Tips Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya Saat Dimasak

Tips Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya Saat Dimasak

0 By Katalog Kuliner
Tips Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya Saat Dimasak

Foto: ipungnet.blogspot.com

Memasak sayuran, khususnya daun pepaya, sangatlah tidak menyenangkan oleh sebagian besar orang bila hasil yang yang didapatkan terasa masih sangat pahit.


Daun pepaya memang dikenal sebagai makanan yang cukup pahit, namun banyak orang yang menggemari daun pepaya sebagai masakan, begitu juga bunganya. Perpaduan rasa pahit dan gurih dari bunga pepaya ini sebenarnya membuat banyak orang tergoda untuk menyantapnya sebagai menu masakan istimewa sehari-hari.

Jika Anda ingin membuat masakan dari daun pepaya namun tidak terasa pahit, berikut beberapa tips yang bisa dicoba (ini bisa juga digunakan pada bunga pepaya):

1. Menggunakan Garam Kasar

Cara ini cukup mudah, kamu cukup memberi garam kasar pada daun pepaya, lalu diremas-remas hingga layu dan cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dengan air mendidih, angkat, dan tiriskan. Daun pepaya pun siap untuk diolah sesuai selera.

2. Merebus Dengan Batu Bata

Cara ini mungkin cukup aneh dan tidak masuk akal. Tapi jangan salah, dengan merebus daun pepaya menggunakan potongan batu bata bisa membuat rasa pahit di dalamnya berkurang. Yang perlu diingat, setelah merebus dengan batu bata, pastikan untuk mencuci kembali daun pepaya dengan air bersih dan memerasnya.

3. Merebus Dengan Tanah Liat

Anda pun bisa menggunakan tanah liat sebagai penghilang rasa pahit pada daun pepaya. Caranya mudah, rebus daun pepaya bersama tanah liat hingga empuk. Jika sudah empuk, angkat dan cuci bersih dengan air. Pastikan tidak ada sisa tanah liat pada daun pepaya agar tanah liat tidak mengotori daun. Bentuk tanah liat menjadi bulat sebelum merebusnya.

4. Merebus Dengan Daun Jambu Biji Atau Daun Singkong

Merebus bersama dengan daun jambu biji atau daun singkong juga bisa membuat rasa pahit pada daun pepaya hilang. Rebus daun-daun ini secara bersamaan hingga layu dan empuk, lalu tiriskan. Pisahkan daun pepaya dari daun jambu biji atau singkong. Kemudian peras daun pepaya. Dan daun pepaya pun siap untuk dimasak dan diolah menjadi masakan sesuai selera.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar daun pepaya tidak pahit. Tips ini juga bisa digunakan pada sayur-sayur yang memiliki rasa pahit seperti daun dan bunga pepaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂