Tips Dapur: Menghilangkan Bau Apek dan Serangan Kutu Pada Beras

23409
0
Foto: plus.google.com
Foto: plus.google.com

Bila Bunda menyimpan beras dalam waktu yang lama, seringkali muncul masalah pada beras, yaitu bau apek dan serangan kutu.


Meski disimpan dalam wadah atau kotak penyimpanan khusus yang kedap udara, serangan kutu tidak dapat dihindari. Hal ini dikarenakan mungkin dari semula sudah ada kutu di dalam wadah akan beranak pinak. Dan ketika akan memasak perlu mencucinya berulang kali sampai kutu benar-benar hilang dan juga untuk menjaga agar beras tidak apek.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba salah satu atau semuanya untuk menghilangkan bau apek dan kutu pada beras yang disimpan:

1. Menggunakan parutan daun jeruk yang telah dijemur hingga kering. Masukkan 50 gram daun jeruk purut yang sudah ditumbuk ke dalam 10 kg beras. Sesekali buka tempat penyimpanan beras agar beras tak berbau apek. Dengan daun jeruk purut, beras akan terhindar dari kutu dan bau apek. Selain itu, daun jeruk akan memberikan aroma yang wangi ketika beras dimasak.

2. Campurkan beras bersama 2-3 tangkai daun asam jawa yang telah dikeringkan dan dimasukkan ke dalam plastik yang telah diberi lubah halus ke dalam tempat penyimpanan beras.

3. Campurkan beras bersama 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang telah dikeringkan dan dimasukkan ke dalam plastik yang telah diberi lubah halus ke dalam tempat penyimpanan beras.

4. Masukkan beberapa batang lada kering ke dalam campuran beras. Batang lada juga mampu mengusir serangan kutu.

5. Masukkan 2-3 buah cabai kering ke dalam penyimpanan beras. Aroma cabai kering yang sangat menyengat akan mencegah kutu beras datang kembali. Jangan lupa tutup kotak penyimpan dengan rapat, dan simpan di tempat kering dan sejuk.

6. Campurkan 2-3 lembar daun salam dan sedikit garam. Aroma daun salam dapat menyingkirkan bau apek di dalam beras. Bila ingin nasi berwarna putih bersih tapi tetap pulen, campurkan 2 sendok makan perasan jeruk nipis ketika memasak. Hal ini tidak akan mempengaruhi bau maupun rasa nasi putih.

6. Sebelum memasak, keluarkan beras dari wadahnya dan letakkan pada nampan. Tutup dengan selembar kain putih, kemudian jemur di bawah sinar matahari selama setengah jam. Hal in akan membuat kutu-kutu akan menempel semua pada kain tersebut.

7. Saat akan memasak nasi, cuci beras sampai bersih. Masukkan 2-3 potong daun pandan. Setelah matang, angkat daun pandan tersebut. Nasi yang matang akan berbau harum pandan dan tidak apek lagi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 🙂



-