Tips Dapur: Merawat dan Membersihkan Talenan Kayu

779
0
Tips Dapur: Merawat dan Membersihkan Talenan Kayu
Foto: rumahku.com

Talenan kayu perlu dirawar dan dibersihkan agar masakan Anda tetap higienis sebab alat sederhana ini sangat rentan dengan bakteri, kuma, dan jamur.


Setiap memasak Anda pasti tidak asing dengan peralatan dapur sederhana ini. Yup, benar namanya talenan. Alat masak yang berbentuk yang seperti papan dan hanya terbuat dari kayu atau plastik. Meski sederhana, alat ini juga membutuhkan perawatan agar tetap awet dan higienis. Konon, talenan kayu bisa bertahan hingga sepuluh tahun bila dirawat dengan benar.

Talenan yang bersih merupakan salah satu kunci kebersihan dapur sebab sangat rentan dengan bakteri, kuma, dan jamur. Hal ini dikarenakan talenan bersentuhan langsung dengan berbagai bahan makanan, mulai dari ketika mencincang bawang sampai ketika memotong daging. Pori-pori talenan, terutama yang terbuat dari kayu jika tidak dibersihkan secara rutin dan benar bisa menjadi sumber penyebaran bakteri, termasuk E. coli dan salmonela dari daging dan ikan mentah.

Jadi talenan yang bersih sangat penting demi higienitas bahan masakan Anda. Masak apapun bisa hancur berantakan kalau higienitas masakan rusak. Bila perlu, di dapur Anda telah dipersiapkan 1 talenan yang khusus digunakan untuk memotong daging dan ikan biar tidak jadi satu untuk memotor sayur dan buah-buahan. Khusus untuk memotong daging atau ikan, sebaiknya menggunakan talenan kayu karena lebih kesat, tidak berisiko licin, dan melukai tangan. Untuk yang bahan makanan lain bisa menggunakan talenan plastik agar untuk membedakan fungsinya.

Cobalah beberapa tips berikut ini untuk merawat dan membersihkan talenan agar tetap awet dan higienis saat digunakan:

  1. Sebelum digunakan, olesi seluruh permukaan talenan kayu dengan minyak zaitun. Biarkan sampai minyak zaitun tersebut meresap sebelum mulai digunakan.
  2. Hindari merendam talenan kayu ke dalam air atau memasukkan talenan tersebut ke dalam mesin cuci piring karena akan merusak struktur kayu talenan.
  3. Saat mencuci talenan, Anda hanya perlu membasuhnya dengan air hangat. Gosok dengan sedikit sabun cuci piring. Kemudian, talenan perlu dibilas di bawah air mengalir. Jika mungkin, gunakan air bertekanan agak tinggi untuk menyemprot talenan kayu sehingga bisa membersihkan pori-porinya. Setelah itu, baru Anda keringkan.
  4. Simpan talenan kayu di tempat yang benar-benar kering. Hindari tempat-tempat dengan suhu yang terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Hindari pula tempat yang lembab dan berair karena dapat merusak talenan Anda. Talenan kayu yang lembab dan disimpan di dalam ruang yang tidak terlalu terang berpotensi ditumbuhi jamur dan cepat berubah warna menjadi gelap.
  5. Bila ada bau makanan yang tertinggal di talenan seperti bawang atau ikan mentah, Anda bisa menghilangkan bau tersebut dengan menggunakan jeruk nipis dan garam dapur. Caranya, potong jeruk nipis menjadi 4 bagian, lalu oleskan air jeruk nipis tersebut pada talenan Anda bersama garam. Biarkan selama sekitar 2-3 menit, lalu bilas talenan Anda dengan air bersih hangat. Posisikan talenan secara vertikal untuk mengeringkannya. Setelah kering, bau makanan yang tertinggal pun akan hilang.

    Foto: rooang.com
  6. Talenan kayu bisa jadi agak melengkung. Untuk mengembalikan bentuknya, letakkan kayu di atas permukaan datar, lalu tutupi dengan handuk basah. Kemudian, letakkan panci besar atau benda berat lainnya di atasnya. Biarkan selama sekitar 8 jam atau sampai bentuk talenan kembali seperti semula. Setelah itu, angkat handuk dan letakkan kembali panci besar atau benda berat di atas talenan sampai talenan kering. Setelah talenan kering, olesi talenan dengan minyak zaitun seperti poin nomor 1 di atas.
  7. Talenan yang baru digunakan untuk memotong daging perlu dibersihkan segera agar kumannya hilang. Caranya, larutkan 1 bagian cuka dengan 5 bagian air, lalu sikat talenan dengan spons yang telah dibasahi dengan larutan cuka tersebut. Bilas talenan dan keringkan seperti biasa.

Mudah bukan membersihkan dan merawat talenan agar masakan Anda tetap higienis dan menyehatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

<BS>



-