Manfaat Infused Water Segar Bagi Kesehatan

604
0
Manfaat Infused Water Segar Bagi Kesehatan
Foto: puncakbukit.net

Infused water kini sudah menjadi salah satu trend baru bagi mereka yang ingin mengadopsi pola hidup sehat karena banyak manfaat yang terkandung dalam minuman sehat ini.


Tak hanya mode atau gadget saja, kesehatan juga mengalami tren yang banyak diperbincangkan dan banyak dilakukan saat ini. Selain olahraga, tren makanan dan minuman sehat juga sering memenuhi lini media sosial Anda. Dan yang paling umum Anda ketahui dan lagi ngetrend tentunya infused water.

Infused water kini sudah menjadi salah satu trend baru bagi mereka yang ingin mengadopsi manfaat pola hidup sehat. Metode yang digunakan infused water telah menjadi salah satu trendsetter di kalangan masyarakat luas. Terutama bagi orang-orang yang memperhatikan gaya hidup sehat.

 

Apakah itu Infused Water?

Infused water merupakan suatu jenis metode pemberian nutrisi-nutrisi tambahan pada air mineral biasa agar menjadi lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Infused water menjadi inovasi baru yang bisa membuat acara minum air putih jadi terasa lebih menyenangkan. Dengan memasukkan potongan buah ke dalamnya maka air putih tadi jadi memilik rasa yang lebih enak.

Cara membuatnya cukup mudah dan sederhana dengan cukup menambahkan irisan atau potongan dari berbagai jenis buah-buahan yang memiliki manfaat dan khasiat tinggi, khususnya yang memiliki asam dan segar, seperti jeruk, lemon, apel, nanas, anggur, dan stroberi. Bisa juga buah-buahan tersebut dikombinasikan dalam satu minuman infused water.

 

Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Tidak heran banyak yang menyukai penggunaan infused water di kalangan mereka yang sedang mengadopsi pola hidup sehat, karena minuman ini begitu menyegarkan di mana terdapat sari buah di dalamnya. Tapi, kadang muncul pertanyaan, apa sih sebenarnya manfaat utama dari infused water ini? Apa juga perbedaannya dari air mineral biasa? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari infused water:

1. Menghilangkan Racun dari Dalam Tubuh (Detoksifikasi)

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi infused water akan menambah kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi dan pengeluaran racun tubuh sehingga dapat terhindar dari beberapa gangguan yang disebabkan racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dari buah-buahan seperti lemon, jeruk atau citrus dapat membantu tubuh anda melakukan detoksifikasi.

2. Mengganti Fungsi Ion Dalam Tubuh

Infused water juga bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Biasanya anda dapat mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit khusus untuk mengembalikan ion tubuh, namun demikian dengan manfaat infused water anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

3. Menyegarkan Tubuh dan Mengenyangkan (Menekan Rasa Lapar)

Infused water dapat membuat Anda merasakan kesegaran yang lebih dibandingkan minum air mineral biasa. Infused water memiliki kombinasi dari rasa asam, manis dan rasa segar yang dapat membantu tubuh dalam mendapatkan kesegarannya kembali. Selain itu, dengan mengkonsumsi infused water setengah jam sebelum makan bisa menghindarkan diri dari keinginan untuk makan secara berlebih karena minuman ini bisa mengenyangkan tubuh.

Infused water juga sangat berguna untuk menekan nafsu makan berlebih yang dapat menuntun Anda memiliki berat badan yang berlebih. Kandungan nutrisi alami pada buah yang menjadi bahan dasar infused water terbukti dapat menekan rasa lapar, craving makanan dan juga membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin diet karena dapat membantu kita merasa puas dan kenyang lebih lama.

4. Sebagai Antioksidan (Anti Penuaan Dini)

Kandungan buah-buahan yang digunakan sebagai sarana pembuatan dari infused water ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini sebagai anti aging.

5. Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh dan Meningkatkan Mood

Sama seperti manfaat air putih atau air mineral pada umumnya, infused water juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, kita dapat beraktivitas tanpa adanya hambatan berarti dan tetap merasa semangat dengan meningkatnya mood di setiap aktivitas.

6. Memperlancar Pencernaan

Infused water juga sangat berguna untuk membantu memperlancar dan pencernaan, serta mengurangi gejala gangguan pada pencernaan, seperti: sembelit, mual, mulas, sakit perut, dan susah buah air besar.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mengurangi Kelelahan

Kandungan vitamin C dan mineral pada buah yang dijadikan sebagai bahan infused water sangat berguna dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Hal ini juga dapat mencegah anda mengalami beberapa penyakit ringan, seperti: flu, batuk, infeksi, sariawan, dan gusi berdarah. Nutrisi yang ada di dalam buah juga akan membantu meremajakan sistem tubuh sehingga akan membuat Anda merasa segar kembali.

8. Menjaga Fokus Pikiran

Dengan mengkonsumsi infused water, Anda juga dapat menjaga kondisi pikiran agar tetap fokus dalam menjalani kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

9. Memberikan Rasa Tersendiri Pada Air Mineral

Campuran irisan buah-buahan yang terkandung pada infused water dapat memberikan rasa menyegarkan tersendiri bagi tubuh. Hal ini sangat baik bagi mereka yang kurang menyukai air mineral karena rasanya yang tawar. Selain itu, infused water juga tidak mengandung campuran gula tambahan sehingga aman bagi penderita penyakit gula.

10. Sebagai Alternatif Bagi yang Tidak Suka Makan Buah

Beberapa orang memang tidak menyukai makan buah, namun sering minum jus buah tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa jus botolan ada yang mengandung beberapa bahan kimia yang apabila dikonsumsi terus menerus memiliki dampak bagi tubuh. Oleh karena itu, manfaat infused water merupakan pilihan tepat agar tetap dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh lewat sari buah di dalamnya.

11. Menurunkan Berat Badan Menjadi Lebih Ideal (Diet Sehat)

Mengonsumsi infused water bisa menurunkan berat badan menjadi lebih sehat. Namun, belum ada penelitian medis yang akurat. Berat badan ideal yang sehat paling baik tetap harus dicapai melalui olahraga yang teratur dan pola makan sehat.

Penggunaan infused water untuk diet, salah satunya didasari oleh fakta bahwa buah lemon memiliki pH yang asam, namun dapat menetralkan asam berlebih ketika sari buah ini sampai ke dalam pembuluh darah. Orang dengan kelebihan berat badan, atau overweight atau juga obesitas cenderung memiliki pH yang asam di dalam darah dan rentan menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan meminum infused water yang berbahan dasar lemon, pH darah akan dinetralkan sehingga akibat buruk kegemukan akan ditekan.

 

 

Itulah beberapa manfaat utama dari infused water. Bagaimana? Tentu Anda tertarik untuk mencoba dan membuatnya bukan? Semoga bermanfaat dan keep health. 🙂

<BS>



-