Tips Memasak Nasi Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi

23590
2
Tips Memasak Nasi Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi
Foto: mesra.net

Memasak nasi dengan menggunakan alat memasak modern tidak boleh sebarangan. Perlu diperhatikan hal-hal penting sebelum dan saat memasak agar mendapatkan nasi yang berkualitas baik, tahan lama, dan tidak mudah basi.


Memasak atau menanak nasi sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Meskipun demikian, terkadang beberapa ibu rumah tangga yang merasa kesal  ketika memasaknya karena hasil masakannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, seperti misalkan nasi menjadi lembek sehingga akan mudah atau cepat basi. Jika terjadi hal demikian, nasi akan tidak tahan lama dan terpaksa harus memasak nasi lagi untuk dihidangkan pada acara makan selanjutnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada cara yang bisa dilakukan ketika memasak nasi agar nasi tidak mudah basi dan tahan lama. Namun sebelum mengetahui tips tersebut, perlu diperhatikan alat yang dipakai, yaitu rice cooker atau magic com serta penyebab kenapa nasi mudah basi bila menggunakan rice cooker. Alat tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab nasi menjadi tidak tahan lama dan mudah basi.

Penyebab Nasi Cepat Basi di Rice Cooker
  1. Beras yang dimasak terlampau sedikit. Bila nasi yang akan dimasak terlalu sedikit, maka elemen did alamnya akan terus membuat nasi termasak cukup lama. Hal ini akan mengakibatkan daya tahan nasi cepat menurun dan nasi jadi berair. Namun, jika teralu banyak, nasi jadi tidak punya ruang udara yang baik. Untuk itu pastikan takaran nasi perlu disesuaikan dengan petunjuk.
  2. Menanak nasi terlalu lama. Nasi bersifat senyawa yang jika dipanaskan terus menerus akan menyebabkan overcooked. Hal ini juga dapat mengakibatkan nasi cepat basi di rice cooker.
  3. Udara yang masuk karena tidak tertutup rapat. Perlu diperhatikan, jangan sampai lupa membiarkan rice cooker tidak tertutup rapat. Pastikan penutupnya dalam keadaan tertutup. Jika dibiarkan udara masuk dari luar ke dalam nasi, nasi tersebut akan cepat rusat dan basi.
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Rice Cooker atau Magic Com untuk Memasak Nasi
  1. Wadah rice cooker atau magic com sebaiknya tidak digunakan untuk mencuci beras. Fungsi wadah yang mengandung lapisan anti lengket adalah untuk menanak nasi, bukan untuk mencuci beras. Tekstur beras yang kasar bisa merusak lapisan anti lengketnya. Sebaiknya menyediakan mangkuk khusus untuk mencuci beras. Sesudah itu pindahkan beras yang sudah dicuci serta air bersih ke dalam wadah rice cooker atau magic com.
  2. Jangan menggunakan magic com untuk memasak air. Hal ini dikarenakan suhu matang nasi berbeda dari suhu matang air. Magic com dirancang akan mati secara otomatis bila nasi dalam wadah sudah mencapai suhu matangnya. Bila menggunakan alat ini untuk memasak air, magic com tidak akan mati sendiri dan mungkin air dalam wadah akan habis karena menguap.
  3. Rendamlah wadah magic com atau rice cooker air panas dan cuci dengan spon lembut. Ketika mencuci, jangan gunakan sikat atau spon kawat untuk membersihkan sisa nasi yang menempel di wadah. Sebaiknya buang terlebih dahulu sisa nasi yang tidak menempel, lalu tuang air panas sebatas butiran nasi yang tertinggal. Diamkan sampai butir-butir nasi luruh sendiri. Kemudian cuci bersih dengan sabun dan spon lembut. Sebelum digunakan, pastikan wadah benar-benar kering.
  4. Bersihkan juga bagian luar wadah. Bisa menggunakan spon lembut atau lap basah, lalu peras untuk membersihkan bagian luar yang biasanya tertutup karak nasi (termasuk bagian bibirnya yang terkena uap). Lebih bagus lagi, bersihkan juga tempat penampung uap airnya setiap kali selesai digunakan.
  5. Saat memakai rice cooker atau magic com, sebaiknya dalam menghangatkan nasi kurang dari 10 jam. Nasi yang sudah matang dianjurkan agar tidak terlalu lama didiamkan dalam magic com dengan keadaan menyala. Nasi akan cepat kering dan rasanya berubah. Tutup wadah dengan lap bersih sebelum menutup magic com agar nasi bersih dari uap.
 Tips-tips Memasak Nasi Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Basi
  1. Cuci terlebih dahulu hingga bersih beras yang akan anda masak.
  2. Pastikan takaran air dan berasnya sesuai atau tidak. Dianjurkan takaran air yang digunakan jangan terlalu banyak. Inilah sebenarnya yang menjadi kunci nasi apakah nasi akan tahan lama atau tidak, selain beras yang akan ditanak. Takaran air yang terlalu banyak akan mengakibatkan nasi menjadi terlalu lembek, sehingga dapat menyebabkan nasi menjadi cepat basi dan tidak tahan lama, karena nasi akan mengeluarkan air seperti lendir.
  3. Siapkan jeruk lemon, lalu peras airnya. Tambahkan perasan air jeruk lemon tersebut. Jika anda akan memasak beras sebanyak 1 liter, maka anda bisa menambahkan 1/2 buah air perasan jeruk lemon. Perasan air jeruk lemon ke dalam nasi yang ditanak bertujuan menjaga kualitas nasi dan akan membuat warna nasi menjadi lebih cerah dan bersinar. Kadar asam inilah yang mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker yang otomatis membuat nasi menjadi lebih awet. Selain itu, asam yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan nasi cepat basi.
  4. Selain menggunakan perasan air jeruk lemon, Anda juga bisa memasukan sekitar 2-3 helai daun pandan ke dalam wadah yang akan digunakan untuk memasak nasi. Penggunaan pandan selain dapat membuat nasi tahan lama juga akan menbuat nasi menjadi lebih harum dan rasanya lebih gurih.
  5. Masak beras di dalam rice cooker sampai matang. Perhatikan juga ketika sedang memasak nasi di rice cooker, apabila sudah terdengar tanda atau bunyi nasi sudah matang, segera dibuka tutupnya lalu nasi di aduk-aduk agar uapnya keluar. Ini bisa menjadi penyebab nasi menjadi bau. Karena uap dapat menghasilkan air yang terlalu banyak di dalam nasi sehingga menyebabkan mikroba cepat berkembang.
  6. Tips tambahan, disarankan agar memasak nasi dilakukan dua kali sehari, yakni pada siang dan sore hari. Nasi pada pagi hari dimasak untuk makan siang sedangkan nasi yang dimasak pada sore hari bisa dimakan untuk malam atau pagi harinya. Kalau nasi yang dimasak pagi lalu dimakan untuk keesokan pagi akan membuat nutrisi yang ada pada nasi sudah berkurang.

Demikian tips-tips memasak nasi yang benar dengan menggunakan rice cooker atau magic com agar bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

<BS>



-

  • danang

    Klo masak pagi untuk sarapan dan makan siang, apakah harus dipanaskan lagi?

    • Katalog Kuliner

      Iya mas. Anda bisa menggunakan magic com 🙂