Tips Menghaluskan Cabai Merah Besar

882
0
katalogkuliner Tips Menghaluskan Cabai Merah Besar
Cabai Merah Besar (Foto: distributorcreamrdasli.com)

Menghaluskan cabai merah besar sampai halus sangat sulit dilakukan karena cabai ini memiliki kulit yang tebal dan kaku.


Menghaluskan Cabai Merah/Hijau Besar

Tidak seperti cabai rawit, untuk menghaluskan cabai merah dan cabai hijau besar secara manual (menggunakan tangan) cukup sulit dan memerlukan tenaga yang ekstra untuk membuatnya menjadi halus. Namun, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk mempermudahmu dalam melakukannya:

  1. Cuci cabai hingga bersih, lalu buang bijinya dan potong menjadi 2-3 bagian.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan cabai dan aduk hingga kulitnya layu.
  3. Angkat cabai, lalu ulek bersama sedikit garam dan gula.
  4. Haluskan cabai merah terlebih dahulu, baru masukkan bahan lain dan ulek semuanya hingga menjadi bumbu halus.

Di beberapa restoran padang, para koki biasanya menghaluskan cabai dalam jumlah banyak menggunakan food processor agar lebih praktis. Tidak perlu menambah ditambah air karena bisa meletup-letup saat ditumis dan membuat aromanya hilang sehingga rasanya kurang sedap.  Cukup menambahkan sedikit minyak goreng saat dihalusnya namun perlu diingat saat akan menumis kurangi minyak yang akan akan digunakan.

Tips Membeli Cabai

Saat kamu membeli cabai giling di pasar-pasar tradisional, pastikan benar -benar mutu cabai yang dijual bagus dan tidak dicampur dengan bahan. Jika menemukan cabai yang mulai membusuk sebagian , sebaiknya jangan digunakan untuk memasak . Untuk cabai yang telah kering sebaiknya direndam dulu dengan air panas  atau digoreng dahulu, lalu gunakan untuk memasak.

<BS>



-