Cara Memilih Kembang Tahu serta Mengolahnya dengan Benar

3157
0
Kembang Tahu dari Kediri
Kembang Tahu dari Kediri

Untuk membuat olahan masakan dari bahan kembang tahu yang lezat perlu memperhatikan kualitas dari kembang tahu yang dibeli serta harus mengolahnya dengan benar.


Tips Memilih Kembang Tahu Berkualitas Baik

Semua kembang tahu yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang berbeda-beda, meskipun jika dilihat sekilas penampakannya hampir sama. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Kemasan pembungkus kembang tahu. Pilihlah kembang tahu yang terbungkus kemasan rapat. Kembang tahu yang dijual terbuka memungkinkan terkontaminasi dengan bakteri sekitar yang dapat menurunkan kualitas kembang tahu secara tidak langsung dan juga dapat menyebabkan bau tengik yang tidak sedap.
  2. Tentukan olahan yang akan dibuat. Jika Anda hendak membuat kembang tahu sebagai campuran capcay maka sebaiknya memilih kembang tahu yang kering dan kaku. Tapi, jika Anda ingin membuat spring roll maka pilih yang sudah lunak.

Cara Mengolah Kembang Tahu yang Benar

Mengolah kembang tahu sebenarnya tidak sulit asal Anda tahu teknik mengolahnya dengan benar. Untuk membuat kembang tahu menjadi lunak adalah dengan cara mencelupkan ke dalam air beberapa saat kemudian diangkat.

Hindari merendam kembang tahu dalam jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini menyebabkan kembang tahu bisa hancur dan menjadi bubur. Pada saat mengolah, kembang tahu yang sudah lunak dapat dipotong-potong atau langsung dicampurkan ke dalam masakan, misalnya dalam capcay ataupun sup jamur.

<BS>



-