Yuk Intip Makanan Indonesia Mana yang Paling Populer di TikTok Tahun 2021?

Yuk Intip Makanan Indonesia Mana yang Paling Populer di TikTok Tahun 2021?

TikTok merupakan platform social media yang sangat booming hampir 2 tahun belakangan ini. Berbagai macam konten yang menghibur hingga mengedukasi dapat kita temukan didalamnya. Salah satu aspek atau kategori yang sering muncul adalah makanan atau jajanan. Platform ini pun akhirnya banyak digunakan untuk dapat membagikan resep dan ulasan dari berbagai jenis masakan, jajanan atau makanan yang mereka jumpai.

Yuk Intip Makanan Indonesia Mana yang Paling Populer di TikTok Tahun 2021?

Melihat tren ini Jajananlokal.id, website yang memberikan rekomendasi tempat makan dan berbagai resep masakan, melakukan riset untuk dapat mengetahui makanan atau jajanan Indonesia mana saja yang diakui oleh negara lain dan tetap trending di TikTok.

1. Indomie

Makanan pertama yang ternyata menduduki peringkat pertama adalah Indomie. Siapa sangka makanan instant yang mudah kita temui warung hingga supermarket ternyata bisa mencapai 1,2 milliyar views. Tidak heran karena Indomie merupakan salah satu ciri khas makanan Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Namun menurut perhitungan kalori dari fatsecret, jumlah kalori pada Indomie mencapai 437 kalori per 100 gram lho.

2. Bakso

Makanan selanjutnya yang memiliki jumlah views lebih dari 750 juta adalah bakso. Dengan campuran mie kuning dan bihun serta tambahan sayur serta bawang daun dan biasa dihidangkan dengan es teh manis atau es jeruk dijamin dapat menggugah selera. Makanan yang dapat kita jumpai baik di jalanan dengan menggunakan gerobak bakso hingga restoran di mall.

Bakso sendiri mendapat cukup popularitas dunia saat mantan presiden U.S Barack Obama yang mengatakan bahwa bakso adalah makanan favoritanya saat berkunjung ke Jakarta. Melihat pada jumlah kalori yang dimiliki tiap 100 gram, bakso diperkirakan mengandung 201 kalori dan lebih sedikit ketimbang Indomie.

3. Babi Guling

Walaupun mayoritas penduduk Indonesia beragama Muslim, namun ternyata makanan ketiga yang cukup populer di TikTok adalah babi guling dan hampir mencapai 650 juta views. Makanan ini mudah ditemukan di Bali dan biasanya sebelum memanggang babi, orang Bali memandikannya dalam air kelapa dan menggosoknya dengan cabai, kunyit, bawang putih dan jahe untuk memastikan kesegarannya. TIdak heran babi guling memiliki cita rasanya yang khas dan bila kita hitung ditiap 100 gramnya terdapat 247 kalori.

4. Martabak Manis

Makanan selanjutnya yang menduduki posisi keempat dengan jumlah views hampir 290 juta pada TikTok adalah martabak manis. Pancake versi Indonesia yang dapat diisi dengan berbagai rasa baik dari coklat, kacang, keju dan masih banyak lagi dan memiliki tekstur crispy pada bagian luarnya dan padat pada bagian tengahnya. Walaupun martabak manis termasuk makanan yang cukup enak dimakan namun ternyata jumlah kalorinya cukup tinggi yaitu 300 kalori per 100 gram.

5. Nasi Goreng

Siapa yang tidak tahu dengan namanya nasi goreng? Makanan yang bisa dibuat siapa saja dengan bumbu yang cukup sederhana adalah jurus jitu ketika bingung mau masak apa. Salah satu makanan Indonesia yang cukup terkenal di dunia ini ternyata tidak menduduki posisi nomor satu melainkan nomor lima pada kepopularitasan di TikTok. Namun berhasil mendapatkan hampir 265 juta views lho.

Nasi goreng pun banyak jenisnya, mulai dari nasi goreng ayam, special, seafood, vegetarian dan masih banyak lagi. Makanan ini pun diperkirakan mengandung 167 kalori tiap 100 gram-nya.

6. Ayam Goreng

Menu makanan selanjutnya yang dapat mendapatkan sekitar 200 juta views adalah ayam goreng. Ayam goreng kampung ternyata diakui menjadi makanan Indonesia yang tidak dapat dilupakan ditambah dengan berbagai macam sambal yang melengkapi baik makan siang atau makan malam. Namun sayangnya jumlah kalori pada ayam goreng ternyata cukup tinggi dimana per 100 gram terdapat 260 kalori didalamnya.

7. Nasi Padang

Urutan ketujuh kali ini jatuh pada makanan nasi Padang. Makanan dengan cita rasanya yang khas dan mudah dijumpai serta porsi makan yang cukup besar tentu tidak hanya disukai oleh orang Indonesia sendiri melainkan oleh beberapa negara, salah satunya adalah Singapura. Nasi Padang ternyata berhasil menarik kurang lebih 224 juta views ditahun 2021 ini. Namun ternyata jumlah kandungan pada nasi Padang per 100 gram-nya tidak jauh beda dengan nasi goreng dimana bila ditotal mencapai 174 kalori saja.

8. Sate

Makanan yang biasanya ditemukan pada malam hari dan dimasak di gerobak ini merupakan termasuk ke dalam 10 besar makan yang cukup populer di TikTok. Hampir mencapai 165 juta views, tidak heran sate menjadi salah satu makanan yang tidak dapat dilupakan dari Indonesia. Sate sendiri mempunyai berbagai macam variannya dimana dari bumbu kacangnya, jenis sate yang dijual hingga cara pengolahannya. Numun sayang, sate memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan nasi padang yaitu 220 kalori per 100 gram-nya.

9. Mie Ayam

Mie ayam merupakan makanan yang selalu ada di menu bersama dengan bakso, namun ternyata kepopulerannya pada TikTok berkata lain. Walaupun masih termasuk ke dalam sepuluh besar, makanan ini mampun menarik hinggal 133,3 juta views. Makanan yang sama-sama enaknya disantap bersama es teh manis atau es jeruk ini ternyata memilik kandungan kalori sebanyak 175 kalori per 100 gram.

10. Soto

Makanan selanjutnya yaitu soto. Makan paling ampuh dan enak disantap saat cuaca sedang mendung ini ternyata dapat menarik jumlah views sebanyak 87,3 juta di TikTok. Berbagai macam varian dari soto pun pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, mulai dari Soto Betawi, Soto Madura dan masih banyak lagi. Kandungan kalorinya pun cukup rendah dimana mencapai 110 kalori per 100 gram-nya.

11. Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang telah lama diakui oleh dunia. Walaupun begitu, rendang hanya dapat menarik 87,2 juta views pada platform TikTok yang mana cukup tipis dengan Soto. Rendang memiliki 195 kalori per 100 gram-nya, yang mana bila dibandingkan dengan ayam goreng ternyata masih dibawahnya.

12. Bubur Ayam

Salah satu makan jitu di pagi hari ketika tidak sempat sarapan satu ini yaitu bubur ayam, berhasil menduduki posisi ke dua belas pada tingkat popularitasnya di TikTok. Salah satu hal yang sering menjadi kontroversi bagi menu satu ini adalah “team diaduk” dan “team gak diaduk”  dapat mencapai jumlah views hingga 73,7 juta. Jumlah kalori yang dimiliki oleh bubur ayam per 100 gram-nya pun mencapai 155 kalori.

13. Pempek

Makanan khas dari Pelembang satu ini merupakan makanan yang berhasil menduduki posisi ke tiga belas dengan jumlah views padaTikTok sebanyak 58,3 juta. Jenis pempek yang cukup terkenal adalah kapal selam yang isinya telur ayam. Pempek sendiri dapat dikategorikan kedalam cemilan dan memiliki kandungan 195 kalori per 100 gram-nya.

14. Siomay

Siomay atau dim sum versi Indonesia merupakan salah satu jajanan pada saat kita masih duduk dibangku sekolah hingga saat ini. Makanan yang biasanya dijajakan di atas motor atau dengan gerobak ini dapat menghasilkan 46 juta views pada TikTok. Ciri khas dari makanan ini adalah bumbu kacang dan varian dari siomay itu sendiri. Kandungan kalori pada siomay per 100 gram-nya mencapai 138 kalori

15. Pecel Lele

Ciri khas dari pecel lele adalah tempat jualan dimana biasanya sering kita temui ditrotoar jalan dan banner dari penjual satu dengan penjual yang lainnya itu cukup mirip. Makanan kaki lima ini ternyata berhasi mendapatkan 34 juta views di TikTok lho dengan jumlah kandungan kalorinya mencapai 194 kalori per 100 gram-nya.

16. Ketoprak

Makanan yang memiliki nama sama dengan teater drama dari Jawa ini merupakan makanan yang berisi gabungan antara bihun, tahu, lontong, toge dan telur yang kemudian disiram dengan kuah kacang. Ketoprak memiliki kandungan 201 kalori per 100 gram-nya. Makanan yang biasanya dijual dengan menggunakan gerobak pada malam hari ini ternyata mampu mendapatkan 25,3 juta views di TikTok.

17. Nasi Uduk

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan favorit bagi kalangan orang Betawi, dimasak dengan santan saat nasi hampir matang dan biasanya disajikan dengan tempe kering, sambal merah serta gorengan dan berbagai jenis lauk lainnya. Nasi udah memiliki kandungan kalori sebanyak 163 kalori per 100 gram dan menghasilkan sekitar 21,4 juta views pada platform TikTok.

18. Rawon

Rawon adalah masakan yang identik dengan kuah yang berwarna coklat tua ini merupakan masakan khas Jawa Timur. Merupakan salah satu makanan yang enak dimakan dengan tambahan sambal. Rawon memiliki kandungan 119 kalori per 100 gram dan berhasil mendapatkan 18 juta views di TikTok.

19. Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan salah satu jajanan selain pempek dan siomay di atas. Berhasil mendapatkan jumlah views sebanyak 17,4 juta di TikTok. Tahu gejrot biasanya dijual di dalam gerobak dan dapat ditemui di pinggir jalan. Jumlah kalori pada jajanan ini adalah yang paling sedikit yaitu 98 kalori per 100 gram.

20. Bebek Goreng

Posisi terakhir pada daftar 20 makanan Indonesia yang populer di TikTok 2021 kali ini adalah bebek goreng. Dengan jumlah views mencapai 16,7 juta, merupakan urutan ketiga terbesar jumlah kalori per 100 gram yaitu 286 kalori. Bebek goreng termasuk makanan yang tidak terlalu sulit ditemukan di Indonesia tapi berbanding terbalik dengan cara memasaknya.