Tips Dapur: Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

712
0
Tips Dapur: Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot
Foto: obattradisionalgreenworld.web.id

Mengolah daging kambing tidak semudah mengolah daging ayam dan sapi. Bila salah memasak dapat mengakibatkan daging menjadi alot dan prengus.


Penggemar hidangan daging kambing kebanyakan hanyalah sebagai penikmat dibanding mengolah. Banyak orang mengetahui kalau mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah. Bila salah cara memasak hasil olahan bisa menjadi alot dan tidak sesuai dengan harapan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menyimak tips-tips mengolah daging kambing yang benar seperti berikut ini:

1. Jangan Dicuci

Umumnya daging harus dicuci bersih terlebih dahulu sebelum dimasak. Tetapi untuk daging kambing akan berakibat kurang baik, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Untuk itu, sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

2. Rebus dengan Rempah-rempah
Kalau Anda ingin mencuci daging terlebih dahulu, sebaiknya rebus daging yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jahe, serai, jeruk, dan daun kemangi.

3. Bungkus dengan Daun Pepaya
Membungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya bisa mengatasi bau tak sedap pada daging kambing serta melembutkan tekstur daging. Enzim dalam daun pepaya yang akan menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing yang juga memiliki manfaat yang serupa.

4. Balur dengan Parutan Nanas
Getah nanas yang tajam ternyata mampu melunakkan daging kambing yang alot dan mengatasi aroma amis pada daging. Cukup melumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam sebelum diolah.

5. Balur dengan Buah Pir
Selain buah nanas, di negara-negara Eropa, buah pir banyak dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging sebelum diolah.

6. Lumuri dengan Jeruk Nipis
Tidak hanya dimanfaatkan untuk sebelum mengolah ikan atau daging ayam, jeruk nipis juga punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Cukup lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

 

Semoga Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot dapat bermanfaat bagi kita semua dan daging yang akan diolah dan dikonsumsi dapat bermanfaat bagi tubuh kita.

<BS>



-