Tips Lebaran: Bagaimana Mengaduk Adonan Kue Kering yang Benar?

Tips Lebaran: Bagaimana Mengaduk Adonan Kue Kering yang Benar?

0 By Katalog Kuliner

Mencampurkan bahan-bahan untuk kue kering terlihat mudah. Bagaimana cara mencampur yang benar agar hasilnya kue kering renyah dan enak? Perlukah memakai mikser?  Sebelum mencampurkan adonan kue kering, pastikan Anda sudah menakar bahan-bahan dengan benar. Pastikan telur dan mentega bersuhu ruangan atau tidak dikeluarkan langsung dari kulkas.  Karena memakai bahan yang mudah menyatu seperti mentega dan gula bubuk, maka pengadukan adonan bisa memakai kocokan kawat atau sendok kayu. Jika memakai mikser gunakan pengaduk bentuk paddle atau dayung atau yang berbentuk ulir pada hand mikser.  Pengadukan dengan mikser tidak perlu dengan kecepatan tinggi, cukup dengan kecepatan rendah. Tujuannya agar bahan-bahan menyatu karena kue kering tidak akan mengembang besar seperti cake.  Jika terlalu lama dan memakai kecepatan tinggi maka adonan mentega dan gula akan lembek terkena panas mikser sehingga bisa membuat kue kering keras atau bantat. Cukup aduk-aduk ringan saja.  Demikian juga saat penambahan telur, umumnya berkisar 1-2 butir saja. Lakukan dengan perlahan atau kecepatan rendah. Setelah adonan bergumpal menyatu, matikan mikser. Jika terlihat agak lembek, sebaiknya bungkus adonan dengan plastik dan simpan 1 jam dalam kulkas. Setelah itu adonan bisa dicetak dan dibentuk sesuai selera.

Ingin Mengaduk Adonan Kue Kering yang Benar? Tidak usah khawatir. Simak artikel menarik berikut.

Mencampurkan bahan-bahan untuk kue kering terlihat mudah. Bagaimana cara mencampur yang benar agar hasilnya kue kering renyah dan enak? Perlukah memakai mikser?

Sebelum mencampurkan adonan kue kering, pastikan Anda sudah menakar bahan-bahan dengan benar. Pastikan telur dan mentega bersuhu ruangan atau tidak dikeluarkan langsung dari kulkas.

Karena memakai bahan yang mudah menyatu seperti mentega dan gula bubuk, maka pengadukan adonan bisa memakai kocokan kawat atau sendok kayu. Jika memakai mikser gunakan pengaduk bentuk paddle atau dayung atau yang berbentuk ulir pada hand mikser.

Pengadukan dengan mikser tidak perlu dengan kecepatan tinggi, cukup dengan kecepatan rendah. Tujuannya agar bahan-bahan menyatu karena kue kering tidak akan mengembang besar seperti cake.

Jika terlalu lama dan memakai kecepatan tinggi maka adonan mentega dan gula akan lembek terkena panas mikser sehingga bisa membuat kue kering keras atau bantat. Cukup aduk-aduk ringan saja.

Demikian juga saat penambahan telur, umumnya berkisar 1-2 butir saja. Lakukan dengan perlahan atau kecepatan rendah. Setelah adonan bergumpal menyatu, matikan mikser. Jika terlihat agak lembek, sebaiknya bungkus adonan dengan plastik dan simpan 1 jam dalam kulkas. Setelah itu adonan bisa dicetak dan dibentuk sesuai selera.

Sumber: food.detik.com
Foto: thinkstock