Resep Membuat Kue Lapis Legit Empuk dan Enak

Resep Membuat Kue Lapis Legit Empuk dan Enak
Foto: orbitdigital.com

Kue lapis legit memiliki tekstur yang lebih empuk dan lebih padat serta memiliki rasa yang dikhas yang tidak sama dengan kue lapis dari bahan beras lainnya.


Bahan-bahan:

  • 60 gram tepung terigu berprotein sedang. Ayak dan saring hingga halus
  • 30 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 300 gram gula pasir bubuk/halus
  • 30 gram tepung maizena
  • 1 sdt bumbu spekuk khusus
  • 1 sdt cake emulsifer
  • 400 gram mentega. Dikocong hingga mengembang
  • 20 gram susu bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Legit Empuk dan Enak:

  1. Siapkan wadah ukuran sedang besar. Masukkan 30 butir kuning telur, 4 putih telur, dan gula pasir. Kocok dengan menggunakan mixer hingga tercampur sempurna dan lembut.
  2. Masukkan satu sendok kecil cake emulsifernya ke dalam wadah adonan diatas lalu kocok lagi sampai benar-benar mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu protein rendah, susu bubuk, bumbu spekuk, dan tepung maizena lalu aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Untuk mengaduk dapat menggunakan spatula atau alat lain dan tidak perlu dimixer lagi.
  4. Masukkan mentega yang sudah dikocok sebelumnya ke dalam wadah adonan utama di atas. Cara memasukkan: ambil sepertiga bagian lalu aduk aduk sampai tercampur sempurna. Ulangi lagi sampai kocokan menteganya habis dan tercampur sempurna dengan adonan lain dan tidak ada gumpalan di adonannya.
  5. Panaskan oven hingga benar-benar panas lalu masukkan loyangnya.
  6. Siapkan loyang dan beri kertas roti di bagian bawah yang telah diolesi margarin supaya tidak lengket. Tuang sedikit adonan (kira-kira 50-60 gram) untuk lapisan pertamanya lalu ratakan.
  7. Masukkan ke dalam oven yang sudah panas dan panggang dengan api kecil sampai berwarna agak kecoklatan.
  8. Setelah berwarna kecoklatan, tuang adonan lagi diatas loyangnya lalu masukkan lagi dan panggang dengan api atas hingga berwarna kecoklatan.
  9. Masukkan lagi adonan (kurang lebih sebanyak adonan pertama dan kedua) lalu tekan sedikit supaya rata dengan penekan khusus atau bisa juga memakai bawah loyang yang ukurannya lebih kecil (olesi terlebih dahulu dengan mentega atau butter bagian bawah penekannya supaya tidak lengket).
  10. Panggang lagi dengan api atas sampai berwarna agak kecoklatan (kurang lebih sekitar 5 menit saja supaya warnanya cantik).
  11. Ulangi sampai semua adonan habis lalu terakhir panggang lagi kurang lebih selama 15 menit sampai resep kue lapis legitnya benar benar matang.

Demikian Resep Membuat Kue Lapis Legit Empuk dan Enak yang cukup mudah untuk membuatnya. Silakan dicoba di rumah dengan mengikuti panduan resep dan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba ya 🙂