Laris Manis Mie Ayam ‘Ndeso’ Bu Tumini Lezat, Yummy!

1480
1
katalogkuliner Mie Ayam Bu Tumini 1
Mie Ayam Bu Tumini (Foto: zoroofficial014.blogspot.com)

Seperti halnya bakso, mie ayam juga menempati top chart kuliner yang mudah ditemui di seluruh pelosok Indonesia. Di Yogyakarta, ada warung mie ayam yang menjadi andalan masyarakatnya terutama para akademisi yang memang rata-rata menyukai aneka mie, yaitu Mie Ayam Bu Tumini.


Kamu pecinta kuliner mie ayam? Jangan sampai tidak coba mie ayam lezat yang satu ini. Bila berwisata ke Yogyakarta menggunakan bus, setelah turun di Terminal Giwangan, kamu bisa langsung mencari lokasinya yang tidak jauh dari situ. Letak warung mie ayam ini berada di Jalan Imogiri Timur No. 187 Umbul Harjo atau tepat berada di utara pintu masuk Terminal Giwangan, Yogyakarta. Kalau dari arah utara (arah kota), warung ini terletak di sebelah kiri jalan. Sangat mudah menemui warung ini karena ada spanduk yang terpampang dengan jelas bertuliskan “Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu”.

katalogkuliner Mie Ayam Bu Tumini 2
Foto: travelagoo.com

Warung mie ayam yang memiliki cita rasa yang khas ini bernama Mie Ayam Bu Tumini. Warung yang konon mampu menjual lebih dari 700 porsi mie ayam dalam sehari ini memiliki ciri yang khas dan tidak seperti pada umumnya yaitu mie yang disajikan memiliki ukuran yang cukup besar (agak sedikit overcook) dengan kuah yang begitu kental berwarna kecoklatan. Tidak heran bila mie ayam ini begitu laris diburu oleh para pelanggan setiap hari terutama saat siang hari yang begitu disesaki. Dan meski warung telah dibuka dari jam 10 pagi hingga 6 sore, biasanya stok sudah habis sekitar jam 4 sore. Tandanya, warung ini telah sepi parkir sepeda motor bila mie ayamnya telah habis.

Untuk mensiasati pengunjung yang datang silih berganti seakan nggak habis-habis, warung ini mempunyai tingkat pelayanan super cepat dan cekatan dalam melayani pelanggan agar tidak menunggu lama. Pemilik menempatkan beberapa pelayan warung dalam masing-masing posisi. Ada yang bertugas memasak mie ayam, ada yang bertugas memberi toping ayam dan ceker, dan ada yang bertugas membagikan mie ayam yang telah siap ke para pelanggan.

Hasil gambar untuk mie ayam bu tumini
Foto: travel.kompas.com
Foto: jogja.tribunnews.com

Meski menjadi salah satu wisata kuliner yang begitu laris dan digemari di Kota Pelajar, warung Mie Ayam Bu Tumini memiliki tempat yang cukup sederhana, namun cukup bersih. Di sana hanya disediakan beberapa meja dengan bangku-bangku panjang khas warung tradisional di daerah Jawa.

Saat kamu menyantap mie ayam ini, kenyalnya mie berpadu pas dengan kuah yang gurih dan manis serta terasa adanya bumbu rempah. Kuah mie ayam berasal dari proses pemasakan ayam yang khas. Dalam pembuatan mie yang dilakukan mandiri ini menghabiskan sekitar 70 kg tepung terigu 50 kg ayam. Dengan kata lain, setiap 1 kg tepung terigu mampu menghasilkan hingga 11 porsi mie ayam.

Di warung legendaris yang telah berdiri sejak awal tahun 1990-an ini menyediakan beberapa pilihan mie ayam, yaitu: mi ayam ceker, mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, dan ada juga pilihan sawi ayam. Tidak seperti warung mie ayam pada umumnya di Yogyakarta, Mie Ayam Bu Tumni yang ‘ndeso’ ini tidak menyediakan menu pilihan bakso termasuk mie ayam bakso.

Hasil gambar untuk mie ayam bu tumini
Foto: kulinerwisata.com

Untuk harga, kamu tidak perlu khawatir karena masih terjangkau buat para pelajar dan masih normal seperti harga mie ayam pada umumnya. Satu porsi mi ayam biasa cukup dibayar dengan Rp. 8.000,- saja dan untuk mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, serta mi ayam ceker hanya Rp 10.000,-

Buat kamu yang tidak sabaran mencoba kelezatan mie ayam maknyus ini, langsung saja menuju TKP untuk merasakan sensasi menikmati mie ayam ‘ndeso’ di warung yang sederhana. Bila memang tidak sempat berkuliner ke sana karena memang letaknya agak jauh, kamu juga bisa memesannya langsung via GO-JEK dengan menambah ongkos kirim Rp. 15.000,-

MIE AYAM BU TUMINI
Jalan Imogiri Timur No. 187 Umbul Harjo (Utara Terminal Giwangan),
Yogyakarta

Telp. 0274 410334

Menu Favorit: Mie Ayam Jumbo, Mie Ayam Ekstra Ayam, Me Ayam Ceker

Jam Buka: 10.00 – 18.00 WIB
Harga: Rp. 6.000,- – Rp. 10.000,-



-