9 Tip Jitu yang Membantu Persiapan Sahur Semakin Praktis

136
0
9 Tip Jitu yang Membantu Persiapan Sahur Semakin Praktis
foto: halosehat.com

Bagi para ibu rumah tangga, mempersiapkan santapan keluarga untuk sahur menjadi tantangan tersendiri pada bulan Ramadhan.

Singkatnya waktu sahur, membuat kita harus jeli memanfaatkan waktu dalam memasak. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar perencanaan persiapan sahur Anda semakin praktis.


1. Buat rencana menu untuk seminggu. Dengan menu mingguan Anda tidak akan bingung dalam menentukan sajian untuk esok sahur.

2. Belanja bahan untuk seminggu. Cara ini tidak hanya dapat mengatur keuangan berbelanja, tapi juga meminimalisir bahan sisa karena rusak atau tidak terpakai.

3. Pilih lauk dengan metode masak cepat. Contohnya tumis-tumisan, sup, atau nasi goreng.

4. Menu one dish meal bisa menjadi pilihan sahur cepat. Persiapkan bahan-bahan sajian di malam sebelumnya untuk mempersingkat waktu memasak.

5. Buatlah sajian setengah matang pada waktu senggang. Seperti tahu atau tempe bacem, perkedel kentang, atau ayam ungkep. Simpan dalam lemari es atau freezer dan sajian ini akan jadi penolong saat Anda diburu waktu.

6. Stok beberapa lauk yang dapat disimpan untuk waktu yang lama, seperti kering tempe, teri kacang, kering kentang, abon, atau dendeng.

7. Bumbu halus dan bumbu iris dapat dipersiapkan di kala senggang. Letakkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es.

8. Buat hidangan berbuka dalam jumlah banyak. Tidak ada salahnya mengkonusmsi lauk berbuka sebagai lauk untuk sahur.

9. Jika memiliki sisa kaldu, bekukan dalam freezer. Kaldu ini akan berguna saat membuat sup dalam waktu singkat.

Demikian 9 Tip Jitu yang Membantu Persiapan Sahur Semakin Praktis yang dapat Anda coba pada bulan penuh berkah ini. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: femina.co.id



-