Tips Menggoreng Ayam Goreng Yang Empuk dan Renyah

754
0
Tips Menggoreng Ayam Goreng Yang Empuk dan Renyah
Foto: qudapan.blogspot.com

Menggoreng ayam memang terkesan mudah dan sangat sederhana. Namun, bila ceroboh saat memasak tentu bisa saja berakibat mendapat hasil yang tidak sesuai harapan.


Banyak cara praktis yang sederhana untuk mendapat masakan ayam goreng yang enak serta empuk dan renyah. Berikut tips menggoreng ayam agar menghasilkan ayam goreng yang empuk dan renyah, serta mempunyai rasa yang gurih:

1. Buang Kulit Ayam Sebelum Digoreng

Bukankah kulit ayam yang membuat ayam goreng bisa renyah? Jawabannya tidak, kecuali jika Anda menggorengnya. Yang menjadikan ayam goreng bisa renyah sebenarnya adalah lapisannya, yang biasanya terbuat dari tepung dan bumbu-bumbu.

Jadi, Anda bisa menyingkirkan kulit ayam tanpa kehilangan rasanya. Dan tentu saja Anda akan mengurangi asupan kalori. Ayam goreng tepung dari restoran cepat saji mengandung 7 gram lemak jenuh, tapi tanpa kulit hanya 2 gram lemak jenuh.

2. Bumbui Ayam Sebelum Digoreng

Bumbui ayam goreng dengan mentega susu (buttermilk) untuk menghasilkan rasa gurih yang pas. Semakin lama direndam bumbu maka rasanya lebih enak. Namun, pastikan tidak terlalu lama untuk menjaga teksturnya tetap bagus.

3. Pertimbangkan untuk Dipanggang Sebelum Digoreng

Membuat ayam goreng tanpa deep-frying (menggoreng dalam banyak minyak)? Yuhuu, tidak mustahil dan bahkan niscaya hasilnya lebih sehat. Memang benar untuk hasil yang lebih sehat, ayam lebih baik dipanggang daripada goreng. Dan jangan lupa selama memanggang, tiriskan selalu air yang keluar dari daging ayam.

Panaskan oven sampai suhu 220 derajat Celsius. Oven yang dipersiapkan dengan suhu tepat memungkinkan ayam bisa renyah. Proses memasak juga lebih cepat karena kapasitas oven lebih besar daripada wajan.

Jika menggunakan wajan atau digoreng, Anda harus menggunakan banyak minyak untuk mencapai hasil yang renyah. Bayangkan ratusan kalori yang akan menambah hidangan ini.

<BS>



-