelum dianyam menjadi ketupat, bersihkan janur dari debu/kotoran atau getah yang lengket agar untuk menjaga kualitas isi ketupat.
5. Sebelum dimasak, bersihkan ketupat dari sisa-sisa beras yang menempel agar saat direbus nanti ketupat tidak saling merekat satu sama lain.

Semoga bermanfaat 🙂

Foto: citarasaindonesia.co.id

Baca juga:
Tips Membuat Ketupat Yang Baik dan Tahan Lama
Cara Cepat dan Mudah Membuat Anyaman Ketupat
Ketupat Lebaran
Ketupat Beras Merah