Membuat Warna Sayuran Rebus Tetap Segar

Membuat Warna Sayuran Rebus Tetap Segar

0 By Katalog Kuliner

Membuat Warna Sayuran Rebus Tetap Segar

Warna sayuran rebus akan tetap pada warna semula jika setelah diangkat langsung dituangkan air dingin ke dalamnya.


Makanan yang direbus memang lebih sehat ketimbang yang digoreng. Tetapi untuk sayuran, teknik merebus bisa membuat warna sayuran berubah menjadi pucat dan tampak tidak menarik. Padahal, tampilan sebuah hidangan dapat berpengaruh besar pada selera makan.

Menurut Chef Arimbi Nimpuno dari Lifestyle Studio Ranch Market, memang ada teknik tersendiri untuk membuat masakan di rumah “seindah” makanan restoran.

“Warna sayuran rebus akan tetap pada warna semula jika setelah diangkat langsung dituangkan air dingin ke dalamnya. Itu akan membuat warna sayuran tak berubah dan segar,” katanya dalam acara cooking class lewat rangkaian program Japan Culinary Week 2013, yang bertempat di Ranch Market Pondok Indah, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Ia menambahkan, setelah Anda menuangkan air es/dingin ke sayuran, diamkan sayuran kurang lebih selama 15 menit. Kemudian, setelah tuangkan kembali air hangat ke sayuran berguna menjaga kesegaran pada sayuran.

Setelah semua proses dilakukan, maka Anda tinggal menghidangkannya. Tampilan sayuran yang segar dengan warna alami sayuran yang tidak berubah kini Anda bisa dapatkan di rumah. Selamat mencoba!

Sumber: health.kompas.com