Tips Dapur: Cara Cerdas Mengolah dan Memasak Udang

593
0
Tips Dapur: Cara Cerda Mengolah dan Memasak Udang
Foto: sdkandangan3.wordpress.com

Udang menjadi salah satu sajian yang lezat untuk dikonsumsi dengan berbagai macam cara baik digoreng, direbus, atau dipanggang. Hidangan ini juga biasa jadi menu spesial di warung makan atau restaurant.


Udang merupakan salah satu sajian menu favorit bagi para penggemar masakan seafood. Daging udang sangat bergizi karena kaya akan protein, asam lemak esensial, vitamin D, vitamin B12, serta kalsium dan tentunya yang paling disukai karena rendah kolestorel.

Mengolah Udang

Saat mengolah udang untuk dimasak sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Hal ini harus diperhatikan agar bisa mendapat hasil masakan udang yang matang sempurna. Masakan udang yang kurang matang atau terlalu matang akan menjadi kurang enak dan tidak memuaskan.

Pemilihan bumbu masak yang tepat dan disesuaikan dengan jenis udang juga harus diperhatikan, karena sangat mempengaruhi hasil masakan. Jenis-jenis udang yang bisa Anda temukan di pasar antara lain: Udang Jerbung yang berkulit tipis dan licin berwarna putih kekuningan, Udang Galah yang berukuran besar berwarna hijau kebiruan, dan Udang Windu yang berkulit keras dan tebal.

Nah, untuk mendapatkan hasil masakan dari bahan udang yang maksimal, Anda dapat mempelajari beberapa metode yang diperlukan. Berikut ini adalah tips atau metode mengolah udang dengan tepat:

  1. Sebelum memasak, tentukan terlebih dahulu jenis udang yang akan dimasak. Hal ini cukup penting karena setiap jenis udang memiliki ukuran yang berbeda yang nantinya dapat berpengaruh pada proses lama memasak.
  2. Pilih bumbu masak yang tepat dan sesuai (dengan petunjuk resep) supaya masakan udang menjadi semakin lezat.
  3. Jika menumis atau menggoreng, masaklah udang secara cepat dengan api besar untuk mempertahankan rasa asli manis dan gurih pada udang. Setelah matang sebaiknya langsung saja letakkan di piring untuk mencegah proses masak yang berlanjut.
  4. Jika memasak udang rebus, masukkan udang ke dalam panci berisi air mendidih, tambahkan sedikit garam, dan tutup panci. Masak hingga mendidih sebentar dan warna udang berubah menjadi kemerahan.
  5. Jika memasak udang dengan kulitnya sekaligus, masaklah agak lebih lama dibanding memasak udang yang sudah dikupas.

Memasak Udang

Bila sudah mengetahui metode mengolah udang dengan tepat, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan agar udang yang nantinya akan dimasak tetap terasa manis dan tidak keras. Berikut beberapa petunjuk yang bisa Anda ikuti:

  1. Salah satu rahasia mengolah udang yang baik adalah udang harus selalu dimasak dengan sangat cepat untuk mendapatkan rasa yang mansi dan lezat. Kebanyakan udang dimasak sekurang-kurangnya 3 menit. Begitu udang terlihat kemerahan, berarti sudah matang. Udang sangat cepat matang dan denan cepat pula dapat berubah tidak bisa dimakan jika sedikit saja terlalu lama dimasak.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang prima, bisa mencoba cara ini: ambil ½ kg udang, lalu masukkan ke dalam panci yang telah diisi air mendidih 1/3 nya. Masukkan 3 sendok teh garam. Tutup panci, didihkan lagi, dan masak sampai kulitnya kelihatan matang. Untuk lobster biasanya perlu waktu 7-8 menit, udang pacet besar 5-7 menit, dan udang sedang siap dalam 3-4 menit. Jangan diamkan terlalu lama di dalam panci berisi air mendidih. Langsung celupkan udang ke dalam air dingin atau air dengan suhu sedang agar proses masaknya terhenti. Jika didiamkan terlalu lama di panci, udang akan mengeras dan menjadi terlalu matang.

Demikian tips-tips dan metode dalam mengolah dan memasak udang dengan berbagai cara. Semoga dengan mengikuti petunjuk di atas masakan udang Anda menjadi lebih enak dan lezat. Selamat mencoba 🙂

<BS>



-