Rawon Setan Warung Bu Sup, Kuliner Lezat Asli Surabaya

169
0
Rawon Setan Warung Bu Sup, Kuliner Lezat Asli Surabaya
foto: rawon-setan-bu-sup.business.site

Banyak dari kalian yang mengaku pecinta kuliner pasti sudah tahu kalau kota Surabaya tidak hanya terkenal karena pusat perbelanjaannya, tetapi juga kaya dengan beragam jenis kuliner. Salah satunya adalah Rawon, hidangan berkuah hitam dengan bumbu rempah yang menyegarkan dan isian daging sapi yang lezat. Banyak dari kalian pasti sudah pernah mencoba kuliner terkenal ini. Tapi pernah enggak kalian mencicipi Rawon Setan? Kuliner satu ini sangat terkenal di Surabaya dan salah satu yang paling legendaris adalah Warung Rawon Setan Bu Sup.

Rawon Setan Warung Bu Sup
foto: rawon-setan-bu-sup.business.site

Walaupun saat ini sudah banyak warung di Surabaya yang menyajikan hidangan ini, namun sebenarnya Rawon Setan sendiri sudah ada sejak 1950-an. Kuliner Rawon Setan sendiri diciptakan oleh Ibu Musiati pada tahun 1953. Dahulu warung rawon ini baru buka mulai pukul 22.00 malam hingga dini hari. Jam-jam tersebut dianggap waktu munculnya para makhluk halus (setan) dan dari sinilah muncul istilah Rawon Setan. Setelah Ibu Musiati berhenti, usaha ini kemudian diteruskan oleh Ibu Endang dan Bu Supiah yang merupakan cucu dan menantunya. Pada awalnya mereka bergantian berjualan, tapi kemudian memutuskan untuk membuka warung sendiri-sendiri dengan tetap menggunakan nama Rawon Setan sebagai ciri khas usaha kuliner mereka.

Rawon Setan Warung Bu Sup
foto: rawon-setan-bu-sup.business.site

Warung Rawon Setan Bu Sup beralamat di Jalan Embong Malang No. 42A, Genteng dan buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 1 dinihari. Meskipun nama warung makan dengan imbuhan “setan” identik dengan cita rasa yang sangat pedas, namun berbeda dengan Rawon Setan Surabaya. Hidangan ini tidak berasa pedas kecuali jika Anda menambahkan sambal. Di Warung Bu Sup kamu akan disajikan rawon dengan kuah hitam pekat dan potongan daging yang besar. Sebagai pelengkapnya ditambahkan taburan bawang goreng, lengkap juga dengan taoge serta sambal. Warung ini menyajikan dua pilihan rawon yaitu Rawon Biasa dan Rawon Buntut. Terdapat dua jenis penyajian yang bisa kamu pilih di warung ini yaitu kamu bisa memesan rawon dengan nasi terpisah atau dicampur.

Selain rawon, Warung Bu Sup juga menyediakan nasi osek. Menu ini berupa potongan daging sapi berbumbu rendang. Rasanya gurih dan sangat pas disantap dengan seporsi nasi putih. Apabila kalian berasa kurang makan daging yang ada di rawon atau nasi osek, kalian bisa menambah lauk seperti telur asin, tempe mendhol, perkedel, gorengan paru, limpa, babat dan usus. Tidak perlu khawatir, karena harganya lumayan terjangkau dan tidak bikin kantong jebol. Minuman yang tersedia di tempat ini adalah es jeruk, kopi, serta teh.

Aneka Lauk Warung Bu Sup
foto: rawon-setan-bu-sup.business.site

Sambil menunggu pesanan kalian diantarkan, kalian dapat mengamati berbagai foto dan penghargaan yang dibingkai tertempel di dinding. Terdapat foto Bu Sup bersama para pesohor Tanah Air, mulai dari artis, musisi, hingga food reviewer terkenal. Ini bukti yang menunjukan bahwa Warung Rawon Setan Bu Sup memang populer di Surabaya.

So, jika kalian lagi main ke Surabaya, jangan lupa cicipi kelezatan Rawon Setan Bu Sup ini. Harganya terjangkau dan yang pasti bikin perut kalian kenyang.

Daftar Menu Warung Bu Sup
foto: rawon-setan-bu-sup.business.site

WARUNG BU SUP
Jl. Embong Malang No. 42A, Genteng – Surabaya

Menu Favorit: Rawon Setan

Jam Buka: 09.00 – 01.00 WIB
Harga: Rp. 37.000,-



-