5 Kuliner Pizza Lokal Lezat di Yogyakarta

25083
0
5 Kuliner Pizza Lezat di Yogyakarta
Foto: tripadvisor.com

Kini di Yogyakarta makin mudah menemui kuliner pizza lokal yang tidak kalah lezatnya dengan pizza branded. Berbagai rasa dan keunikan tersendiri, dari setiap resto dan kedai pizza, membuat pizza-pizza lokal ini memiliki banyak penggemar.


Semakin menjamurnya kuliner western, khususnya pizza ala Italia, membuat para penikmat kuliner mempunyai banyak pilihan untuk mencoba dan menikmati sensasi rasa berbeda-beda yang ditawarkan. Berikut ini beberapa kuliner pizza lokal yang merupakan rekomendasi beberapa orang khususnya mahasiswa di Yogyakarta:

1. Nanamia Pizzeria

nana mia

Foto: blog-ansyari.blogspot.com
Foto: blog-ansyari.blogspot.com

Siapa sih kawula muda, khususnya mahasiswa, di Yogyakarta yang tidak tahu Nanamia Pizzeria? Ya, pasti semua sudah pada tahu kan resto sajian lezat pizza ala Italiano yang satu ini. Nanamia Pizzeria namanya, atau lebih dikenal dengan sebutan Nanamia. Nama ini berasal dari nama pemiliknya sendiri, yaitu Mbak Nana dan Mbak Mia.

Nanamia memiliki dua tempat, yaitu di Jalan Moses Gatotkaca B10-11 Gejayan Yogyakarta dan Jalan Tirtodipuran No. 1 Yogyakarta. Pada awalnya cuma ada satu cabang di Gejayan, tapi karena laris manis, akhirnya membuka cabang di Tirtodipuran. Selain bisa bersantap langsung di restonya, Nanamia Pizzeria yang berada di Tirtodipuran, juga melayani delivery ke berbagai tempat di Jogjakarta tanpa syarat minimal order.

Foto: tripadvisor.com

Cabang resto yang berada di Tirtodipuran tidak kalah dengan yang berada di pusatnya, di Gejayan. Suasana restonya sangat romantis, dibalut interior yang bagus dengan dekorasi lampu yang dibuat kekuningan. Saat senja tiba, suasana romantis semakin terasa dengan adanya lilin-lilin di setiap meja saji. Sangat cocok buat kamu yang mau dinner dengan pasangan atau gebetannya, karena tempatnya juga tidak terlalu berisik.

Sejak awal, Nanamia hadir di Yogyakarta sebagai resto yang pertama kali menawarkan makanan asli khas Italia dengan konsep “Traditional Pizza For Modern People”. Oleh karena itu, tidak jarang para bule berkumpul di sini menikmati sajian pizza khas Italia. Di tambah dengan sentuhan musik Mediteranean, menjadikan Nanamia sebagai tempat yang santai, asyik, dan recommended bagi para pencinta kuliner di Yogyakarta yang ingin nongkrong. Tempatnya juga sangat dirasakan nyaman dan cozy oleh para pengunjung, hanya saja mungkin lebih menarik lagi jika ada free WiFi.

Menu hidangan di Nanamia sangat bervariasi. Untuk menu pembuka, ada beberapa kategori yaitu: Anipasti (appetizer), Insalata (aneka salad), Zuppe (aneka sup), dan Panini.

menu nanamia

Meskipun menu pembuka sudah sangat lezat, tetapi tetap saja menu utamanya yang paling istimewa, yaitu pizza, pasta, dan spagetti! Nanamia sudah terkenal keunikannya dengan roti pizzanya yang tipis dan kriuk-kriuk renyah.

Nanamia memiliki banyak varian pizza, yaitu 24 macam varian pizza dengan dua macam ukuran diameter, medium (25 cm) dan large (30 cm). Untuk varian pasta, resto ini menyediakan 16 jenis pasta dan 1 jenis secondi. Untuk spagetti, yang menjadi favorit adalah Spaghetti Bolognaise . Beberapa varian pizza dan spagetti dibisa dipesan untuk tingkat kepedasannya.

Pizza Nanamia

Untuk hidangan penutup atau Dolci, Nanamia memiliki 8 varian. Begitu juga dengan varian minuman yang beraneka ragam. Semua hidangan yang disajikan di restonya dikemas secara cantik dan pastinya akan membuat para penikmatnya langsung ngiler dan tidak tahan untuk segera menyantapnya. Untuk minuman, Nanamia menyajikannya dengan cara berbeda dari yang lain, yaitu semua minuman tanpa gula. Bukan berarti tidak ada gula, tapi gula disajikan terpisah sesuai selera penikmatnya. Mungkin karena banyak bule yang tidak suka banyak gula makanya gulanya dipisah ūüėÄ

Nanamia Pizzeria
Alamat:
РJl. Moses Gatotkaca B13 Р16 | Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281 | Telp 0274-556494.
– Jl. Tirtodipuran No 1 Yogyakarta | Telp 0274-450826. Bisa delivery order.
Jam Buka: 11:00 Р23:00 (Sabtu РKamis), 13:00 Р23:00 (Jumat )
https://www.facebook.com/pages/Nanamia-Pizzeria_

 

2. Panties Pizza

Tempat Panties PizzaYogyakarta kini makin menjamur dengan berbagai kuliner ala western khususnya Pizza. Ini bisa dilihat dengan munculnya beberapa resto, salah satunya Panties Pizza yang telah berdiri sejak tahun 2012 di Solo. Resto yang berinovasi pada sajian khas Italia ini, meski masih tergolong baru di Yogyakarta (dibuka pertengahan September 2015), sudah banyak penggemarnya. Ini bisa terlihat dari makin banyak follower Instagram-nya.

Dengan harga mulai dari Rp 17.000 saja, kita bisa menikmati pizza lipat atau pizza celana khas Napoli (Italia) yang sangat lezat . Saat ini Panties Pizza menjadi tempat makan dan tempat nongkrong favorite baik dari remaja maupun keluarga di kota Solo.

Panties Pizza 2
Panties PizzaFoto: pantiespizza.com

Dengan memanfaatkan adanya sosial media, pengunjungnya pun makin lama makin ramai dan harus antri. Bila tidak mau antri dan tidak kebagian tempat duduk, atau malas jauh-jauh ke lokasinya untuk menyantap pizza lezat ini di Gejayan, kamu bisa kok memesannya via jasa Gojek via online. Cukup menambah biaya jasa Gojek sebesar Rp. 15.000,- di manapun lokasimu di Yogyakarta.

Resto ini tergolong nyaman dengan konsep yang masih fresh, meskipun banyak yang mengeluhkan karena ruangan yang sempit sehingga tidak jarang ada yang tidak kebagian tempat atau harus berbagi meja dengan pengunjung lainnya bila sedang antri-antrinya.

Di Panties Pizza terdapat dua ruangan, yaitu ruangan AC di bagian depan dan ruangan non AC (smoking area) di bagian belakang yang menggunakan atap bening dan tertutup paranet agar sinar matahari tetap bisa dengan panas yang berkurang.

Panties Pizza BelakangRuangan yang cukup fresh dan menarik ini biasanya dimanfaatkan para pengunjung untuk selfie. Bagi yang ingin selfie, sebaiknya duduk di bagian belakang. Cahayanya lebih bagus kalau buat foto dan juga meja kursinya juga lebih enak buat ngobrol atau mengerjakan tugas. Hanya saja sound systemnya terlalu berisik, ditambah suara celotehan pengunjung yang bisa membuat kita tidak mendengar bila remote panggilan berbunyi.

Cukup banyak menu pizza yang ditawarkan. Beberapa menu yang menjadi favorit pengunjung adalah Mission Im-Pizza-Ble (isi sosis daging), 1001 Night (isi daging kebab), Say Cheese, Dr. Meatball, Tuna Maya, dan University Pizza.

Menu Panties PizzaBeberapa penikmatnya beranggapan bahwa secara bentuk setengah lingkaran dan dipotong menjadi empat bagian. Untuk rotinya, banyak yang menyukainya karena nggak alot, empuk, dan mudah dimakan. Pizzanya makin lezat karena ditambah dengan jamur yang begitu lezat serta keju yang lumer dan masih tetap melekat (makin memanjang) meskipun ditarik. Hanya saja, rasa dan isian antar menu pizzanya agak mirip-mirip.

Untuk masalah harga, Panties Pizza menawarkan dengan harga yang bervariasi dan sangat terjangkau bagi kantung mahasiswa, mulai dari Rp. 19.000,- hingga Rp. 27.000,- dengan 14 varian pizza yang begitu menggoda.

Mungkin yang masih kurang dari resto ini, selain space ruangan yang tidak sebanding dengan peminatnya, mungkin pelayananya yang dianggap mirip ‘swalayan’. Tidak seperti resto-resto pada umumnya, di Panties Pizza, para pemesan diharuskan membayar langsung di kasir saat memesan dan mengambil sendiri pesanannya bila sudah siap dengan remote (tanda alarm) jarak jauh.

Take Away Panties PizzaYang menarik di sini, setiap pemesanan pizza untuk take away, packaging-nya sangat oke, bukan pakai stryfoam. Namun, untuk take away dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.000,-.

Panties Pizza
Alamat: Jalan Gejayan CTX No.18, Catur Tunggal, Depok, Catur Tunggal, Kec. Sleman, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Utara Warung Steak Gejayan (samping White Lily)
Jam Buka: 11.00 Р22.00 (setiap hari) dan 13.00 Р22.00 (khusus Jumat)
Instagram: @pantiespizzajogja
Email: idea.pantiespizza@gmail.com
http://www.pantiespizza.com/

 

3. Il Mondo Pizza

Foto: javafoodie.co
Foto: javafoodie.co

Selain dua resto sebelumnya, ada juga pizza Italia yang cukup direkomendasikan sama orang-orang di Jogja, yaitu Il Mondo Pizza. Lokasinya juga tidak jauh-jauh amat dengan rival-rivalnya, masih berkisar sekitar Gejayan. Kali ini lokasinya di timur Gejayan, tepatnya di Jalan Garuda No. 26 Komplek Kolombo, Demangan Baru, Yogyakarta

Saat akan memasuki resto ini, kalian akan menemui tagline bertuliskan “Better than Tasty” di depan bangunan unik bergaya¬†vintage¬†atau¬†retro¬†ini. Ada dua pilihan tempat yang disediakan, yaitu outdoor¬†dengan atap dan indoor¬†yang ada dua lantai.

Foto: realteenation.wordpress.com
Foto: realteenation.wordpress.com

Di resto ini, tempatnya sangat nyaman untuk kongkow-kongkow karena berada di kawasan komplek Kolombo yang relatif sepi dari lalu lalang kendaraan yang lewat. Pelayanan di resto juga sangat recommended karena begitu baik, ramah, dan cukup cepat serta murah senyum.

Suasana semua tempat terlihat nyaman dengan fasilitas sofa empuk nan elegan. Ini bisa membuat pengunjung betah berlama-lama mengobrol atau belajar di sana. Biasanya resto ini mulai ramai bila sudah di atas jam 7 malam. Makanya bila ingin suasanya yang masih sepi, sebaiknya datang agak sorean sebelum Magribh.

Pizza yang ditawarkan di resto ini cukup berbeda. Bentuknya tipis dan crispy, serta bumbunya yang sangat terasa khas Italia. Berbeda seperti pizza-pizza ala Amerika. Proses pemanggangannya sendiri masih sangat tradisional dengan menggunakan kayu yang dibakar di tungku. Namun, bukan sebarang kayu yang dipakai melainkan kayu dari buah-buahan seperti nangka, rambutan, kopi, dan lain-lain. Selain proses pemanggangannya yang tradisional, cara menyantapnya pun juga tradisional ala Italiano, yaitu menggunakan tangan kosong karena tidak sediakan pisau dan garpu.

Il Mondo Pizza menyediakan berbagai appetizer, pizza, calzone, pasta, lasagna, minuman, dan dessert. Untuk pizza-nya terdapat dua pilihan ukuran, yaitu: medium (6 potong ) dan large (8 potong). Banyak orang yang lebih memilih ukuran large karena selisih harganya hanya sekitar 7-8 ribu rupiah. Varian pizza di Il Mondo banyak banget dan di buku menu dijelaskan apa saja yang ada di dalam pizza nanti, misal mushroom, minced beef, prawn, tomato, pepperoni, smoked chicken, smoked beef, cheese, onion, tuna, black olive dan mozzarella.

Menu Il MondoSalah satu pizza yang cukup direkomendasikan banyak orang adalah Il Mondo Di Carni yang beisi isinya chicken, beef, dan pepperoni. Ada juga Stagioni yang beisi beef, paprika, black olive, dan pepperoni. Kamu juga bisa menambah keju, daging, dan sayuran dengan cukup menambah Rp. 5000,- per item.

Tidak hanya pizza, Il Mondo Pizza juga menyajikan  aneka menu masakan Italia. Kamu bisa mencoba menu fettucinne dan spagetti-nya yang juga lezat, yaitu Fettucinne Carbonara dan Spaghetti Tonno Picante yang berisi tuna super pedas. Selain itu kamu juga bisa memesan beberapa menu dessert andalan di sini, antara lain Apple Pie dan Choco Lava.

Pizza Il MondoMinuman di sini juga banyak pilihan dan harganya cukup terjangkau mulai Rp. 2000,- untuk air mineral. Pilihan minuman pilihannya beragam, ada soft drink seperti Coca Cola, Red Fanta, Lime Squash, Strawberry Punch dan juga aneka juice. Begitu juga dengan pilihan minuman panas atau dingin, seperti Honey Lime, Black Coffee, Tea, Cappuccino.

Rasa Il Mondo Pizza yang dikenal oleh banyak orang sangat lezat tidak sebanding dengan harganya yang dianggap sangat murah, sekitar Rp. 8.000,- hingga Rp. 49.000,-. Barisan appetizer-nya seperti bruschetta, french fries, cheese fries dibanderol antara Rp. 8.000,- sampai Rp. 15.000,-. Selain itu juga ada berbagai varian salad (Rp. 15.000,- РRp. 18.000,-) dan soup (Rp. 15.000,- РRp. 16.000,-).

Harga pizza di pizzeria ini berkisar Rp. 38.000,- sampai Rp. 49.000,-. Untuk pasta seperti spaghetti dan fettuccini dibanderol Rp. 20.000,- sampai Rp. 25.000,-.

Untuk menu lasagna di sini ada dua pilihan chicken atau beef lasagna dengan harga Rp. 30.000,-. Calzone atau folded pizza hanya sedikit varian, karena bisa dimaklumi karena bukan spesialis pizza lipat, dihargai Rp. 40.000,-. Harga menu dessert sendiri berkisar antara Rp. 10.000,- sampai Rp. 40.000,-.

Il Mondo Pizza
Alamat: Jalan Garuda No. 26 Komplek Kolombo, Demangan Baru, Yogyakarta | Telp: 0274-543422
Jam Buka: 12:00 – 23:00 (setiap hari)

 

4. Pafito Pizza

Pafito PizzaResto yang menggunakan konsep kedai sederhana ini menyajikan masakan-masakan talia khususnya pizza. Lokasinya berada di daerah Babarsari, Seturan, tepatnya di depan Superindo Seturan atau Depok Sport Center.

Harus cukup cermat mengamati kedai yang cukup menyulitkan mata kita untuk memandang, karena lokasinya cukup nyempil dan bangunannya yang tidak terlalu besar.

Saat memasuki kedai, para pengunjung langsung mendapat sambutan oleh para waiters di kedai ini. Pelayanannya sangat memuaskan, mereka menawarkan menu dengan sistem open kitchen di mana mereka berusaha membaur dengan para pelanggannya yang dimaksudkan agar terjalin kedekatan yang cukup baik antara pelanggan dan chef dari Pafito Pizza.

Selain itu, mereka juga meminta pengujung untuk memilih area duduk. Ada area depan, area tengah yang berada di dekat dapur, dan area belakang. Di area belakang ada sebuah meja dan empat buah kursi kayu bergaya vintage yang sering menjadi tempat favorit bagi pengunjung. Di sampingnya terdapat meja dan beberapa pajangan kuno.

Menu Pafito PizzaInterior Pafito Pizza didominasi dengan aksen kayu jati Belanda yang kokoh. Ada juga sebuah tungku yang tidak cukup besar yang biasa ditemukan di resto-resto besar penyaji pizza. Tungku besar ini memang wajib tersedia di resto/kedai pizza untuk mendapatkan rasa otentik pizza.

Selain pizza, Pafito Pizza juga menawarkan aneka pasta, calzone, zuppa soup, salad, dan beberapa jenis garlic bread. Untuk ukuran pizzanya hanya ada ukuran jumbo. Menu spesial di kedai ini adalah Pafito Specialle dan Spagheti Con’atune Pafito, di mana Pafito Specialle merupakan salah satu signature dari Pafito Pizza.

Pafito Pizza zPafito Specialle berisi tomato sauce, mozzarella, onion, mushroom, paprika, minced beef, smoke chicken, black olive dan oregano. Menu ini disajikan dengan nampan kayu yang cukup besar sehingga nampak cantik.  Untuk Spagheti Con’atune Pafito disajikan dengan dengan mangkok yang menyerupai daun. Menu ini sangat spesial karena berisi onion, capsicum, tuna chunk dan spicy sausage dan di atasnya diberi daun parsley sebagai pemanisnya. Untuk harga menu utama ini berkisar antara Rp. 25.000,- sampai Rp. 50.000,-

Pafito Pizza
Alamat: Jl. Seturan Raya (Depan Superindo Seturan), Depok,  Sleman, Yogyakarta | Telp. 0857-1274-0014
Jam Buka:¬†10:00 ‚Äď 22:00 WIB
Twitter: @PafitoPizza

 

5. Pizza Pazza

Foto: jalanjogja.com
Foto: jalanjogja.com

Gerai pizza bercita rasa pizza asli ini dirikan oleh seorang warga Italia, Gieseppe Stasi, bersama istrinya, Anastasia Riana. Pizza di gerai ini memiliki sensasi rasa yang berbeda, yaitu sensasi menikmati pizza yang pipih dan garing serta ‚Äúkriuk‚ÄĚ yang terasa di mulut. Seperti halnya di negara asalnya, Italia, yang membuat kebanyakan pizza tidak berbentuk tebal dan empuk, melainkan pipih dan garing di bagian tepi roti bundarnya.

Pizza PazzaaSeperti namanya, Pizza Pazza, yang berarti Pizza Gila. Pengunjung yang menikmati kuliner asli Italia ini pasti akan tergila-gila dengan rasanya yang ‚Äėaseli‚Äô Italia yang¬†dipanggang dan dilumuri saus tomat plus¬†keju mozzarella.

Pengolahan pizzanya juga sangat alami seperti di Italia. Semua disajikan secara fresh dengan pengolahan yang cermat. Misalnya saat memanggang tidak menggunakan api dari gas tetapi memanfaatkan panas dari kayu bakar yang khusus, yaitu kayu yang keras yang mampu menghasilkan panas maksimal dan tidak membuat bau pizza.

Untuk bahannya sendiri, tidak semua bahan dibawa dari Italia. Beberapa diimpor dari Australia dan Perancis serta sebagian kecil merupakan bahan lokal yang dipilih secara cermat agar citarasa pizza tetap terjaga.

Foto: makanjogja.com
Foto: makanjogja.com

Pizza Pazza menyajikan belasan pilihan menu. Beberapa macam pizza merupakan inovasi pribadi yang menjadi favorit penikmatnya, seperti Pizza Merah Putih dan Pizza Anastasia. Nama-nama pizza lainnya juga cukup banyak, antara lain: Marinara, Salsicia, Anastasia, Diavola, Napolitana, Mari E Monti, dan lain-lain.

Untuk topping pizzanya bisa dipilih antara daging dan saus. Ada juga salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan bawang bombay serta jamur. Selain pizza, ada juga makanan pembuka, desert, pasta dan insalata.

Harga yang ditawarkan digerai ini cukup terjangkau. Untuk pizza, berkisar antara Rp. 20.000,- ‚Äď Rp. 70.000,-. Sedangkan untuk makanan pembuka, dessert, dan pasta berkisar antara Rp. 15.000,- ‚Äď Rp. 35.000,-

Foto: makanjogja.com
Foto: makanjogja.com

Pizza Pazza
Alamat: Jl. Kapten Haryadi (depan Perumahan Pesona Merapi / Merapi View) | Telp: 0274- 888987
Jam Buka:¬†11:00 ‚Äď 22:00 WIB (Kamis tutup)



-