Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

793
0
Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil
Foto: solorayacyber.com

Kelapa merupakan salah satu tanaman ajaib yang sudah terkenal mempunyai banyak manfaat mulai dari akar hingga buahnya yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan maupun komersial. Dan salah satu bagian yang sering dimanfaatkan adalah air kelapa.


Air kelapa baik yang berasal dari air kelapa hijau ataupun air kelapa muda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara umum dan ibu hamil secara khusus.

PrevNext

11 Manfaat Air Kelapa sebagai Elektrolit

Air kelapa dapat bermanfaat sebagai elektrolit ibu hamil selama masa kehamilan yang sangat membutuhkan air untuk mencegah dehidrasi. Bagi umat manusia, meminum air kelapa sesudah beraktivitas yang menghabiskan tenaga sangat berguna karena dapat mengganti ion-ion dalam tubuh akan berkurang. Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa menukar cairan tubuh yang hilang tersebut.

1. Manfaat Air Kelapa sebagai Elektrolit

22 Manfaat Air Kelapa sebagai Infus Darurat

Hal ini umumnya dipakai oleh angkatan militer. Bila diperlukan saat tengah beroperasi di alam rimba atau dalam situasi terdesak, air kelapa seperti yang sudah dijelaskan mempunyai elektrolit alami yang dapat menggantikan ion yang hilang. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk penggunaan medis secara umum karena air kelapa belum tentu bebas partikel asing yang kemungkinan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan rasa sakit.

2. Manfaat Air Kelapa sebagai Infus Darurat

33 Manfaat Air Kelapa sebagai Pembersih Racun Dalam Tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang dapat meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa lelah. Hal ini membuat air kelapa dapat membersihkan racun dari tubuh.

3. Manfaat Air Kelapa sebagai Pembersih Racun Dalam Tubuh

44 Manfaat Air Kelapa sebagai Pencegah Gangguan Pencernaan

Air kelapa mengandung lemak yang rendah dan juga kalori yang rendah. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan dapat meghindarkan dari peradangan. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran. Untuk ibu hamil selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung yang membuat pencernaan menjadi lambat. Air kelapa dapat memperlancar pencernaan ibu hamil karena air kelapa mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah diserap dalam sel tubuh. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan dapat membantu meringankan konstipasi, mulas, serta gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Manfaat Air Kelapa sebagai Pencegah Gangguan Pencernaan

55 Menyembuhkan Infeksi Urin dan Infeksi Salran Kemih

Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa dapat meredakan rasa sakit akibat susah kencing. Untuk ibu hamil yang umumnya menderita infeksi saluran kemih, dapat mengatasinya dengan mengonsumsi air kelapa muda yang berfungsi sebagai diuretik natural. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh melalui air kencing.

5. Menyembuhkan Infeksi Urin dan Infeksi Salran Kemih

66 Manfaat Air Kelapa untuk Menyehatkan Rambut dan Kulit

Air kelapa dapat untuk mengatasi jerawat. Caranya yaitu dengan mencuci muka setiap hari secara rutin dengan air kelapa. Selain itu, air kelapa juga dapat untuk mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa tampak menjadi berseri. Air kelapa juga dipercaya dapat menyehatkan rambut dan melebatkan rambut, sehingga rambut menjadi sehat alami. Sementara untuk ibu hamil air kelapa memiliki manfaat yang besar jika dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi sebagian orang tidak mempercayai itu. Jika ibu hamil rajin meminum air kelapa, terutama di trimester ketiga, maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan dan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan matanya akan bening.

6. Manfaat Air Kelapa untuk Menyehatkan Rambut dan Kulit

77 Manfaat Air Kelapa untuk Organ-organ Dalam Tubuh

Air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan, karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah, dan pembuluh darah membesar). Menurut sebuah riset, penelitian air kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) di dalam tubuh dan tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jadi, Ibu tidak perlu takut untuk meminum air kelapa karena air kelapa tidak membuat badan Ibu menjadi lebih gemuk selama kehamilan. air kelapa juga rendah gula sehingga baik untuk penderita diabetes.

7. Manfaat Air Kelapa untuk Organ-organ Dalam Tubuh

88 Manfaat Air Kelapa Sebagai Diuretik

Air kelapa bermanfaat untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa yang dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

8. Manfaat Air Kelapa Sebagai Diuretik

99 Manfaat Air Kelapa untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Air kelapa lebih bernutrisi ketimbang susu full cream, karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit. Jika mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah untuk meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan membantu memecahkan batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh. Untuk ibu hamil air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi dari virus, bakteri dan jamur. Karena air kelapa muda mengandung asam lauric, yaitu asam yang membantu melawan penyakit. Kandungan asam lauric yang ada pada air kelapa sama dengan yang terdapat pada air susu Ibu.

9. Manfaat Air Kelapa untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

1010 Manfaat Air Kelapa untuk Mencegah Kaki Kram

Seiring usia kehamilan yang bertambah, sebagian Ibu akan merasakan gejala kram pada kaki. Air kelapa bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Karena air kelapa mengandung pasokan kalium dimana selama kehamilan ibu dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 4.700 mg kalium. Sedangkan dalam segelas besar (330 ml) air kelapa, terkandung 670 mg.

10. Manfaat Air Kelapa untuk Mencegah Kaki Kram

1111 Manfaat Air Kelapa sebagai Penyembuh Luka

Selain air kelapa diminum, ternyata air kelapa dapat untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksim. Caranya yaitu dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa. Untuk membuatnya adalah ambilah segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut ke dalam air kelapa bersamaan dengan tempurungnya, sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras ditumbuk hingga halus.



-

11. Manfaat Air Kelapa sebagai Penyembuh Luka
PrevNext