Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

782
0
Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan
Buah: inimakanansehat.blogspot.com

Ini adalah salah salah satu buah yang tersia-siakan. Sayang sekali buah kesemek (Diospyros) ‘malas’ dikonsumsi oleh orang-orang padahal banyak sekali manfaat yang dimiliki kesemek. 


Buah kesemek atau biasa juga disebut persimmon dalam Bahasa Inggris, termasuk buah yang banyak dan mudah ditemukan di Asia tenggara serta belahan Eropa bagian selatan. Beberapa daerah di Indonesia menamakan buah kesemek sebagai buah genit. Hal ini dikarenakan buah ini seringkali berlabur putih seperti ada bedaknya, di samping warnanya yang cerah menggoda setiap pandangan mata. Padahal sebenarnya ‘bedak’ pada buah kesemek adalah sisa kapur yang dipakai agar buah ini cepat masak.

Buah kesemek yang telah matang berwarna oranye, bertekstur lembut, rasanya sangat manis dan lezat. Secara sekilas, buah ini terlihat mirip seperti tomat dan bila dirasakan terkadang mirip rasa buah pepaya. Kesemek biasanya dimakan segar ketika telah matang. Namun, jenis yang kering bisa dimakan sebagai camilan dan digunakan sebagai makanan penutup.

 

Kandungan Nutrisi

Kesemek termasuk jenis buah yang sehat. Manfaat buah kesemek pun tidak kalah dengan buah apel. Kandungan zat serat dari satu buah kesemek dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sebuah apel. Berdasarkan riset, diketahui kalau buah kesemek mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang dapat mencegah kanker dan menghambat proses penuaan dini.

Kesemek mengandung karbohidrat yang mudah larut seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Di samping itu, buah ini juga mengandung tannin, sirulin, dan iodium. Zat-zat tersebut berkhasiat menurunkan kolesterol dan hipertensi, mencegah dan mengatasi diabetes mellitus serta jantung, mengobati batuk dan asma, melancarkan pencernaan, mengatasi disentri dan diare, wasir, jantung koroner, sariawan, bronchitis, gangguan limpa, gangguan ginjal, menurunkan berat badan, melancarkan buang air besar serta menghentikan pendarahan.

Selain zat-zat yang telah disebut di atas, kesemek juga memiliki kandungan lain, yaitu serat, tannin, likopen dan polifenol. Serat yang terkandung dalam kesernek berfungsi mengikat karsinogen dan mengeluarkannya ke saluran pencernaan. Bukan itu saja, serat pada buah kesemek sebenarnya lebih banyak dibanding apel sehingga memudahkan sistem pencernaan dan menurunkan berat badan.

Tannin yang umumnya dikandung pada buah kesemek yang masih mentah bisa menyebabkan rasa sepat. Tetapi, semakin tinggi tingkat kematangan buah, maka rasa sepat itu akan berubah menjadi manis. Zat likopen di dalamnya berperan sebagai antioksidan penangkal kanker. Sedangkan polifenol berkhasiat menurunkan kolesterol sehingga akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Singkatnya, semua vitamin dan mineral yang terkandung dalam kesemek ternyata lebih tinggi dari buah sepopuler apel.

Kesemek juga menyediakan kombinasi yang baik berbagai nutrisi. Sebagian besar jumlah nutrisi dalam buah ini hanya menyeiakan sekitar 2% hingga 3% dari total kebutuhan harian Anda. Namun, kesemek lebih tinggi menyediakan mineral mangan sekitar 17 %, juga 9% Vitamin C dan 8% Vitamin B6. Serat pangan dalam buah ini cukup tinggi dan memiliki kandungan air tinggi yaitu 80% dari berat buah keseluruhan.

Berikut kandungan nutrisi di dalam buah kesemek segar:
  • Karbohidrat 19.6%
  • Fruktosa dan glukosa
  • Protein 0,7%
  • Vitamin A
  • Kalium

Berdasarkan penelitian USDA dalam 100 gr kesemek mengandung:

Prinsip Gizi Nilai persentase RDA

  • Energi 70 Kcal 3,5%
  • Karbohidrat 18.59 g 14%
  • Protein 0.58 g 1%
  • TotalFat 0.19g 1%
  • Kolesterol 0 g 0%
  • Serat 3.6 g Dietary 9.5%

Vitamin

  • Kolin 7.6mg 1.5%
  • Folates 8 mg 2%
  • NIacin 0.100 mg 1%
  • Pyridoxine 0.100 mg 7,5%
  • Rioflavin 0.020 mg 1.5%
  • Thiamin 0,030 mg 2.5%
  • Vitamin C 7,5 mg 12.4%
  • Vitamin E 0,73 mg 5%
  • Vitamin K 2.6 mg 2%

Elektrolit

  • SOdium 1 mg 0%
  • Kalium 161 mg 2.5%

Mineral

  • Kalsium 8 mg 0.8 %
  • TEmbaga 0.113 mg 12.5%
  • Besi 0.15 mg 2%
  • Magnesium 9 mg 2%
  • Mangan 0.355 mg 15%
  • Fosfor 17 mg 4.5%
  • Zinc 0.11 mg 1%

Phyto-nutrisi

  • Karoten-α 0 mg
  • Karoten-β 253 mg
  • Crypto-xathin-β 1.447 mg
  • Lutein-zeaxanthin 834 mg
  • Lycope 159 mg

 

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Buah kesemek mengandung antioksidan dan fitonutrien. Nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat menetralisir radikal bebas yang berpotensi tinggi menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti penuaan dini, kanker, katarak dan degenerasi makula.

1. Mengelola Berat Badan yang Sehat

Buah kesemek merupakan buah tambahan yang bagus bagi yang ingin memiliki berat badan yang sehat. Pengelolaan berat badan biasanya menggabungkan berbagai makanan rendah kalori ke dalam diet.

Makan makanan yang tinggi serat seperti buah kesemek bisa membantu program penurunan berat badan karena membuat kenyang lebih lama. Makanan yang kaya serat juga bermanfaat mengurangi keinginan makan makanan manis atau makanan olahan. Jadi buah kesemek bisa menjadi makanan terbaik untuk program penurunan berat badan Anda.

Kandungan gula buah kesemek cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebelum latihan atau beraktifitas fisik, sehingga gula diserap dan diubah menjadi energi oleh tubuh.

2. Melindungi Retina Mata

Kesemek mengandung Lutein Zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang umum terdapat dalam karotenoid alami. Banyak penelitian hingga saat ini yang telah menemukan bahwa zat ini sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan organ penglihatan. Hal ini bekerja pada retina dan lensa mata untuk mencegah kondisi yang terkait dengan penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan katarak.

Kerusakan retina pada mata adalah penyebab kebutaan umum. Kerusakan retina ini bisa disebabkan oleh radikal bebas sebagai hasil dari reaksi oksigen dengan jenis molekul tertentu.

Buah kesemek mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang dikenal karena sifat anti-oksidan mereka. Nutrisi ini sangat penting untuk melindungi kerusakan retina pada mata.

Lutein Zeaxanthin bersama dengan vitamin tersebut berguna untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan penyebab lainnya. Selain penglihatan, zat-zat ini juga membantu mengurangi kerutan pada kulit yang sensitif di sekitar mata.

3. Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan

Buah kesemek mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang penting untuk proses pencernaan yang sehat. Ada dua jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut bisa dicerna dan menutrisi tubuh, sedangkan larut secara langsung melewati usus. Hal ini akan melunakkan tinja sehingga bisa melewati saluran pencernaan dengan mudah. Serat akan mengikat dan mendorong kotoran keluar dari usus Anda. Dengan demikian, makan buah kesemek dapat bermanfaat mencegah sembelit. Pengosongan usus secara bersih dan teratur memiliki banyak manfaat lain juga. Hal ini mencegah infeksi dan membantu untuk pengobatan kondisi seperti kanker usus besar.

Sembelit kronis bisa membuat pembuluh darah di sekitar anus membengkak, dan dalam kasus yang kritis bahkan bisa pecah dan berdarah. Kondisi ini dikenal dengan ambeien atau wasir. Dengan mencegah dan membantu menghilangkan sembelit, buah kesemek akan melindungi Anda dari rasa yang menyakitkan saat BAB yang biasanya terjadi ketika sembelit.

4. Mencegah Kanker

Kesemek mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari dampak radikal bebas. Radikal bebas berperan penting sebagai penyebab kanker. Antioksidan dan fitonutrien berguna untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Paparan oksigen dari beberapa molekul bisa menyebabkan kerusakan pada tingkat sel.

Sel-sel yang rusak tersebut kemudian terus berkembang biak bahkan ketika tidak diperlukan, yang pada akhirnya menyerang sel-sel yang sehat, menghancurkannya dan menyebabkan kanker. Pembentukan radikal bebas sangat alami dalam tubuh dan biasanya hanya dibersihkan oleh zat anti-oksidan dalam tubuh. Namun, kekurangan zat anti-oksidan ini dapat menyebabkan reaksi berantai tak terkendali yang berbahaya.

Kesemek memiliki komposisi anti-oksidan lengkap, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan Lutein Zeaxanthin akan melindungi tubuh kita dari kerusakan oleh radikal bebas. Nutrisi ini akan membersihkanradikal bebas dari tubuh sehingga tidak sampai menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang sehat. Kesemek juga mengandung asam betulinic yang bersifat anti-tumor dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi juga menyebabkan penuaan dini. Radikal bebas merusak sel kulit dan aklhirnya merangsang penuaan yang lebih cepat dari umumnya. Tapi antioksidan dan fitonutrien membalikkan efek penuaan ini dan justru melindungi tubuh dari efek penuaan dini dengan cara membersihkan radikal bebas.

Vitamin C adalah anti-oksidan yang sangat efektif jika berbicara tentang perawatan kulit. Ini adalah jenis vitamin yang larut air yang berarti tidak disimpan dalam tubuh dan harus diisi ulang secara teratur melalui sumber makanan.

Vitamin A dan vitamin K bermanfaat menjaga kulit dan mengurangi kerutan. Terlepas dari vitamin ini, Beta karoten, dan Lutein zeaxanthin juga telah menunjukkan banyak peran sebagai anti-oksidan dalam banyak studi.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk tetap terlindungi dari penyakit, adalah penting untuk makan makanan yang bergizi tinggi. Vitamin C telah ditemukan sebagai agen kuat yang meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuatnya daris erangan flu dan infeksi.

Buah kesemek kaya akan Vitamin C dan dapat meningkatkan kekebalan dari penyakit umum. Terlepas dari ini, Vitamin C juga bermanfaat membantu memproduksi kolagen dan membantu tubuh menyerap zat besi. Hal ini juga membantu menjaga pembuluh darah, otot, dan tulang untuk selalu fit dan bmembantu merawatnya.

7. Mengatur Tekanan Darah

Kalium merupakan jejak mineral yang banyak ditemukan dalam buah kesemek. Senyawa Ini bermanfaat membantu mengatur tekanan darah yang optimal dengan cara melebarkan pembuluh darah dan merelaksasi otot-otot. Bahkan, banyak jenis obat-obatan menggunakan kalium sebagai obat penghilang rasa sakit untuk nyeri otot.

Kalium juga bermanfaat untuk mengimbangi jumlah natrium yang menyerap cairan dan dpat meningkatkan tekanan darah tinggi. Kesemek bebas lemak namun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu menekan tingkat kolesterol yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

 

Efek Samping Buah Kesemek

Buah kesemek akan memberikan banyak manfaat kesehatan seperti yang telah dijelaskan, namun Anda perlu hati-hati karena buah ini tinggi zat tanin yang merupakan faktor risiko. Tannin dalam jumlah tinggi bisa memiliki efek anti-gizi dan beracun untuk tubuh. Hindari makan buah kesemek dalam keadaan mentah, terutama yang mentah mengandung tannin yang lebih tinggi. Hal ini ditandai dengan rasa sangat kering dan mati rasa pada mulut untuk beberapa waktu setelah memakan buah ini.

Makan buah kesemek pada saat perut kosong atau makan berlebihan dapat menyebabkan diare. Jadi sebaiknya makan buah kesemek dalam jumlah yang wajar. Pasien diabetes juga harus membatasi memakan buah ini karena mengandung gula yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

 

Mengolah Buah Kesemek

Kesemek ini kalau matang akan berwarna antara jingga dan kekuningan sampai kemerahan. Buah ini bisa dimakan secara langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan kemudian di peram agar rasa sepatnya hilang. Buah ini ternyata juga bisa dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, eskrim dan berbagai olahan lainnya.

Dengan mengkonsumsi 1 buah kesemek setiap harinya terbukti bisa mencegah pengerasan pembuluh darah.Buah ini mampu menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas normal. Dengan terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah, maka secara tidak langsung kesehatan juga bakal terpelihara.

Bagian dari kesemek yang dapat dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Dalam 100 gram daun kesemek terkandung 704 vitamin C. Itulah sebabnya kini telah banyak daun kesemek digunakan sebagai bahan membuat minuman sehat. Karena, daun kesemek berkhasiat mencegah arteriosklerosis, mengatasi radang dan menghentikan pendarahan. Sedangkan buahnya dapat dimakan begitu saja atau diolah menjadi makanan dan minuman seperti salad, selai, manisan, pudding, pie, es rujak, es buah, dan jus.

 

Dengan mengetahui manfaat yang begitu banyak dari buah kesemek, mudah-mudah Anda kini tidak menyia-nyiakannya begitu saja. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari buah kesemek yang ‘genit’ ini. 🙂

<BS>



-