Tips Membuat Jagung Rebus Lebih Manis

57300
0
Tips Membuat Jagung Rebus Lebih Manis
Foto: ngetrendz.com

Jagung rebus menjadi salah satu makanan yang digemari saat musim hujan. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas sangat dinikmati untuk menghangatkan tubuh.


Jagung rebus menjadi sangat enak bila dinikmati saat musim hujan. Tentu saja paling mudah membeli jagung rebus daripada membuatnya. Tetapi bila ingin sedikit menghemat pengeluaran namun sedikit merepotkan, kita bisa membeli jagung mentah dan merebusnya sendiri.

Memang untuk merebus jagung perlu waktu yang lama biar biji jagung dapat terasa lunak saat digigit. Namun, kalau memang ingin jagung rebus dalam jumlah banyak untuk dimakan beramai-ramai, akan jauh lebih hemat kalau merebus sendiri bukan?

Selain nikmat dimakan kala musim penghujan, jagung rebus cocok juga dimakan saat bepergian ke luar kota, misalnya saat kemping di alam terbuka atau tempat rekreasi lainnya yang cukup dingin. Hal ini dikarenakan rasa hangat dari jagung rebus itu dapat disalurkan ke mulut dan tubuh.

Untuk mendapatkan rasa jagung rebus yang enak dan manis, berikut tips-tipsnya:

  1. Pilihlah jenis jagung yang manis. Selain itu, pilihlah jagung manis yang baru dipetik karena rasanya akan terasa lebih manis jika langsung direbus bila dibandingkan jika diendon beberapa hari sebelum direbus.
  2. Saat merebus jagung, apabila menginginkan buah dengan rasa yang lebih sedap dan segar, jagung harus direbus dengan kulitnya (jangan dikupas terlebih dahulu).
  3. Kulit jagung dapat dikupas sebagian untuk menghilangkan sebagian kulitnya sehingga tidak terlalu tebal. Namun jangan dibuang semua, hendaknya disisakan saja beberapa lembar yang masih menutup biji jagung tersebut.
  4. Air rebusan ditambahkan dengan daun ganyong. Daun ganyong jika direbus dapat memberi aroma yang khas.
  5. Bila ingin yang ekstrim lagi, saat merebus jagung, dapat dilakukan penambahan beberapa tetes jeruk nipis. Penambahan ini akan mengakibatkan terjadinya peristiwa hidrolisis karbohidrat di mana jagung akan menghasilkan gula fruktosa yang rasanya lebih manis.

Dengan teknik perebusan seperti ini, jagung rebus akan terasa lebih segar dan terdapat aroma tertentu yang khas. Hal ini dikarena ada bahan dalam kulit yang ikut terpanaskan di kulit dan menimbulkan aroma khas ini.

Teknik lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan jagung rebus yang lebih manis adalah dengan cara merebus jagung dengan 1 liter air kelapa. Hal ini akan menyebabkan jagung yang direbus akan menjadi lebih manis dan berbau sedap.

Semoga bermanfaat 🙂



-