Lezatnya Sate Kambing Buntel Bu Hj. Bejo, Kuliner Favorit Jokowi

308
0
Warung Sate Bu Hj. Bejo
foto: surakarta.go.id

Selain terkenal sebagai Kota Batik, kota Solo juga cukup terkenal dengan berbagai kuliner yang lezat. Di antara kuliner lainnya Solo terutama memiliki banyak pilihan sate kambing yang recommended banget. Salah satunya adalah Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo.

Kuliner Legendaris Sudah Ada Sejak 1970-an ini merupakan salah satu kuliner favorit dari Presiden RI Joko Widodo. Pada awalnya Hj. Bejo bersama dengan suaminya, almarhum Bejo memulai usahanya pada tahun 1971 dengan menggunakan gerobak yang dipikul dan menjajakan dagangannya dengan rute yang tidak menentu. Kemudian pada tahun 1999, Hj. Bejo mulai menetap dan menjajakan dagangannya di Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lembu, atau yang lebih terkenal dengan Lojiwetan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta hingga sekarang.

Sate Kambing Buntel Bu Hj. Bejo
foto: inibaru.id

Ada berbagai menu kuliner berbahan dasar daging kambing yang ditawarkan di Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo, seperti sate, sate buntel, gule, tongseng, tengkleng, dan juga nasi goreng. Citarasa dari berbagai menu yang disuguhkan begitu khas, tak salah banyak orang rela mengantri untuk mencicipinya. Dari berbagai menu yang ditawarkan, sate buntel merupakan yang paling difavoritkan. Sate ini berasal dari daging kambing dicincang kemudian dibungkus dengan lemak kambing dan dibakar.

Sate buntel di warung ini disajikan bersama nasi hangat dan bumbu kecap. Dagingnya sangat empuk dan bumbunya begitu meresap karena proses pencelupan bumbunya dilakukan berkali-kali, mulai dari saat digiling, sebelum disate dan saat proses pemasakan. Satu lagi yang istimewa dari sate buntel ini adalah daging kambingnya tidak berbau prengus.

Sate Kambing Buntel Bu Hj. Bejo
foto: media.travelingyuk.com

Sate Kambing Bu Hj. Bejo buka setiap hari mulai pukul 07:00 pagi hingga 16:00 sore. Menu sate kambing, sate buntel, dan tengkleng di sini dibanderol dengan harga Rp.45.000,- per porsinya. Harga yang sepadan dengan rasa yang ditawarkan. Khusus untuk sate buntel untuk satu porsi pelanggan akan mendapat dua tusuk sate. Karena berukuran besar, rasanya satu tusuk saja sudah mengenyangkan.

Secara keseluruhan, sate buntel ini recommended banget buat disinggahi saat kalian sedang berkunjung ke kota Solo. Apalagi kalau kalian doyan banget sama menu olahan kambing, sate buntel favorit presiden ini dijamin bakal buat ketagihan.

Daftar Harga Warung Sate Bu Hj. Bejo
foto: media.travelingyuk.com

SATE KAMBING BU HJ. BEJO
Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lembu/Lojiwetan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta

Menu Favorit: Sate Buntel

Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB
Harga: Rp.45.000,-



-