5 Resto Paling Romantis Di Yogyakarta

49931
0

5 Resto Romantis Di Yogyakarta

Di Yogyakarta banyak spot-spot romantis, khususnya resto, yang bisa dikunjungi untuk nongkrong atau makan berdua. Selain menu sajian lezat, berbagai fasilitas terbaik juga telah disiapkan.


Mau ngajak gebetan makan malam? Atau mau merayakan anniversary jadian atau hari valentine? Asik tuh kalau makan berduaan di tempat yang romantis. Banyak kok tempat makan romantis di Kota Pelajar ini. Ya, mungkin karena kota ini banyak anak mudanya, jadi banyak juga spot-spot yang bisa dikunjungi untuk nongkrong atau makan berdua. Salah satunya restaurant, atau lebih gaul dan kesannya lebih anak muda bila disebut resto.

Kalau menyebut kata resto, pasti dibayangan kita akan bikin kantong cekak. Memang iya sih, tapi itu kan bagian dari perjuangan juga untuk melakukan yang terbaik bagi pasangan kita. Tapi tidak semua kok resto di Yogyakarta harganya mahal-mahal. Mereka juga tahu sikon kota ini yang dihuni oleh banyak perantau yang masih mahasiswa.

Resto-resto di Yogyakarta umumnya menawarkan harga yang relatif bisa terjangkau oleh kalangan anak muda baik mahasiswa maupun pelajar. Restonya juga dibuat dengan konsep dan interior yang menyesuaikan perkembangan zaman khususnya anak muda. Untuk resto yang ditujukan pada pasangan muda-mudi, dibuat interior dan dekorasinya seromantis mungkin. Begitu pun pemilihan lokasinya.

Berikut ini adalah resto-resto romantis di Yogyakarta yang telah direkomendasikan oleh banyak orang:

1. Bukit Indah Resto

Foto: kotajogja.com
Foto: kotajogja.com

Di resto ini kita tidak hanya menikmati makan malam dengan suasana romantis, tetapi juga dapat melepaskan penat dan stress setelah kuliah atau bekerja seharian. Restoran Bukti Indah berada di atas bukit dengan ketinggian kurang lebih 300 m. Terletak di salah satu bukit di Gunung Kidul yang kaya objek wisata, salah satunya adalah Goa Kalisuci. Lokasinya berada di pinggir jalur utama Yogyakarta-Wonosari. Akses menuju restoran ini sangat mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Dengan lokasinya yang berada di ketinggian, restoran ini menawarkan pemandangan Kota Yogyakarta yang sangat indah dengan hamparan area persawahan dan bukit yang menghijau bagai permadani. Menjelang senja kita bisa menikmati pemandangan sunset yang sempurna.

Restoran ini memiliki beranda, dengan gaya klasik Eropa modern, di bagian belakang menghadap kota Yogyakarta. Dari sudut ini, pada malam hari, pemandangan eksotik tak henti-hentinya menemani. Karena posisinya sangat pas menghadap ke arah kota, bila kamu di sana akan ditemani kerlap kerlip bintang, beberapa keramaian lalu lintas jalan menuju Wonosari, dan juga sinar lampu kota yang menyala yang tampak seperti ribuan bintang yang turun ke bumi.

5 Resto Romantis Di Yogyakarta

Jika mata kita memandang ke arah yang lebih luas lagi, mata Anda akan bertemu dengan bukit dan hutan yang hijau. Sawah-sawah warga yang memasuki musim tanam terlihat seperti permadani. Pemandangan inilah yang sulit kita temukan di pusat kota. Ini juga yang menambah suasana makan malam menjadi semakin romantis. Bila rasanya menikmati romantisme semalam di restaurant ini masih kurang, kita pun bisa menginap di hotel dengan fasilitas yang lumayan lengkap ini.

Bukit tempat restoran ini berada sendiri disebut Bukit Bintang. Berada di salah satu tepian tebing Hargo Dumilah. Dari tempat ini, kita bisa langsung memandang langit yang penuh bintang, langsung di pinggir tebing bukit. Saat cuaca cerah, dari beranda ini kita bisa melihat langit yang semburat memerah saat matahari terbenam. Di sini juga menjadi salah satu view paling untuk melihat pesta kembang api saat malam pergantian tahun.

Foto: nginepdijogja.blogspot.com

Di Bukit Indah Resto, Berbagai menu telah disiapkan dan siap dipilih sesuai selera, mulai dari chinese food, barbeque, steak, atau seafood. Buat penyuka seafood akan disuguhi dengan masakan gurami, udang, tuna dan kakap. Tersedia juga pilihan menu tradisional, seperti nasi merah, nasi goreng, bakmi goreng, ayam goreng/bakar, bakso, pecel lele, dan lain-lain. Untuk minuman, ada wedang jahe, kopi, teh, jus dan float yang siap dihidangkan. Bila tak ingin makan besar, ada juga makanan ringan seperti french fries, banana roll cheze, toast keju, roti bakar, dan jagung bakar.

BUKIT INDAH RESTO
Jl. Jogja-Wonosari Km. 15, Piyungan, Bantul, Yogyakarta

Telepon:(0274) 7494155 

Jam Buka: Setiap hari (10.00-22.00 WIB)
Harga: Rp. 3.000,- – Rp. 60.000,-

Menu Favorit: Chinese Food, Barbeque, Steak, Seafood, Banana Roll Cheze, Toast Keju, Roti Bakar, dan Jagung Bakar

 

2. Abhayagiri Restaurant

Foto: angkah-kuliner.blogspot.co.id

Abhayagiri Restaurant terletak di Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Lokasinya yang berada dekat dengan Bandara Adisutjipto dan terletak di daerah warisan dunia membuat resto ini menjadi salah satu pilihan baru untuk tujuan wisata.

Akses menuju restaurant ini cukup mudah. Dari Pasar Prambanan, kita menuju ke selatan sampai rel kereta belok kiri sampai perempatan lalu belok kanan menyeberangi rel, lalu tinggal ikuti saja jalan tersebut. Saat menuju ke arah resto kita bisa mendapat view yang sangat menarik, yaitu: Candi Prambanan dan Gunung Merapi.

Foto: travelmatekamu.com

Restaurant, yang mendapatkan namanya dari Prasasti Abhayagiri Wihara (792M) yang ditemukan di kompleks Situs Ratu Boko, ini terletak di tepi bukit di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Dinamakan Abhayagiri (Wihara dibukit yang damai) akan menambah atmosfir yang nyaman dan menenangkan makin terasa setelah melewati gerbang resort Sumberwatu Heritage tempat restoran ini berada. Hamparan sawah hijau dengan pepohonan di sekitar komplek resto dengan udara yang segar juga akan membuat suasana menjadi makin tenang dan santai.

Foto: tripadvisor.com

Di sini, kita bisa memandang Gunung Merapi dengan jelas di sore hari (bila cuaca cerah) atau Candi Prambanan yang bermandikan cahaya lampu sorot di malam hari. Makanya, selain bisa menyantap makanan lezat, kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang wow, fresh, dan tentunya romantis.

Restoran ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti kolam renang dan villa untuk penginapan. Bangunan resto Abhayagiri sendiri merupakan bangunan Jawa yang berbentuk seperti pendopo joglo besar dan megah dengan pilar-pilar kayu tua yang elegan. Dikombinasikan sempurna dengan ubin batik klasik, dan dihiasi lampu, yang katanya merupakan pemberian dari Presiden pertama kita, Ir. Soekarno.

Foto: tripadvisor.com

Beragam masakan Indonesia sampai masakan khas Yogyakarta ada di sini. Rasa makanan di sini pun sangat enak dan cukup banyak direkomendasikan. Hanya saja, dari sisi harga memang terbilang mahal, namun sebanding dengan rasa dan fasilitas serta suasana syahdu dan sensasi makan malam romantis yang diberikan. Harga makanannya sendiri berada di kisaran Rp 15.000,- – Rp 430.000,-.

Menu makanan yang ditawarkan oleh Resto Abhayagiri Restaurant didominasi oleh bahan-bahan lokal dengan rasa internasional akan menghasilkan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga terlihat menarik di plating-nya yang indah. Beberapa menu utama pun direkomendasikan oleh waiter, seperti Chicken Steak Teriyaki, Abhayagiri Duck Speciale, dan Pan Salmon panggang.

ABHAYAGIRI RESTAURANT
Jalan Yogya – Wonosari Km 15, Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu RT. 02 / RW. 01, Sambirejo, Prambanan, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511.

Telepon:(0274) 4469277

Jam Buka: Setiap hari (11.00 – 22.00 wib)
Harga: Rp. 15.000,- – Rp. 430.000,-

Menu Favorit: Chicken Steak Teriyaki, Apple Crumble, Archila Churros, Beef BlackPaper, Abhayagiri Duck Speciale, dan Pan Salmon panggang

 

3. Gadjah Wong Resto

Foto: rumahjogjaindonesia.com

Resto yang satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin makan malam berdua dengan ditemani alunan musik favorit yang akan menambah kesan romantis. Yang istimewanya adalah kita bisa memilih tempat sesuai dengan selera musik kita.

Resto yang satu ini menampilkan perpaduan konsep antara kontemporer dan tradisional dengan pelayanan yang berkelas layaknya hotel bintang lima dengan pelayannya yang berpakaian tematik.  Tersedia beragam pilihan ruangan yang masing-masing menawarkan suasana hangat dan romantis yang berbeda.

Sebelum ke resto ini, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum menuju Gadjah Wong Resto. Hal ini dikarenakan resto ini punya jam buka hanya sebentar, yaitu pukul 18.00 dan tutup pukul 22.00.

Berikut lima ruangan-ruangan yang disediakan oleh Gadjah Wong Resto. Ruangan pertama, Kura-Kura Area (Gamelan Room), ruangan ini menawarkan suasana etnik/budaya jawa yang kental, ditambah dengan lantunan alunan gamelan lengkap dengan sinden yang membawakan tembang jawa, pastinya makan malam anda akan terasa syahdu dan damai. Kedua, Gadjah Area (Latin Combo Room), di sini kita akan merasakan suasana ala amerika latin lengkap dengan iringan musik latin combo.

Foto: indoturs.com
Foto; sahabatkulitsehat.blogspot.com

Ruangan lainnya, Bebek Area (Jazz or Classic Room), ruangan ini menawarkan suasana Jazzy, dimana makan malammu akan semakin  romantis dengan diiringi oleh musik Jazz atau Klasik. Semua personil musik mengenakan pakaian hitam-hitam resmi memberikan suasana ala Amerika. Dan yang terakhir, Monyet Room yang terletak di balkon, lorong area yang terletak di ruang bawah tanah, dan Riverside Gazebo’s yang merupakan gazebo-gazebo kecil di tepi Sungai Gadjah Wong.

Menu yang disajikan di Gadjah Wong Resto sangat beragam, mulai dari masakan Indonesia, India, dan pasta Italia yang lezat. Di sini juga tersedia varian menu musiman yang hanya tersedia pada musim-musim tertentu.

Foto: makanjogja.com

Soal harga, menu makanan dan minuman di Gadjah Wong Resto beraneka ragam yang ditawarkan dengan harga mulai Rp. 36.000,-. Beberapa menu telah direkomendasikan banyak orang, seperti Orange Duck.

GADJAH WONG RESTO
Jalan Gejayan No.79D, Depok, Sleman, Yogyakarta 

Telepon:(0274) 588294

Jam Buka: Setiap hari (18.00 – 22.00 wib)
Harga: Mulai dari Rp. 36.000,-

Menu Favorit: Orange Duck, Rack of Lamb, Orange Duck, dan Pan Fried King Mackerel

 

4. Omah Dhuwur Kotagede

Foto: id.wikifun.com

Omah Dhuwur Kotagede terletak di di bekas ibu kota kerajaan Mataram Kuno, yaitu di Kotagede, tepatnya Jl. Mondorakan 252 Kotagede, Yogyakarta. Letaknya cukup strategis. Tak jauh dari XT Square dan Terminal Giwangan. Selain itu, letaknya berada di tepi jalan sehingga dapat dengan mudah untuk menemukannya.

Foto: Foto: jogjabiz.com

Untuk menuju ke resto ini, bila dari lampu merah XT Square kita ke arah selatan sampai lampu merah, lalu belok kiri, lokasinya tepat berada di kanan jalan, sebelah selatan HS Silver. Omah Dhuwur Kotagede menempati bangunan kuno perpaduan arsitektur kolonial dan jawa yang kini telah berusia lebih dari 150 tahun. Resto ini menawarkan nuansa klasik dan legendaris.

Restoran ini menyediakan ruangan indoor maupun outdoor yang dapat menampung hingga 100 pengunjung. Tersedia juga ruang privat dengan dekorasi romantis, bila memilih paket deluxe atau royal, sebagai pilihan dinner romantis bersama orang terkasih.

Foto: saventravel.blogspot.com
Foto: semangka-mania.blogspot.com

Selain suasana yang klasik, romantis, dan merupakan perpaduan antara budaya tradisional dan peninggalan kolonial, masih banyak fasilitas lain yang juga bisa kita nikmati di restauran ini antara lain free hot spot, entertainment, ruang meeting ber-AC, dan masih banyak lagi.

Untuk menu makanan, restoran ini menawarkan beberapa menu tradisional, seperti Sate Kotagede, Bothok Ayam Jagung, Sop Buntut, Gurameh Grontol, Kakap Bumbu Kuning, Ayam Goreng Sere, Semur Ayam Yoe Harto, dan Thuwulan Steak. Ada juga menu western, seperti Spagheti, Lobster Termidore, BBQ Beef Back Rib, Australia Tenderloin Steak, dan Tom Yam khas Thailand.

Untuk bisa menikmati makan malam yang romantis dan sempurna kita butuh sedikit pengorbanan lebih, kita mungkin harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Harga makanan di restoran Omah Dhuwur ini memang tergolong sedikit mahal, dengan harga makanan mulai dari Rp. 50.000,- dan harga minuman mulai dari harga Rp. 20.000,-. Namun, harga yang dibayarkan sebanding dengan fasilitas yang didapatkan seperti view dan tempat yang nyaman serta rasa dan kualitas makanan yang tidak mengecewakan.

OMAH DUWUR KOTAGEDE
Jalan Mondorakan No. 252, Kotagede, Yogyakarta 

Jam Buka: Setiap hari (11.00 – 22.00 wib)
Harga: Mulai dari Rp. 20.000,- (minuman) dan Rp. 50.000,- (makanan)

Menu Favorit: Sate Kotagede, Bothok Ayam Jagung, Sop Buntut, Gurameh Grontol, Kakap Bumbu Kuning, Semur Ayam Yoe Harto, Thuwulan Steak, Lobster Termidore, BBQ Beef Back Rib, dan Tom Yam khas

 

5. Skybar Ibis Hotel

Foto: dkzxw.com

Skybar Ibis Styles Hotel bisa menjadi salah satu rujukan tempat makan malam romantis di tengah kota Yogyakarta. Hotel ini terletak di Jl. Dagen dekat dengan Malioboro, dulu bernama All Season Hotel, tepatnya berada di sebelah barat Malioboro. Akses menuju ke sana sangat mudah karena terletak di tengah kota.

Bila sudah sampai di hotel, langsung saja menuju lantai paling atas Ibis Styles Hotel. Lokasi Skybar berada dekat dengan kolam, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat makan malam bersama pasangan sambil menikmati suasana malamdengan pemandangan sekitar kota akan membuat momen romantis dan indah tak terlupakan. Dari tempat ini juga, kita bisa menyaksikan detik-detik matahari terbenam dari atas kota Yogyakarta.

Foto: accomodations.asia
Foto: citosmagz.com

Di resto ini, kamu bisa mendapatkan suasana yang santai dan hangat. Meskipun berada tepat di tengah kota, namun bisa dibilang Skybar Ibis Styles Hotel masih masuk dalam daftar tempat makan malam romantis terbaik di Jogja.. Resto yang berada di rooftop hotel Ibis Styles ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu berdua bersama pasangan.

SKYBAR IBIS HOTEL
Hotel Ibis Styles Lt. 7. Jalan Dagen No. 109, Yogyakarta 55271

Telepon:(0274) 588889

Jam Buka: Setiap hari
Harga: Rp. 30.000,- – Rp. 150.000,-

Menu Favorit: Creamy Chicken Sandwich, Fried Calamary, Wings on Fire, Jogjanesia Sweet, dan Baked Cheese Cake

<BS>



-