Resep Membuat Tape Singkong Manis aka Peyeum

2552
0

tape singkong

Peuyeum Bandung banyak dijumpai tergantung di toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung.


Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong muda. Kupas dan bersihkan
  • 1 butir ragi tape

Cara Membuat Tape Singkong Manis atau Peyeum:

  1. Potong singkong dengan ukuran panjang kira-kira 10cm.
  2. Bersihkan lagi dalam air yang mengalir hingga benar-benar bersih.
  3. Kukus singkong hingga matang (jangan sampai terlalu lembek).
  4. Angkat singkong dari kukusan dan biarkan dingin. Jangan disentuh agar tidak terkontaminasi zat lain. Namun bila terpaksa gunakan sarung tangan atau peralatan seperti garpu untuk menata singkong.
  5. Siapkan baskom atau bakul. Alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar dan pinggirannya.
  6. Remukkan ragi di atas piring jika masih berbentuk bulatan.
  7. Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya. Taburkan sebagian ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua. Taburi lagi dengan ragi dan seterusnya hingga habis.
  8. Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang. Tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
  9. Diamkan selama minimal dua hari dua malam.
  10. Cek tape dengan menggunakan garpu. Bila sudah bertekstur lembut dan gampang ditusuk oleh garpu berarti tape singkong sudah jadi dan selesai proses fermentasinya.

Demikian Resep Membuat Tape Singkong Manis atau Peyeum yang cukup mudah untuk membuatnya. Silakan dicoba di rumah dengan mengikuti panduan resep dan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba 🙂



-