Resep Sarapan: Zuppa Soup Asli Italia

993
0
Zuppa Soup
Zuppa Soup (Foto: geograph88.blogspot.co.id)

Zuppa Soup (Zuppa Toscana) merupakan makanan dari Toscana-Italia yang berbentuk sup kental dengan pastri ala croissant atau roti bulan sabit yang ditaruh di atas sup kental seperti topi.


Bahan-bahan:

  • 150 gram mentega atau margarin
  • 150 gram bawang bombay. Dicincang
  • 500 gram jamur kancing. Dicincang dadu
  • 100 gram jamur kancing potong tipis
  • 60 gram tepung terigu
  • 1250 ml kaldu
  • 4 sdt saus mustard
  • 200 krim kental atau whipped cream
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam

Bahan Puff Pastry:

  • 750 gram tepung terigu protein sedang
  • 350 gram pastry margarin atau korsfat
  • 75 gram butter/margarin
  • 300 ml Air es
  • 20 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya

 

Cara Membuat Puff Pastry:

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung, gula, dan garam. Aduk rata. Kemudian tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit. Aduk rata.
  2. Masukan butter atau margarin, lalu aduk hingga adonan hampir kalis. Tutup adonan dengan plastik dan biarkan selama 30 menit.
  3. Setelah itu, tipiskan adonan dengan ketebalan setengah sentimeter.
  4. Letakan korsfat di tengah adonan, lipat adonan hingga korsfat tertutup.
  5. Tipiskan kembali adonan dengan ketebalan setengah sentimeter. Lipat adonan menjadi tiga bagian kemudian biarkan selama 30 menit. Ulangi penipisan dan pengistirahatan adonan di lemari es sebanyak tiga kali.
  6. Tipiskan adonan dengan ketebalan sekitar 0,2 – 0,3 sentimeter. Potong-potong dengan pisau yang benar-benar tajam berbentuk persegi dengan ukuran sesuai kebutuhan.
  7. Adonan dapat disimpan dalam frezzer dengan diberi lapisan kertas roti supaya tidak lengket.

Cara Membuat Zuppa Soup Asli Italia:

  1. Panaskan margarin, tumis jamur kancing yang diiris tipis hingga layu. Sisihkan
  2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu dan harum, lalu masukkan jamur kancing yang dicincang dadu.
  3. Aduk tuminas sampai jamur layu kemudian tambahkan tepung terigu, aduk rata, pindahkan kedalam panci.
  4. Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan tercampur rata. Didihkan.
  5. Masukkan saus mustard, garam, dan merica. Aduk rata, Masak hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  6. Blender adonan sup krim dengan kecepatan tinggi.
  7. Sup krim siap dipakai.

 

Cara Menyajikan Zuppa Soup:

  1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius. Tuang sup krim pada wadah tahan panas sebanyak tidak lebih dari 3/4 tinggi wadah.
  2. Taruh puff pastry diatas wadah, kemudian masukan ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 5 menit atau hingga puff pastry mengembang.
  3. Zuppa Soup siap disajikan sebagai menu sarapan.

 

Tips Menyajikan Zuppa Soup:

  1. Sup krim rasanya haruslah lezat dan tekstur juga kekentalannya pas. Selain itu, sup krim haruslah matang sempurna tetapi tidak overcook atau terlalu matang. Sup krim yang terlalu lama dimasak akan membuat teksturnya berubah menjadi seperti bubur dan bukan lagi berbentuk sup. Pastikan matangnya pas karena ketika belum matang maka sup krim akan mudah mencair.
  2. Untuk variasi, bisa juga ditambahkan jagung manis pipil dan wortel yang dipotong dadu.
  3. Jika Anda ingin menggunakan puff pastry siap pakai yang bisa dibeli dalam kemasan berbentuk beku maka pilihlah yang kualitasnya baik. Belilah puff pastry yang mengembang dan berlapis-lapis agar nampak cantik dan menggugah selera.
  4. Jika Anda menginginkan puff pastry yang menggelembung tinggi, masukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan panas.Ketika sup dipanggang akan cepat menghasilkan uap panas dan menekan kulit puff pastry sebelum sempat mengembang berlapis-lapis hingga menghasilkan Zuppa Soup yang menggelembung ke atas.
  5. Jika Anda menginginkan Zuppa Soup yang mengembang berlapis-lapis dan tebal, dapat memasukkan sup ke dalam mangkuk dalam keadaan dingin. Saat di oven, kulit puff pastry akan mempunyai waktu yang cukup untuk mengembang lapisan-lapisannya sembelu sup tersebut mendidih.
  6. Idealnya sebuah Zuppa Soup diisi tidak lebih dari 3/4 dari tinggi cangkir karena ketika dimasukan ke dalam oven, krim sup akan mendidih dan mengenai pastri sehingga adonan pastri akan lembab dan tidak mengembang.
  7. Pematangan pastri sebaiknya dilakukan di oven pada suhu yang pas sekitar 200 derajat celcius. Jangan lupa memanaskan oven terlebih dahulu karena zuppa soup yang langsung dimasukan ke dalam oven yag belum panas bisa membuat pastri melempem dan tidak mengembang.

 

Demikian Resep Sarapan Zuppa Soup Asli Italia yang cukup mudah untuk membuatnya. Silakan dicoba di rumah dengan mengikuti panduan resep dan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba 🙂



-