Tips Dapur: Menggoreng Perkedel Tapi Tak Berbusa

Tips Dapur: Menggoreng Perkedel Tapi Tak Berbusa

0 By Katalog Kuliner
Tips Dapur: Menggoreng Perkedel Tapi Tak Berbusa

Foto: cookpad.com

Minyak goreng yang berbusa dapat mengakibatkan makanan menjadi tidak renyah, aroma yang kurang sedap, dan bentuk makanan yang kurang baik.


Saat menggoreng perkedel, hal yang paling sulit dihindari adalah minyak goreng yang digunakan menjadi berbusa. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut saat menggoreng perkedel untuk mencegah agar minyak berbusa:

  1. Setelah kentang digoreng, tumbuk kentang tersebut sampai halus bersama bumbu-bumbu adonan.
  2. Tuangkan minyak goreng sesuai kebutuhan. Tidak perlu terlalu berlebihan bila memang tidak dianjurkan dalam resep. Akan tetapi jangan terlalu sedikit karena dapat mengakibatkan kotoran pada wajan digunakan akan naik ketika terkena suhu panas.
    2. Cukup memakai putih telur pada rendaman (celupan) perkedel. Hal ini dikarenakan bila menggunakan kuning telur pada olahan perkedal dapat menyebabkan minyak berbusa. Oleh karena itu, sebaiknya kuning telur dicampurkan ke dalam adonan kentang dan bumbu.
  3. Masukkan perkedel ke dalam wajan apabila minyak sudah benar-benar panas. Minyak yang belum panas juga bisa menjadi faktor terjadinya busa.
  4. Gunakan api sedang supaya tidak menimbulkan buih dan minyak tidak menjadi hitam.

Demikian tips-tips menggoreng perkedel agar minyak tak berbusa. Minyak yang jernih tentunya lebih menyehatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂