Zucchini, Timun Jepang yang Segar dan Sehat

658
0
Zucchini
Zucchini (Foto: charmorganic.com

Zucchini adalah sayuran yang sangat mirip dengan timun hijau sehingga terkenal dengan sebutan Timun Jepang. Sayuran yang termasuk dalam golongan Cucubitaceae ini merupakan tanaman yang hidup menjalar dengan ketinggian rambatan yang mencapai lebih dari dua meter. Bentuk buahnya berwarna hijau pekat dan lebih lonjong dari buah timun lokal.


Zucchini termasuk tanaman yang dapat tumbuh subur di tempat beriklim tropis, hangat, dan memiliki kelembaban tinggi. Untuk mendapatkan sayuran ini memang agak sulit karena langka. Biasanya hanya tersedia di supermarket besar, fresh market maupun toko-toko khusus yang menyediakan beragam produk makanan natural sehat. Sebelum mengkonsumsi Zucchini, harus dimasak terlebih dahulu baik ditumis, dipanggang ataupun diolah menjadi sup.

Bila sebagian orang mengenal Zucchini dengan sebutan timun Jepang, lain halnya dengan sebutan di daerah Jawa Timur yang menamainya Krai. Rasa dari Zucchini sedikit berbeda dengan timun lokal. Jika timun lokal lebih terasa segar dengan sedikit rasa pahit di ujung buahnya, Zucchini justru memiliki rasa yang lebih manis dan renyah. Ciri khas ini juga yang membuat Zucchini sering dijadikan sebagai bahan pelengkap pada beberapa makanan di restoran-restoran.

Hasil gambar untuk resep zucchini
Zucchini Panggang (Foto: kueid.com)

Manfaat Tanaman Zucchini

Bagian buah adalah bagian dari tanaman Zucchini yang paling dikonsumsi. Bagian ini sering dimanfaatkan sebagai pelengkap lalapan dan salad atau juga bisa dimakan langsung mentah-mentah. Beberapa juga menggunakan sebagai campuran acar dan asinan.

Banyak orang yang lebih mengutamakan mengkonsumsi Zucchini ketimbang timun lokal karena tanaman ini mengandung nutrisi yang baik dan cukup lengkap. Nutrisi-nutrisi tersebut terdapat pada beberapa bagian tanaman ini. Misalnya, vitamin A dengan jumlah yang cukup banyak terkandung pada kulitnya. Pada daging buahnya mengandung vitamin B dan vitamin C. Selain itu, Zucchini juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan dehidrasi terutama bagi para petualang.

Tidak hanya vitamin saja, Zucchini juga mengandung kalium yang cukup. Kalium yang merupakan zat elektrolit ini bermanfaat dan ramah bagi jantung karena dapat mngontrol tekanan darah serta efek merugikan garam bagi tubuh. Selain itu, Kalium juga dapat memangkas resiko penyakit dan stroke.

Selain manfaat yang bisa didapatkan dari daging buahnya, kulit Zucchini yang berwarna hijau ini juga sangat bermanfaat. Di dalam kulit Zucchini banyak terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini dapat membantu lapisan sel-sel darah agar berfungsi lebih baik dan menurunkan tekanan darah serta melindungi dari resiko penyumbatan arteri.

Bagi Anda yang sedang diet dan menginginkan berat badan ideal, Zucchini dapat dijadikan sebagai cemilan yang baik dan menyehatkan karena mengandung jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan sayuran hijau lainnya seperti kubis dan brokoli.

Dalam mengkonsumsi Zucchini yang telah dijadikan olahan, hindari dengan campuran bahan pengawet, penyedap rasa, dan bahan-bahan kimiawi lainnya yang justru mengurangi kandungan nutrisi di dalam sayuran Zucchini.

<BS>



-