Tips Memasak dan Merawat Peralatan Dapur

457
0
katalogkuliner-tips-memasak-dan-merawat-peralatan-dapur
Peralatan Dapur (Foto: knowshow.ca)

Semua orang dapat melakukan kesalahan dalam merawat peralatan dapur yang terkadang agak ribet. Bahkan beberapa chef paling berpengalaman pun pasti pernah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.


Berikut adalah beberapa tips dari para pakar yang berpengalaman dalam hal cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang tepat dan lebih sehat.

1. Hindari keseringan bolak-balik masakan.

Cara ini cukup efektif untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih konsisten pada masakan Anda. Tingkat kematangan masakan pun juga akan lebih merata. Hal ini dikarenakan membolak-balik makanan tidak lantas akan mempercepat proses kematangan sebuah masakan, yang terjadi justru sebaliknya.

2. Jangan panaskan wajan memakai api besar

Memanaskan wajan dengan menggunakan api besar bisa merusak bahan dan penampilan sebuah masakan. Masakan tersebut bisa “kaget” dengan tingkat kepanasannya. Cukup panaskan wajan dengan api sedang, lalu besarkan api saat akan memasukkan bahan masakan, misalnya saat akan menumis masakan. Panaskan secara wajar terlebih dahulu agar panasnya lebih merata.

3. Jangan tuangkan cairan pencuci ke peralatan masak.

Ini salah satu hal terpenting yang perlu dihidarkan. Selain boros, menuangkan langsung cairan dinilai tidak efektif dan bisa meninggalkan zat kimia yang kemudian menempel pada peralatan masak. Cukup larutkan cairan pencuci secukupnya pada sebuah wadah, lalu celupkan spons pencuci sehingga peralatan lebih mudah dibilas dan bersih. Cara ini juga bisa merawat dan menjaga peralatan masak yang memiliki lapisan anti-lengket sehingga lebih tahan lama dan tidak menyisakan zat kimia di permukaannya.

Demikian tips-tips yang dapat Anda untuk dipraktikan saat memasak dan merawat peralatan dapur agar mendapat hasil masakan yang maksimal dan membuat peralatan Anda tetap bersih, terawat, dan sehat.



-