Tips Mengolah Jamur Enoki

7390
0
katalogkuliner Tips Mengolah Jamur Enoki
Jamur Enoki (Foto: indonesian.alibaba.com)

Jamur enoki sangat lezat untuk ditambahkan di berbagai menu masakan namun harus diolah dengan benar agar rasa dan khasiatnya tidak berkurang.


Sebelum mengetahui cara mengolah jamur enoki yang tepat, alangkah baiknya kita juga harus cermat saat membeli jamur enoki hasil budidaya. Saat membeli jamur ini, pilihlah jamur enoki yang masih segar dan bersih. Dan sebisa mungkin hindari membeli jamur kalengan.

Pilih jamur yang bertekstur keras dengan warna putih berkilau. Agar rasa khas jamur tak hilang, setelah membeli simpanlah jamur dengan baik, kecuali jika ingin langsung diolah. Simpan jamur di dalam kulkas dalam keadaan dibungkus dalam kantong plastik bersih. Jamur ini hanya dapat bertahan selama 1 minggu, karena sesuah itu jamur ini akan kehilangan rasa unik dan segarnya.

 

Mengolah Jamur Enoki

Sebelum diolah menjadi berbagai jenis masakan, sebaiknya jamur dicuci agar menjadi lebih higienis. Jamur disiram di bawah air mengalir selama 10 menit kemudian dilap dengan handuk atau lap bersih. Anda juga dapat menggunakan sikat khusus buat membersihkan sayuran. Pastikan jamur tersebut benar-benar higienis sebelum Anda mengolah atau memakannya.

Setelah dipastikan higienis, tambahkan jamur ke dalam menu masakan Anda. Pastikan jamur enoki dimasukkan paling akhir agar cita rasanya tetap utuh dan manfaatnya tidak berkurang akibat terlalu lama dimasak. Hindari memasak jamur selama lebih dari 5 menit. Jika ingin mencampurnya dengan makanan panas, matikan kompor terlebih dahulu sebelum memasukkan jamur.

Enokitake juga akan terasa lebih enak jika dikonsumsi mentah-mentah. Jamur ini dapat Anda tambahkan dalam menu salad atau sandwich untuk menciptakan sensasi rasa makanan segar yang benar-benar baru.

<BS>



-