Tips Dapur: Membuat Bumbu Instan Siap Saji

7062
0
Tips Dapur: Membuat Bumbu Instan Siap Saji
Foto: id.anawalls.com

Bumbu instan kini menjadi salah satu kebutuhan utama para ibu rumah tangga yang sibuk beraktifitas. Bumbu siap saji ini dianggap sangat efektif dan efisien untuk mengurangi waktu saat memasak.


Membuat bumbu siap saji (bumbu instan) sebenarnya tidaklah susah dilakukan. Hanya saja, sebagian orang lebih suka membeli daripada membuat sendiri. Padahal bila diukur secara ekonomis, bumbu instan buatan sendiri jauh lebih murah daripada buatan pabrik. Di samping, bumbu siap saji dijamin lebih sehat, bebas bahan pengawet, lebih sedap, dan bisa menyesuaikan selera masing-masing.

Untuk membuat buat saji harus memiliki modal utama, yaitu blender khusus untuk melumatkan bumbu atau biasa lebih dikenal dengan sebutan grinder. Untuk bumbu instan buatan sendiri, karena tidak memakai pengawet, usahakan hanya disimpan untuk pemakaian selama sebulan. Hal ini dikarenakan aroma dan rasa dari bumbu tersebut akan berubah setelah itu.

Selain lama waktu penyimpanan, cara untuk menyimpan pun juga sangat berpengaruh terhadap keawetan bumbu. Cahaya, kelembaban, dan panas merupakan musuh utamanya. Oleh karena itu, simpanlah selalu bumbu di wadah yang tertutup rapat dan berada di tempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari kompor.

Untuk bumbu-bumbu seperti kunir, jahe, laos, dan bumbu umbi-umbian lainnya sebaiknya dibakar dahulu sebelum diblender agar aromanya semakin kuat.
Anda bisa menyimpan dalam bentuk tiap bahan yang akan dibuat, misalnya bawang, cabai, kunir, lada, dsb. Bisa juga campuran jadi bumbu siap pakai yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bumbu siap pakai yang banyak digunakan adalah bumbu nasi goreng, kare, rawon, soto, dan lain-lain. Anda tak perlu lagi membubuhi garam atau gula pada bumbu siap pakai yang akan disimpan. Tinggal menaburkan saat memasak atau menumis.

Berikut ini merupakan salah satu proses pembuatan bumbu dasar:

  1. Haluskan semua bahan, kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga benar-benar halus.
    2. Panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukkan gula lalu tumis sebentar. Angkat dan dinginkan.
    3. Masukkan bumbu instan ke dalam toples. Bumbu ini siap digunakan selama 1-3 bulan.
    4. Bumbu dasar biasanya bisa disimpan dalam kulkas hingga 3 bulan. Jika ingin memasak, ambillah sedikit dan masukkan bumbu tambahan lain seperti daun salam, daun pandan, atau daun jeruk.

Demikian tips-tips untuk membuat bumbu siap saji atau bumbu instan. Hasil dari pembuatan instan sendiri bisa dijual di pasar untuk menambah nilai ekonomis karena masa saat sekarang ini kebutuhan akan bumbu instan cukup tinggi. Semoga bermanfaat 🙂



-