Tips Memasak Kacang-kacangan Agar Tetap Bernutrisi Tinggi

1003
0
Tips Memasak Kacang-kacangan Agar Tetap Bernutrisi Tinggi
Foto: dianonnie.tumblr.com

Kebanyakan kacang-kacangan bernutrisi tinggi karena mengandung lemak baik, folat, potasium, zat besi, magnesium dan protein yang tinggi, serta tidak mengandung kolesterol. 


Untuk memasak jenis bahan kacang-kacangan seperti kacang hijau, ada beberapa cara khusus agar kacang hijau tersebut menjadi empuk dan enak. Cobalah tips-tips berikut ini sebelum kacang dimasak.

  1. Ambil kacang yang akan dimasak (pilih kacang yang bersih terlebih dahulu), lalu rendam dalam air dengan suhu ruang. Merendam kacang dapat dilakukan tergantung berapa lama waktu akan memasaknya. Misalnya, untuk rendaman ringan,
    rendam 0,5 kg kacang kering dengan 10 cangkir air dalam panci. Tutup dan dinginkan dalam lemari es semalaman selama 6-8 jam. Untuk rendaman panas, didihkan 10 cangkir air dalam panci. Masukkan 0,5 kg kacang kering. Angkat lalu tutup rapat lalu diamkan dalam suhu ruang selama 2-3 jam. Sedangkan untuk rendaman cepat, didihkan 10 cangkir air dalam panci. Masukkan 0,5 kg kacang kering dan biarkan selama 2-3 menit. Angkat dan tutup rapat panci berisi kacang, diamkan selama 1 jam dalam suhu ruang.
  2. Setelah itu direndam, angkat dan cuci bersih. Bilas kacang dan masukkan dalam panci. Tutup panci dengan air tiga kali lebih banyak dari jumlah kacang yang akan dimasak. Masukkan bumbu yang diinginkan, lalu didihkan. Kecilkan api sambil panaskan perlahan, buka tutup panci dan aduk berkala hingga kacang melunak.
  3. Sesudah itu barulah kacang siap dimasak. Waktu memasak tergantung tipe kacang, tapi sebaiknya periksa masakan setelah 45 menit. Pastikan kacang terendam air saat dimasak, jika tidak tambahkan lagi air panas.

Perendaman dalam air dimaksudkan untuk menghilangkan kandungan gas dalam kacang-kacangan. Gas ini jika tidak dihilangkan bisa menyebabkan sakit perut bagi yang mengkonsumsinya. Selain itu, rendaman juga dimaksudkan agar kacang menjadi lebih empuk, cepat matang, dan lebih gurih.



-