40 Makanan Indonesia Paling Disukai Pembaca Media Asing

40 Makanan Indonesia Paling Disukai Pembaca Media Asing

0 By Katalog Kuliner
Ikan Dabu-dabu (Foto: CNN)

Ikan Dabu-dabu (Foto: CNN)

Beberapa tahun lalu, rendang yang merupakan makanan khas Sumatera Barat dinobatkan sebagai salah satu makan terenak di dunia.

Tapi, tahukah Anda ada makanan lain yang tak kalah enaknya dengan rendang?

Berikut adalah beberapa makanan Indonesia paling disenangi menurut poling pembaca CNN Internasional:

1. Sambal
Makanan pelengkap yang membuat lidah terbakar ini wajib hadir di meja makan orang Indonesia. Kombinasi dari cabai, terasi fermentasi berbau tajam, air jeruk nipis, gula dan garam yang ditumbuk hingga bercampur ini adalah favorit bagi mereka yang suka pedas.

Beberapa restoran membuat variasi sambal agar semakin menarik, seperti mencampurkan dengan mangga muda, jamur, dan buah.

2. Sate
Beberapa potongan daging yang ditusuk dalam sebatang lidi kemudian dibakar di atas bara ini sangat menggoda lewat asap yang dikipaskan ke arah jalanan oleh para penjualnya.

Daging yang bisa berupa daging ayam, kambing, domba, atau kelinci ini sebelumnya direndam dalam air kunyit dan kemudian dilapisi dengan saus kacang setelah dibakar.

Banyak negara yang mengklaim sate, namun Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional yang biasa dijual di pinggir jalan dan dipopulerkan oleh para pedagang Arab.

Sate Madura adalah jenis sate yang paling terkenal. Sate ini disajikan dengan ketupat, lalapan mentimun dan bawang, serta gerobak khas yang berbentuk perahu.

3. Bakso
Ini adalah makanan favorit Presiden Amerika, Barrack Obama saat tinggal di Indonesia semasa kecil. Bakso terbuat dari daging ayam, daging sapi, daging babi, atau bahkan campuran dari setiganya. Sebagai tambahan, dalam semangkuk bakso ditambahkan bawang merah goreng, telur rebus, dan lemak.

4. Soto
Sup daging tradisional yang kuahnya terbuat dari kaldu ini memiliki variasi isi yang berbeda di setiap daerah di Indonesia.

Untuk versi sederhana, soto hanya mengandung kuah kaldu yang dibumbui dengan daging ayam, kambing, atau sapi. Di Jakarta, soto Betawi terkenal dengan rasanya yang manis, lembut, dan berkuah susu kelapa.

5. Nasi goreng
Hidangan nasional ini adalah kombinasi dari nasi yang dicampurkan dengan kecap manus dan tambahan seperti acar, mentimun, wortel yang dipotong kecil-kecil.

6. Gado-gado
Memiliki artinya ‘campur-campur’, gado-gado adalah salad sayuran yang dimakan dengan saus kacang. Sayuran yang biasa ada adalah kacang panjang, kentang, jagung, telur dan tauge yang telah direbus ditambah dengan mentimun, tahu dan tempe.

7. Nasi uduk
Nasi yang dimasak dengan santan dan dilahap bersama daging dan sayuran ini adalah makanan kesukaan orang Betawi asli. Selain ditemani lauk seperti nasi goreng, telur rebus dan tempe, di atas nasi uduk biasanya ditaburi emping (kerupuk terbuat dari kacang melinjo).

8. Nasi padang
Makanan yang diambil dari nama salah satu kota di Sumatera ini adalah nasi yang dihidangkan dengan banyak pilihan menu lauk pauk yang ditumpuk di atas meja.

Makan nasi padang menggunakan tangan dengan segelas es teh manis adalah cara terbaik untuk menikmatinya.

9. Ayam goreng
Kebanyakan orang Indonesia lebih senang memakan daging ayam yang bebas berkeliaran di pedesaan dan berukuran kecil daripada daging ayam dari perusahaan fast food.

10. Bakmi goreng
Mie, entah kwetiau atau bihun, adalah salah satu makanan pengganti nasi yang disukai orang Indonesia. Bakmi yang penjang dan tipis biasanya disajikan dengan tambahan telur, daging, dan sayuran.

11. Gudeg
Makanan khas Yogyakarta ini terbuat dari nangka rebus manis yang direbus selama berjam-jam dengan santan dan gula aren sehingga bentuknya lembut dan mudah dikunyaj. Terdapat campuran daun jati untuk memberi warna cokelat pada makanan ini.

Seperti nasi uduk gudeg disajikan dengan nasi, telur rebus, ayam dan renyah, kulit sapi goreng.

12. Rawon
Rebusan daging sapi yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki rasa yang pedas dan berwarna hitam karena adanya kacang keluak sebagai inti makanan. Sup iniĀ  juga dicampur dengan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan cabai merah.

13. Pecel lele
Ikan lele yang digoreng ini disajikan bersama nasi dan sambal merah/hijau. Makanan sederhana ini bisa mengenyangkan perut dan mudah ditemukan di jalanan.

14. Opor ayam
Rebusan ayam berkuah santan ini adalah menu wajib di bulan Ramadan. Biasanya, opor ayam disajikan bersama lontong. Tak butuh waktu lama untuk membuat makanan yang berbumbu rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, jinten, dan ketumbar ini.

15. Mi ayam
Ini adalah mi yang rebus dengan bertabur potongan daging ayam di atasnya dan daun bawang sebagai penghiasnya. Ini adalah hidangan mie yang paling sempurna.

16. Babi guling
Di Pulau Dewata, babi guling adalah menu favorit. Sebelum dipanggang, babi tersebut direbus dalam air kelapa dan digosok dengan rempah-rempah seperti cabai, kunyit, bawang putih, dan jahe agar segar.

17. Gulai
Ini adalah makanan khas dari Sumatera Utara yang menggunakan kari. Indonesia memiliki banyak varian dalam menyuguhkan kari. Menggunakan daging atau ikan, namun tetap menggunakan kayu manis sebagai bumbu utama. Opor dan rendang juga bisa dikategorikan sebagai gulai.

18. Bubur ayam
Kebanyakan pekerja di Indonesia sarapan dengan bubur gurih yang disajikan dengan kecap, bawang merah girang, suwiran ayam, kacang, dan kerupuk. Di luar Jawa, bubur divariasi dengan jagung, ubi kayu, ikan, bahkan kacang hijau.

19. Bakpao
Roti isi yang biasa dijual dengan gerobak ini banyak terdapat di pinggir jalan. Beberapa pilihan yang ada adalah daging ayam, kacang hijau, dan cokelat.

20. Asinan sayur
Salad sayuran satu ini memiliki rasa yang tidak sesuai dengan lidah orang Jawa yang senang manis. Hal ini dikarenakan bumbu yang dipakai berasal dari gula aren yang mengimbangi asinnya daun sawi, wortel, kubis, dan mentimun. Kerenyahan kerupuk yang berwarna kuning terbuat dari mie kuning.

21. Cah kangkung
Campuran kangkung yang digoreng dengan saus manis kedelai, irisan besar bawang putih, cabai besar dan terasi ini memang sangat nikmat. Karena bisa tumbuh di semua jenis tanah, makanan ini bisa dikonsumsi di seluruh Asia. Kata ‘cah’ menunjukkan asal makanan ini, yaitu Tiongkok.

22. Pepes ikan
Pepe adalah makanan yang dimasak dengan lapisan daun pisang yang dicampur dengan rempah-rempah khas Manado (Woku). Biasanya daging yang dimasak adalah ikan tuna yang menjadi padat setelah dimasak.

23. Pempek
Menurut cerita, nama pempek mengacu pada pria tua Tiongkok yang pertama kali memproduksi ikan ini dan kue tapioka dari Palembang di Sumatera Selatan.

Kini pempek memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Salah satunya adalah pempek kapal selam yang berisi telur ayam yang berlapis tepung dengan berbentuk bola degan tambahan bubuk udang dan disajikan dengan kuah cuka yang gelap.

24. Perkedel
Kroket tradisional yang terbuat dari tumbukan kentang yang berisi daging sapi atau jagung yang digoreng ini menjadi cemilan favorit warga Bandung.

25. Martabak
Ada dua jenis martabak. Pertama, martabak manis yang bentuknya seperti panekuk yang diisi dengan topping cokelat, kacang, atau keju. Sedangkan martabak satu lagi, yang gurih, dibuat dengan cara adonan khusus yang digoreng dengan isi daging cincang. Martabak ini disajikan bersama acar mentimun dan cuka asam manis.

26. Sayur asem
Sayur yang menyegarkan ini berasal dari asam jawa yang digoreng dan dicampur dengan bahan unik dari Indonesia: melinjo, bilimbi, dan labu siam.

27. Sop buntut
Makanan ini terinspirasi dari seorang koki Hotel Borobudur yang melihat salah seorang petugas pemerintahan yang memakan semangkok sop di pinggir jalan pada 1973. Dan kemudian, sop tersebut menjadi favorit.

Untuk versi yang berkelas, daging sapi diimpor dari Australia dengan hidangan tambahan seperti nasi, acar, limau, dan sambal.

28. Ketoprak
Makanan yang memilik nama yang sama dengan drama teatrikal legenda Jawa ini terbuat dari bihun, tahu, kue beras dan tauge. Makanan ini serupa dengan gado-gado dan pecel, di mana bisa ditemui di pinggir jalan dan mengandung banyak karbohidrat.

29. Balado terong
Ini adalah terong yang digoreng dan dilapisi dengan tumpukan saus sambal dari sambal terasi (balacan).

30. Lontong sayur
Direbus selama berjam-jam berlapis daun kelapa, lontong ini disajikan dengan saus kacang dan kuah kari. Sarapan gurih ini berkuah kari susu kepala yang dicampur dengan pepaya muda dan tahu kedelai yang direbus dan tambahan telur rebus.

31. Rendang
Rahasia dari makanan yang tidak selalu dikonsumsi setiap hari ini terdapat dalam saus yang meresap ke dalam daging sapi yang direbus selama berjam-jam hingga lembut.

Rendang juga bisa disajikan dalam bentuk kering (dendeng) dan disimpan selama berbulan-bulan.

32. Tahu gejrot
Tahu yang digoreng berwarna cokelat dan bentuknya kotak ini biasa dijual di pinggir jalan dan dijadikan cemilan oleh banyak orang.

33. Sop kambing
Saat musim penghujan, sop ini sering dicari. Sup yang kuat dengan kaldu kuning dengan tambahan seledri, tomat, dan potongan besar daging kambing. Berhati-hatilah jika Anda memiliki tekanan darah tinggi karena hidangan akan memanaskan Anda.

Campuran jahe, daun jeruk, kemiri dan daun bawang yang terdapat di dalamnya memberikan bau pedas yang menambah rasa menyegarkan.

34. Siomay
Ini adalah dim sum ala Indonesia. Satu porsi siomay mengandung kentang kol, telur, dan pare yang dikukus, dan disajikan dengan saus kacang rebus yang mirip dengan bumbu gado-gado.

35. Ikan bakar
Ikan bakar yang polos dan sederhana adalah makanan favorit hampir semua orang di Indonesia. sebagai variasi, ikan disajikan dalam kuah campuran rempah-rempah dan saus cabai atau kecap.

36. Daun pepaya
Pepaya adalah salah satu pohon yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara, dan daunnya yang pahit dan besar enak untuk ditumis.

Hidangan ini lebih umum di Manado, tetapi variasi regional telah membuatnya populer untuk jenis daun yang bisa dimakan.

37. Otak-otak
Ini adalah makanan berbahan utama ikan yang berasal dari Palembang. Tampilannya cukup menarik karena dilapisi daun pisangyang dipanggang di atas arang.

Di Sumatera, orak-otak disajikan dengan campuran cabe merah dan kecap fermentasi, sementara di Pulau Jawa dinikmati bersama saus kacang.

38. Bebek goreng
Meskipun saat digoreng daging sangat berminyak dan tulangnya sangat kecil, bebek gorang tetap menjadi favorit orang Indonesia.

39. Gorengan
Ini adalah cemilan paling produktif di Indonesia. Pedagang gorangan biasanya menawarkan berbagai jenis gorengan seperti tempe, singkong, tahu, dan pisang (paling disukai), ubi jalar, atau sayuran yang dicampur dengan tepung.

40. Mi instan
Mi instan ini adalah makanan yang orang Indonesia sangat sukai karena praktis dan dijual di mana pun. Cukup rebus mi dengan air panas, ditambah dengan bumbu bubuk, dan perut pun kenyang.

 

Sumber berita: metrotvnews.com