Manfaat Sehat Yoghurt untuk Kesehatan, Wanita, dan Ibu Hamil

636
0
Manfaat Sehat Yoghurt untuk Wanita dan Ibu Hamil
Foto: 1001freefonts.com

Yoghurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi bakteri yang baik bagi kesehatan pencernaan. Manfaat yoghurt tidak hanya berkhasiat sebagai minuman yang menyehatkan pencernaan tubuh tetapi juga membantu menjaga kesehatan wanita serta ibu hamil dan menyusui.


Salah satu hasil olahan dari susu adalah yoghurt. Yoghurt berbeda dengan olahan susu lainnya, yoghurt difermentasikan dari susu yang diberi bakteri hidup yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Manfaat yoghurt tidak hanya untuk tubuh tapi juga kecantikan kulit dan wajah.

Yoghurt bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja. Kandungan dalam yoghurt sangat baik untuk semua orang, di dalam yoghurt mengandung banyak sekali vitamin dan juga kalsium yang sangat baik untuk tubuh.

 

Kelebihan Yoghurt Dibanding Susu

Bila dinilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidak kalah dengan susu pada umumnya. Hal ini dikarenakan bahan dasar yoghurt sendiri adalah susu. Bahkan ada beberapa kelebihan yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni, yaitu :

  1. Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu (yang ditandai dengan diare), karena laktosa yang terkandung pada susu biasa sudah disederhanakan dalam proses fermentasi yoghurt.
  2. Bila dikonsumsi secara rutin bahkan mampu menghambat kadar kolestrol dalam darah karena yoghurt mengandung bakteri lactobasillus. Lactobasillus berfungsi menghambat pembentukan kolestrol dalam darah kita yang berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan atau daging.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh kita karena yoghurt mengandung banyak bakteri baik sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat yang terdapat dalam susu kita.

 

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Umum

Manfaat yoghurt untuk kesehatan sangat banyak sekali. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi yoghurt bagi kesehatan tubuh.

1. Memperkuat tulang

Dalam yoghurt banyak sekali mengandung kalsium yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan kalsium dalam yoghurt inilah yang sangat baik untuk memperkuat tulang. Selain itu, yoghurt bisa mengatasi osteoporosis pada tulang.

2. Menurunkan berat badan

Yoghurt selain baik untuk tulang juga baik untuk membantu dalam diet. Manfaat yoghurt untuk diet didapatkan dari kandungan kalium dalam yoghurt yang membantu untuk merangsang penggunaan lemak yang disimpan dalam tubuh. Ketika melakukan diet, yoghurt adalah makanan wajib agar diet yang dilakukan cepat berhasil.

3. Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan atau membantu dalam melakukan diet. Kalium yang ada dalam yoghurt juga dapat menurunkan darah tinggi atau tekanan darah yang tinggi. Bagi yang menderita darah tinggi sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi yoghurt.

4.  Menghaluskan kulit

Tidak hanya untuk kesehatan yoghurt juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat yoghurt untuk kecantikan yaitu dapat menghaluskan kulit tubuh. Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt dapat menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan kulit tubuh. Selain dikonsumsi untuk menghaluskan kulit, yoghurt juga bisa dijadikan masker atau lulur tubuh.

5.  Menambah imun tubuh

Mengkonsumsi yoghurt sekali dalam sehari bisa membantu menambah sistem imun atau kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung prebiotic yang merangsang pembentukan sel darah putih yang merupakan tameng melawan bakteri. Dengan bertambahnya imun dalam tubuh tentunya tubuh akan semakin kebal dengan segala macam penyakit.

 

Manfaat Yoghurt untuk Wanita

Wanita yang rajin mengkonsumsi minuman sehat ini akan membantu sistem pertahanan tubuhnya menajdi lebih kuat, terutama pada organ intimnya. Yoghurt memiliki kemampuan mencegah bakteri penyebab infeksi hidup yang berkembang di sistem reproduksi wanita yang lembab dan asam sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Tingkat keasaman pada yoghurt yang tepat dapat mencegah berkembangnya bakteri candida yang berada di sistem reproduksi. Bakteri ini sangat berbahaya sebab dapat menyebabkan timbulnya keputihan pada wanita. Meski demikian, para wanita harus menghindari yoghurt yang rasanya manis karena mengandung ragi yang berkembang dari gula.

Untuk memilih produk yoghurt yang tepat bagi wanita, pilihlah yoghurt yang telah melewati proses fakturisasi untuk menghilangkan bakteri buruk dan proses inkubasi untuk memasukkan bakteri baik serta tahap akhir berupa fermentasi.

Sebanyak 150 mililiter yoghurt asam yang dikonsumsi perhari dapat menjaga keseimbangan kesehatan organ reproduksi dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina. Vagina akan terbebas dari gangguan seperti alergi, keputihan dan gatal-gatal.

Selain untuk membantu kesehatan organ intim wanita, yoghurt juga baik untuk membantu penurunan berat badan atau diet. Yoghurt termasuk kategori minuman rendah lemak namun memiliki kandungan gizi yang tinggi. Disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt dengan probiotik, yaitu yoghurt yang didalamnya masih terdapat bakteri hidup. Bakteri menguntungkan untuk usus sehat dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Yoghurt juga mampu memberikan rasa kenyang sehingga orang yang mengkonsumsi minuman ini dapat mengurangi keinginan untuk memakan cemilan kembali. Yoghurt baik untuk pengganti asupan gizi bagi orang yang alergi susu (lactose intolerance) sehingga mendapatkan gizi dari susu yang tidak bisa dikonsumsi.

 

Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Saat hamil, kebutuhan kalsium meningkat tiga kali lipat dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil. Bagi ibu hamil, yoghurt mampu memberikan suntikan kalsium dan magnesium bagi si ibu. Kalsium organik yang ada dalam yoghurt merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Kalsium untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk memperkuat tulang janin yang ada dalam kandungan. Namun, ibu hamil juga harus mendapatkan makanan empat sehat lima sempurna, menghindari alkohol dan rokok, istirahat teratur, dan menghindari stress berlebih. Bagi ibu menyusui, kalsium yoghurt memiliki peranan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas air susu ibu (ASI).

<BS>

Baca juga: Resep Praktis dan Tips Membuat Yoghurt Plain dari Susu



-