Kerupuk Udang Terpanjang dan Terbesar Masuk MURI

Kerupuk Udang Terpanjang dan Terbesar Masuk MURI

0 By Katalog Kuliner
katalogkuliner Kerupuk Udang Terpanjang dan Terbesar Masuk MURI

Foto: beritajatim

Kerupuk bikinan pengusaha asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur masuk kategori terpanjang se-Indonesia bahkan dunia. Makanan ringan ini memiliki panjang hampir separuh lapangan sepak bola atau sekitar 400 meter.

Kerupuk unik itu digoreng dan dipajang di muka umum di Alun-alun Kota Sidoarjo pada Minggu (3/4/2016). Karena sangat panjang, kerupuk buatan PT Sekar Laut itu mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Harry Sunogo, Presiden Direktur PT Sekar Laut, menjelaskan kerupuk buatannya memiliki lebar 50 sentimeter dan tebal 0,3 sentimeter. Adapun panjangnya 400 meter. “Karena kerupuknya panjang, wajan yang dibuat menggoreng juga harus panjang dan lebar,” ujarnya seperti dilansir viva.co.id, Minggu

Harry mengatakan, untuk membuat kerupuk tersebut, dibutuhkan 20 tungku. Masing-masing tungku dipakai untuk memanaskan wajan. Adapun wajan yang digunakan sepanjang 612 sentimeter, lebar 122 sentimeter, dan tinggi 50 sentimeter.

Agar matang sempurna, terang Harry, menggoreng kerupuk separuh panjang lapangan bola itu membutuhkan panas bersuhu 185 derajat. “Kita kerahkan 22 orang untuk memasaknya,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan dari MURI, Awan Rahargo, mengakui bahwa kerupuk tersebut adalah yang terpanjang. Ini kerupuk pertama terpanjang pertama yang mendapatkan penghargaan dari lembaganya.

“Selama ini belum pernah ada menggoreng kerupuk sepanjang ini di muka umum,” ujarnya.

Memang, selain sentra kerajinan seperti sepatu dan tas, Sidoarjo juga terkenal dengan sebutan pusat produksi kerupuk. Sesuai namanya, Kota Udang, kerupuk yang terkenal dari Sidoarjo ialah Kerupuk Udang.

 

Sumber Berita: galamedianews.com

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0