Metode dan Tips Sukses Membuat Kentang Panggang Enak

1799
0
Metode dan Tips Sukses Membuat Kentang Panggang Enak
Foto: cookpad.com

Kentang panggang adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan murah. Kentang merupakan sumber vitamin C, serat, kalium, dan mangan yang baik. 


Selain kentang goreng, kentang panggang juga nikmat dijadikan makanan pelengkap steak, ikan panggang, burger atau teriyaki. Kabar baiknya Anda bisa mengurangi penggunaan minyak dalam menggoreng, dengan membuat kentang renyah tanpa minyak melalui proses memanggang.

Ada banyak cara atau metode yang bisa dilakukan untuk memasak kentang panggang yang enak dan empuk. Tetapi tidak semua metode bisa dilakukan karena ada beberapa metode yang tidak dapat menggunakan pemanggangan tradisional.

Yang paling dibutukan dalam dalam membuat kentang panggang tentunya adalah bahan-bahan dan alat untuk membuat kentang panggang, antara lain:

  • Kentang untuk dipanggang, masing-masing 170 – 230 gram – kentang cokelat muda atau merah, tergantung selera Anda
  • Krim asam atau sour cream (opsional)
  • Daun kucai (optional)
  • Minyak zaitun (opsional)
  • Butter (optional)
  • Keju (opsional)
  • Sikat sayuran
  • Pisau pengupas untuk menghilangkan mata kentang atau memar

Metode

Berikut ini 5 metode yang dapat dilakukan untuk membuat kentang panggang yang enak dan empuk:

Metode 1: Persiapan
1. Bersihkan kentang dan bilas dengan air dingin.
2. Singkirkan sisa air dengan mengeringkan kentang menggunakan tisu bersih jika dipanggang dalam oven biasa.
3. Buang lekukan atau “mata” kentang.
4. Iris setiap bagian yang memar atau jelek, jika perlu.
5. Tusuk kentang sekali atau dua kali dengan garpu. Ini akan membuat kentang matang lebih cepat dan lebih merata.

Metode 2: Menggunakan Oven Biasa
1. Olesi kentang dengan minyak zaitun secara merata (opsional). Bumbui dengan taburan garam dan merica. Tempatkan kentang di atas loyang atau alat panggang (opsional). (Sebagian orang memilih langsung menempatkan kentang di atas rak kawat)
2. Panggang kentang dengan suhu 220 C selama 45-60 menit. Kentang sudah masak jika sudah mudah ditusuk dengan garpu dan terasa lunak.
– Kentang juga dapat dipanggang pada suhu yang lebih rendah dengan waktu yang lebih lama. Pilihan ini akan cenderung menghasilkan bagian luar dan kulit yang lebih renyah. 175 C selama kurang lebih 1 1/2 jam dan atau 190 C selama sekitar 1 1/4 jam adalah pilihan waktu dan suhu yang baik.
– Waktu memasak bervariasi. Tidak semua kentang memiliki ukuran dan berat yang seragam, sehingga waktu masak di sini merupakan pedoman, bukan aturan. Lakukan tes dengan garpu untuk mengetahui apakah kentang sudah mencapai kematangan yang Anda inginkan atau belum.
3. Bumbui dan hiasi seperlunya. Beberapa kombinasi klasik meliputi: krim asam dan daun kucai, mentega dan garam, dan keju.

Metode 3: Menggunakan Aluminium Foil
1. Bumbui kentang dengan minyak zaitun, garam dan merica (opsional). Jika Anda tidak akan mengolah kembali kentang yang sudah dipanggang, membumbui dengan minyak zaitun, garam, dan merica adalah ide yang bagus.
2. Bungkus kentang dalam aluminium foil. Aluminium foil merupakan konduktor panas yang baik, sehingga kemungkinan kentang yang dibungkus dengan plastik ini akan membutuhkan waktu memasak yang lebih singkat. Namun jika Anda suka kentang panggang dengan kulit yang renyah, ingat: membungkus dengan aluminium foil akan menghasilkan kentang dengan kulit yang empuk, tetapi tidak renyah .
3. Panggang kentang pada 220 C untuk selama 45 sampai 60 menit, atau 205 C selama 60 sampai 70 menit. Kentang panggang yang dimasak lambat seringkali memiliki bagian tengah yang bertekstur lebih creamy atau lembut seperti krim. Periksa kematangan kentang sebelum waktu yang Anda perkirakan itu sudah matang. Hal ini dikarenakan aluminium foil mempercepat proses pemasakan kentang, sehingga ada baiknya Anda memeriksa lebih awal untuk menghindari kentang kelewat masak.
4. Beri hiasan seperlunya.

Metode 4: Menggunakan Microwave
1. Tempatkan kentang dalam mangkuk tahan dan aman microwave, panaskan dalam microwave suhu tinggi selama 5 menit.
2. Balik kentang dan microwave lagi selama 3 – 5 menit.
3. Periksa kematangan kentang. Jika kentang masih belum sepenuhnya matang, lanjutkan microwave kentang dalam interval 1 menit sampai sepenuhnya matang.

Metode 5: Menggunakan Slow Cooker
1. Bersihkan dan sikat kentang tetapi jangan dikeringkan. Sedikit kelembapan akan menghasilkan kentang panggang yang lebih bagus setelah selesai dimasak.
2. Masukkan kentang ke dalam slow cooker, tutup, dan masak pada dengan suhu rendah selama 6 – 8 jam atau sampai lunak. Metode ini akan menghasilkan kentang dengan kulit paling lembut, dan tekstur kentang yang ringan. Memasak pada suhu yang sangat rendah untuk waktu yang lebih lama akan meminimalkan risiko kelewat masak atau overcooked.
3. Beri hiasan seperlunya.

Tips

Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan untuk membuat kentang panggang yang enak dan empuk:

  • Kentang panggang bisa dipanggang antara 165-220 C. Tentu saja panas yang lebih rendah berarti waktu memanggang yang lebih lama, tapi ini juga berarti kentang panggang bisa dipanggang bersamaan dengan makanan seperti roti daging atau hidangan utama yang panggang lainnya.
  • Pelengkap yang dapat disajikan bersama kentang panggang meliputi mentega, keju, krim asam, daun bawang, dan irisan daging asap.
  • Waktu memasak mungkin dapat dipercepat sedikit dengan menggunakan microwave. Tempatkan kentang mentah yang sudah dibersihkan pada wadah atau mangkuk tahan microwave, dan panaskan kentang sampai hangat, hanya beberapa menit per kentang. Jangan masak sampai benar-benar matang. Segera memanggang dalammicrowave selesai, panggang lagi dalam oven biasa. Menggunakan slow cookertidak dianjurkan untuk variasi cara ini.
  • Banyak orang menikmati kentang panggang dengan steak.
  • Sebagian orang ingin membungkus kentang panggang mereka dalam aluminium foil sebelum dipanggang dalam oven. Cara ini lebih cenderung mengukus kentang dibanding memanggangnya. Semua tergantung pada sang juru masak.

Source: id.wikihow.com



-