Mie Ayam Depan Hotel Santika yang Bikin Ketagihan

716
0
Mie Ayam Santika terletak di trotoar pinggir jalan depan Santika Hotel Jogja
Foto: jogjakini.wordpress.com

Di Yogyakarta tidak sulit yang namanya menemukan kuliner mie ayam yang lezat. Tidak hanya di pinggiran kota saja, kamu juga bisa mencicipi salah satu tempat yang menjajakan mie ayam yang istimewa dan konon legendaris ini di tengah kota daerah Tugu. Tepatnya di depan Hotel Santika Yogyakarta.


Warung mie ayam yang sederhana, yang hanya menggunakan tenda dan lesehan,ini berada di Jl. Jenderal Sudirman Yogyakarta, sebelah halte Trans Jogja, persis di seberang jalan Hotel Santika Yogyakarta. Untuk ke lokasi kuliner ini sebaiknya kamu meluncur dari arah timur Gramedia atau McDonald’s agar tidak perlu menyeberang jalan. Perlu diingat dari siang sampai malam kendaraan dari arah timur menuju Tugu sangat ramai dan cukup berbahaya bagi penyeberang jalan, sehingga di situ pun tidak ada zebra cross.

Kamu dapat dengan mudah menjumpai lokasi mie ayam tersebut. Selain letaknya yang tepat di seberang Hotel Santika, tenda warung tersebut tertulis depan jelas namanya, yakni “Warung Mie Ayam Depan Hotel Santika

Warung mie ayam yang menempati trotoar dan menggunakan tenda sederhana sebagai tempat berjualan ini selalu ramai oleh pengunjung dan telah menjadi salah satu warung mie ayam paling terkenal di Yogyakarta. Apalagi mie ayam ini terletak di tengah kota yang ramai orang lalu lalang.

Pengunjung ternyata mayoritas cewek abg..
Foto: jogjakini.wordpress.com

Warung mie ayam ini mulai eksis berjualan di depan Hotel Santika sejak tahun 1990. Pemilik usaha ini, Trimo, sebelumnya berjualan di di dekat SMA N 4 Yogyakarta pada tahun 1985. Dan meskipun dari dulu warung ini tetap konsisten dengan warung kaki lima di trotoar, tetapi kualitas rasa dan kuah mie ayam yang satu ini boleh diadu dengan warung mie ayam lainnya.  Selain berjualan mie ayam di seberang Hotel Santika, Trimo juga berjualan di sekitar kampus UGM dan di rumahnya yang berada di daerah Cebongan, Sleman. Hanya saja memang hingga kini mie ayam depan Hotel Santika tetap yang paling ramai diserbu pelanggan.

Mie ayam di warung ini menggunakan mie berukuran kecil yang direbus dan disajikan bersama cincangan daging ayam. Teksturnya sendiri sedikit berbeda dengan mie ayam pinggir jalan pada umumnya. Tekstur lembut namun tidak lembek serta rasa gurih yang pas di lidah akan membuat kamu bakal ketagihan. Cincangan daging ayam sebagai topingnya pun tidak kalah gurih dan cenderung sedikit manis.

mie-ayam-depan-hotel-santika-foto-fb
Mie Ayam Pangsit (Foto: jogja.tribunnews.com)

Untuk kuah dan pangsit basahnya disajikan dengan mangkuk berbeda seperti halnya di cafe dan restoran. Pangsit basahnya juga memiliki tekstur yang lembut ketika digigit. Dalam setiap porsi mie ayam pangsit selain mendapatkan dua buah pangsit goreng juga akan mendapatkan dua buah pangsit basah secara terpisah bersama kuah yang sedikit berminyak dan gurih.

Walaupun rasanya yang istimewa, para pengunjung tidak perlu khawatir masalah harga. Baik menu mie ayam biasa dan mie ayam pangsit yang menjadi andalan utama dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa. Kamu cukup merogoh koceh Rp. 8.000,- per porsi mie ayam pangsit dan Rp. 2000,- untuk segelas es teh atau es jeruk. Bila kamu hanya ingin mie ayam biasa, cukup murah hanya Rp. 5000,- saja.

Warung ini buka setiap hari dari jam 16.00 hingga 22.00. Jadi sangat cocok buat kalian yang ingin mampir ke warung ini setelah beraktivitas dari pagi sampai sore. Tapi jika ke sana kamu jangan heran bila harus rela antri jika ingin mendapatkan seporsi mi ayam dengan rasa yang spesial ini, apalagi terlebih selepas Magrib yang mana kota Yogyakarta selalu ramai saat malam hari.

Dan jangan lupa, karena kawasan itu berada di kawasan Jl. Jenderal Sudirman yang berjejer perkantoran dan hotel, banyak karyawan yang telah menjadi pelanggan tetap di sana selepas pulang kerja sehingga warung ini tidak pernah sepi baik sore maupun malam. Konon dalam sehari pemiliknya dapat menjual hingga 300 porsi mie ayam. So, karena ramai, kamu jangan sampai kehabisan ya saat akan mengunjungi kuliner mie ayam  yang istimewa ini.

 

MIE AYAM DEPAN HOTEL SANTIKA
Seberang Jalan Hotel Santika, Jalan Jenderal Sudirman No. 19, Cokroningratan, Jetis, Kota Yogyakarta 55233

Menu Favorit: Mie Ayam Pangsit

Jam Buka: 16.00 – 22.00 WIB
Harga: Rp. 5.000,- – Rp. 8.000,-



-