Cara Cepat dan Mudah Membuat Anyaman Ketupat

22223
0
Tips Lebaran: Cara Cepat dan Mudah Membuat Anyaman Ketupat
Foto: resep4.blogspot.com

Membuat anyaman ketupat bagi sebagian orang yang tangannya telah terampil memang cukup mudah. Tapi bagi para pemula pasti akan kebingunggan dan terasa sangat susah melakukan karena tangannya masih kaku dan belum terbiasa.


Pada dasarnya membuat anyaman ketupat dengan cepat dan mudah. Bahan yang perlu disiapkan hanyalah janur yang berasal dari kelapa muda. Kenapa harus cari atau beli janur kelapa yang masih muda? Karena isi ketupat yang terlindung dari janur yang masih muda akan besar dan lebih awet (tidak cepat basi). Fisik janur tersebut biasanya cukup panjang sekitar 1,5 m, lebar sekitar 2-3 cm, dan berwarna kekuning-kuningan.

Bagi yang membeli janur di pasar usahakan yang masih lengket dan belum terpisah dari pelepah kelapanya. Dan bila tidak langsung dianyam maka lebih baik disimpan di tempat yang sejuk agar janur tetap segar dan tidak cepat kering.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat ketupat dengan cepat dan mudah:

  1. Gulung salah satu sisi janur sampai tiga kali gulungan pada tangan Anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  2. Ambil sisi janur satu lagi, seperti sebelumnya, gulungkan pada tangan Anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  3. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun, janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  4. Ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur.
  5. Masukkan ujung janur yang sudah di putar ke belakang ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti membuat anyaman.
  6. Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
  8. Untuk lebih jelasnya dapat melihat pada gambar.
Tips Lebaran: Cara Cepat dan Mudah Membuat Anyaman Ketupat
Foto: flickr.com
Foto: flickr.com

Baca juga:
Bagaimana Kualitas Janur Yang Baik Untuk Anyaman Ketupat?
Tips Membuat Ketupat yang Baik dan Tahan Lama
Ketupat Lebaran
Ketupat Beras Merah



-