Tips Membuat Kaldu Ikan Lezat dari Tulang Ikan

2621
0

Tips Membuat Kaldu Ikan Lezat dari Tulang Ikan

Dalam membuat kaldu ikan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara membuat kaldu sapi ataupun kaldu ayam. 


Saat menyiapkan sajian ikan, biasanya Anda akan membuang bagian tubuh ikan yang tidak bisa dimakan seperti tulang, kulit, serta kepala ikan. Padahal, sebenarnya bagian-bagian ikan tersebut akan sangat berguna saat Anda membuat kaldu ikan dan hal ini tentu bisa menjadi langkah awal dalam cara membuat sup seafood yang lezat.

Pada dasarnya cara pembuatan kaldu ikan tidak terlalu berbeda dengan cara membuat kaldu sapi ataupun kaldu ayam. Agar kaldu ikan semakin nikmat untuk sajian sup seafood Anda, cobalah beberapa tips berikut ini:
1.    Untuk membuat kaldu ikan sendiri, Anda memerlukan tulang, kepala, ekor, serta kulit ikan yang cukup. Anda bisa meminta atau membeli bahan ini di pasar. Atau, Anda juga bisa mengumpulkan sisa-sisa tubuh ikan yang tak terpakai saat Anda memasak ikan. Bagian tubuh ikan yang tidak terpakai ini bisa disimpan dalam wadah kering dan kedap udara di dalam freezer hingga 3 bulan.
2.    Selain tulang ikan, bagian tubuh ikan yang bisa digunakan untuk membuat kaldu adalah kepala, kulit, dan ekor ikan. Tapi, hindari menggunakan insang ikan untuk membuat kaldu, karena kaldu akan menjadi pahit.
3.    Bilas tulang serta bagian tubuh ikan lainnya yang akan direbus untuk membuat kaldu. Jangan sampai ada darah ikan yang tersisa, karena akan merusak rasa dan penampilan kaldu.
4.    Ikan yang paling cocok untuk dibuat kaldu adalah ikan berdaging putih. Ikan berdaging merah seperti salmon dan tuna kurang cocok untuk dibuat kaldu karena terlalu berlemak, sehingga rasa kaldu ikan akan terlalu kuat.
5.    Jangan khawatir kalau masih ada sedikit daging ikan yang menempel pada tulang yang diolah menjadi kaldu. Sisa daging ini akan menambah aroma dan rasa kaldu.
6.    Tambahan sayuran dan bumbu seperti wortel, daun bawang, seledri, serta bawang bombay akan membuat rasa kaldu ikan semakin mantap.
7.    Bila Anda menambahkan sayuran saat membuat kaldu ikan, potong sayuran dalam ukuran kecil agar rasa sayuran lebih keluar dan terasa.
8.    Rebus tulang, kulit, serta kepala ikan selama 15-20 menit saja. Kaldu ikan tidak memerlukan waktu lama, karena waktu merebus yang terlalu lama justru akan membuat rasa kaldu menjadi tidak enak.
9.    Setelah kaldu siap, saring kaldu dengan saringan yang halus ataupun kain kasa untuk memisahkan tulang dan bagian ikan lain dari kaldu.

Selain tulang dan bagian tubuh ikan, Anda juga bisa menggunakan kulit dan bagian tubuh udang untuk membuat kaldu seafood yang lezat. Silakan mencoba 🙂

Sumber: royco.co.id



-