Kemenpar Buka Restoran Wonderful Indonesia di Tiongkok

Kemenpar Buka Restoran Wonderful Indonesia di Tiongkok

0 By Katalog Kuliner
Kemenpar Buka Restoran Wonderful Indonesia di Tiongkok

Foto: Jakarta Food Adventure

Jakarta – Bali sukses merayakan Tahun Baru Imlek 2016 dengan mendatangakan 70 ribu wisatawan asal Tiongkok. Kesuksesan tersebut bukan datang secara tiba-tiba, tapi melalui proses marketing panjang sejak 2015 yang digenjot secara konsisten oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Kami gunakan media-media berpengaruh di Tiongkok, dari CCTV, CNS, Xinhua, Baidu, dan semua channel. Semua platform digital yang punya pengaruh di sana kami promosikan Wonderful Indonesia,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi Kamis (18/2/3016).

Menurut Menpar Arief, Kemenpar menggunakan tiga trik untuk mempromosikan wisata Indonesia di Tiongkok. Pertama, Sales Misson dengan mengajak para pelaku industri pariwisata di Tanah Air.

Kedua, lanjut Arief, dengan berbagai festival, pertunjukkan kesenian, kebudayaan, dan semua yang bernuansa Wonderful Indonesia di banyak kota di China. Ketiga, pameran yang menampilkan para pelaku bisnis pariwisata, sekaligus membranding pariwisata Indonesia.

“Semua kita jalani dengan konsep branding, advertising dan selling,” kata Menpar Arief.

Promosi pariwisata Indonesia telah dilakukan hampir di seluruh kota besar di Tiongkok, seperti Beijing, Shanghai dan Guangzhou. Namun, Kemenpar juga membidik promosi di beberapa kota kecil di Tiongkok, seperti Kunming, Changsa, Chengdu, Xian, Wuhan, Ningbo, Shenzen, Hefei, Nanning, Hangzhou, Shenyang, Dalian, dan Xiamen.

“Anda harus ingat, kota kecilnya China itu sama dengan kota besarnya Indonesia. Penduduknya besar dan daya belinya kuat,” ungkap Menpar Arief.

Kemenpar mengaku telah menyiapkan format baru dalam mempromosikan Wonderful Indonesia yang akan diluncurkan pada awal April. Format baru yang dimaksud yaitu dengan membuka restoran Wonderful Indonesia di Hefei, Provinsi Anhui, Tiongkok.

“Agar lebih permanen dan nyantol,” cetus Menpar Arief.

Sebagai salah satu produk budaya, kuliner sengaja dipilih sebagai media mempromosikan Indonesia di Tiongkok. Sebab, banyak makanana khas Indonesia yang cocok di lidah orang Tiongkok.

“Beberapa mereka suka pedas dan gurih, sesuai dengan masakan Indonesia yang bernuansa pedas dan gurih,” kata Menpar Arief.

Restoran Wonderful Indonesia tersebut merupakan hasil kerjasama dengan investor lokal Tiongkok yang sudah lama berbisnis di industri kuliner. Jika sukses, selanjutnya akan dibuka 10 restoran Wonderful Indonesia lainnya di Negeri Kungfu Panda itu.

Sumber: metrotvnews.com