Cara Praktis Membumbui Tempe Sebelum Diolah

katalogkuliner Cara Praktis Membumbui Tempe Sebelum Diolah

Bosan dengan olahan tempe yang itu-itu saja? Jika selama ini Anda hanya menggunakan garam dan bawang putih saja untuk membumbui tempe yang akan diolah, kini Anda bisa coba untuk membumbuinya dengan cara yang berbeda.


Ada sejumlah tips dan cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan tempe sebelum diolah jadi menu lezat.

Rebus dengan Kaldu Sayuran
Siapkan panci yang diisi dengan kaldu sayur. Masukkan potongan tempe. Rebus dengan api sedang. Selesai direbus, sisihkan dan tiriskan. Tempe pun siap Anda olah menjadi berbagai menu lezat lainnya.

Direndam dengan Berbagai Bumbu
Tempe bisa memiliki rasa yang begitu tawar. Untuk menyiasatinya, Anda bisa merendamnya dulu dengan campuran bumbu seperti kecap, cuka, air perasan jeruk nipis, santan kelapa, selai kacang, jahe, rempah-rempah, bahkan madu. Anda bisa merendam tempe tersebut selama 10 menit untuk mendapatkan tempe dengan rasa yang lebih sedap. Tempe yang sudah direndam dalam bumbu bisa langsung dibakar atau dipanggang.

Salah satu bumbu yang bisa Anda buat untuk merendam tempe adalah dengan mencampurkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam yang dihaluskan lalu dicampur air. Rendam tempe dalam bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit, lalu Anda bisa mengolahnya jadi tempe goreng yang gurih.

Menggunakan Bumbu Kuning
Rebus tempe dengan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, garam, dan gula pasir. Rebus tempe hingga mendidih dan tempe jadi berubah warna jadi kekuningan. Anda bisa menggoreng tempe yang sudah direbus ini atau mungkin dijadikan tempe panggang.

Menggunakan Bumbu Bacem
Anda bisa membuat tempe bacem dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan untuk membuat tempe bacem antara lain ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, dan kemiri. Semua bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu baru dicampurkan ke dalam air rebusan tempe. Biasanya dalam air rebusan untuk membuat tempe bacem, Anda perlu menambahkan lengkuas, air kelapa, asam jawa, serai, dan daun salam.

Menggunakan Bumbu Tepung
Jika ingin membuat tempe goreng dengan balutan tepung, Anda perlu membuat bumbunya. Bumbu yang diperlukan sebagai campuran tepung terigu dan tepung maizena antara lain bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, kencur, dan garam. Semau bahan tersebut dihaluskan baru dicampurkan ke dalam adonan tepung yang akan digunakan untuk menggoreng tempe.

Mengolah tempe memang mudah. Dan dengan menyiapkan bumbu tambahan khusus untuk tempe yang akan diolah, nantinya kita bisa mendapatkan menu olahan tempe yang super lezat.

Sumber: vemale.com