Resep Membuat Nasi Buras (Burasa) Khas Makassar

9998
0

Resep Membuat Nasi Buras Khas Makassar

Buras adalah makanan dari Makassar yang merupakan salah satu varian nasi yang dibungkus oleh daun pisang yang diikat oleh tali dan berbentuk persegi agak pipih.


Buras memiliki rasa yang lebih enak, gurih, dan aroma yang khas karena saat memasaknya disertakan santan dan beberapa bumbu lainnya. Sangat pas untuk menemani makan Coto Makassar ataupun Bakso.

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras. Cuci bersih dan tiriskan
  • 1 liter santan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 pelepah daun pisang yang bagus. Dibersihkan
  • 2 sdt Garam
  • Tali rafia untuk mengikat. Dibuat kecil-kecil saja

Cara Membuat Nasi Buras (Burasa) Khas Makassar:

  1. Layukan daun pisang terlebih dahulu dengan cara panasi lembaran daun pisang di atas api kecil hingga melemas dan sedikit berubah warna. Siapkan juga tali untuk mengikat.
  2. Rebus santan, daun salam, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Jangan ditinggal karena santan bisa meluber jika mendidih terlalu besar.
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih sambil diaduk sesekali hingga semua santan terserap dan beras menjadi setengah matang. Matikan api dan diamkan sejenak.
  4. Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan dalam meja. Masukkan 3 sdm penuh nasi santan yang sudah diaron tadi, lalu lipat dan sisihkan. Lakukan hingga habis.
  5. Ikat menjadi satu untuk setiap 2 bungkus beras aron yang sudah dibungkus. Caranya, lipatan saling menghadap dan berada dibagian dalam tangkupan. Ikat dengan tali rafia pada masing-masing ujung.
  6. Didihkan air dalam panci yang cukup besar, masukkan buras yang sudah diikat dan rebus selama kurang lebih 3 hingga 4 jam.
  7. Jika sudah matang, angkat, tiriskan, dan dinginkan. Setelah dingin, jika ingin disimpan sebagian, bisa dimasukkan ke dalam lemari es.
  8. Sebaiknya buras ini tidak langsung dimakan sesaat setelah diangkat dari panci, karena kemungkinan buras masih lembek dan bentuknya belum kokoh menyatu. Tunggu hingga dingin supaya buras menjadi padat dan kokoh.
  9. Hidangkan sebagai pendamping Coto Makassar atau bakso.

Demikian Resep Membuat Nasi Buras (Burasa) Khas Makassar yang sangat mudah untuk membuatnya. Silakan dicoba di rumah dengan mengikuti panduan resep dan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba 🙂

Baca juga: Resep Membuat Coto Makasar



-