Tips Mudah Membuat Bawang Goreng Super Renyah

734
0

Tips Membuat Bawang Goreng Super Renyah

Bawang goreng merupakan salah satu pelengkap makanan yang sangat penting yang mampu membuat masakan jadi lebih gurih dan juga lezat.


Berbagai masakan Indonesia yang berkuah seperti bakso, soto, rawon, semur, dan lain sebagainya akan semakin mantap dengan adanya taburan bawang goreng. Bawang goreng yang renyah tentu akan membuat seseorang makan dengan makin lahap. Bahkan nasi putih hangat sekalipun jika ditaburi bawang goreng, wangi  harumnya mengundang nafsu makan. Aroma bawang goreng yang wangi dan renyah ini memang sangat cocok sekali dipadukan dengan menu sehari-hari.

Di tengah naiknya harga bawang merah, pasti Anda senang jika bisa mendapatkan bawang goreng bermutu dengan harga yang terjangkau. Namun, yang harus Anda perhatikan saat membuat bawang goreng sendiri adalah menghindari beberapa masalah, seperti bawang tidak renyah, basah, dan warna gorengan bawang yang tidak rata serta berminyak. Untuk itu agar bisa mendapatkan bawang goreng dengan hasil maksimal, Anda bisa mengikuti tipstips berikut ini:

  1. Pilihlah bawang merah dengan kualitas nomor satu (terbaik) di pasar, masih segar, dan memiliki kadar air yang rendah sehingga sangat cocok dijadikan bawang goreng. Anda bisa memilih varietas bawang goreng seperti bawang merah Sumenep-Madura yang memiliki bentuk agak lonjong, serta terkenal mengandung kadar airnya relatif rendah dan tekstur yang renyah. Bisa juga menggunakan jenis bawang Brebes yang beraroma.
  2. Irislah bawang setipis mungkin menggunakan pisau yang tajam. Bisa juga dengan bantuan slicer, sehingga mendapatkan ketebalan irisan bawang yang sama. Semakin tipis irisan maka akan semakin renyah.
  3. Rendam irisan bawang dengan larutan garam selama selama 30 menit. Perbandingan bahan rendaman, 1 sdm garam untuk 300 ml air. Setelah itu tiriskan.
  4. Setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya.
  5. Jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar dan disebar rata agar bawang kering merata. Agar lebih gurih, Anda bisa taburkan sedikit garam di atasnya.
  6. Ketika menggoreng, gunakan minyak yang banyak sehingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas yang sedang dan sampai  berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses pengorengan bisa menambah warna bawang menjadi lebih kecoklatan. Oleh sebab itu, jangan sampai lalai saat menggoreng karena bawang bisa pahit karenanya.
  7. Setelah selesai menggoreng, tiriskan bawang sampai minyak benar-benar turun semua. Sebarkan di atas kertas tisu makanan sehingga minyak yang tertinggal dapat diserap dengan baik.
  8. Setelah bawang dingin, masukkan bawang goreng ke dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat, sehingga bawang tetap renyah. Simpanlah di suhu ruang dan tidak lembab.

Mudah bukan membuat bawang goreng yang renyah buatan sendiri. Bila Anda masih penasaran, silakan baca resep ini: Resep Membuat Bawang Goreng Super Renyah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂



-