Mau Tahu Lebih Banyak Soal Sushi, Ini Kamusnya

Mau Tahu Lebih Banyak Soal Sushi, Ini Kamusnya

0 By Katalog Kuliner

Mau Tahu Lebih Banyak Soal Sushi, Ini Kamusnya

Sushi merupakan masakan khas Jepang yang paling digemari selain mie ramen karena rasanya yang unik dan lezat.


Sushi kini memang menjadi salah satu pilihan makanan favorit. Tidak cuma untuk anak muda, tapi juga untuk keluarga. Tak percaya? Lihat saja antrean pengunjung restoran sushi di akhir pekan yang sering kali mengular.

Ada Itacho yang baru dibuka lima bulan lalu. Restoran sushi ini menyusul gelombang restoran serupa yang hadir terlebih dulu. Sebut saja Genki Sushi yang dikenal dengan cara penyajian menggunakan peluncur, hingga Sushi Tei yang sudah ada hampir di setiap pusat belanja. Jualan utama Itacho adalah sushi yang dibuat dengan tangan, bukan mesin.

Ada tiga jenis sushi yang secara umum paling banyak dikenal:

1. Nigiri Sushi
Ini merupakan bentuk sushi yang paling lazim. Terdiri atas dua bagian, yaitu sesuap nasi dantopping yang disebut sashimi. Awalnya, topping itu hanya berbagai variasi ikan mentah dan telurnya. Belakangan, variasinya pun bertambah. Tidak lagi ikan atau udang mentah, tapi juga daging ayam dan bebek yang dimasak matang.

2. Maki Sushi
Maki sushi merupakan jenis sushi yang menggunakan nori. Jenis ini biasanya dibagi-bagi lagi sesuai dengan bentuknya. Contohnya adalah temaki sushi yang berbentuk kerucut dan dimakan dengan tangan.

3. Sushi Roll
Biasanya disebut juga dengan fusion sushi. Ini adalah versi modern dari sushi. Kecap asin tak melulu jadi pelengkap sushi roll. Sebagian besar justru dilengkapi dengan mayones. Contoh yang paling dikenal yaitu California roll.

Sumber: travel.tempo.co