Resep Membuat Sambal Bawang Merah Hijau Super Pedas

5489
0
Sambal Bawang
Sambal Bawang

Sambal merupakan salah satu ciri khas Indonesia sebagai pelengkap hidangan di meja makan. Salah satu varian sambal yang cukup populer adalah sambal bawang yang terkenal pedasnya.


Bagi para penyuka sambal bila menikmati santapan nasi dan lauk tanpa sambal bagaikan merasakan sayur tanpa garam. Orang Indonesia pada umumnya sangat menggemari sambal dan aneka variasinya. Akan terasa ada yang kurang bila di meja makan dihidangkan makanan tanpa ada sambal. Mungkin dikarenakan akan mengurangi nikmatinya saat menyantap makanan.

Pada zaman sekarang banyak variasi sambal yang dapat kita temui tanpa harus membuatnya. Banyak aneka sambal yang sudah dihasilkan dari produksi pabrik makanan mulai dari branded lokal hingga nasional ataupun internasional. Sambal-sambal itu dimasukkan dalam botol plastik maupun kaca.

Banyak yang menggemari sambal hasil produksi pabrik. Tapi tidak jarang juga yang sangat menghindari untuk memakan sambal buatan pabrik karena takut adanya bahan pengawet yang tidak diinginkan. Selain itu, sambal-sambal hasil buatan pabrik banyak yang tidak cocok di mulut dan kurang makyus sehingga membuat para penikmat sambal lebih suka sambal buatan tangan.

Nah, buat kamu para penggemar sambal khususnya sambal bawang yang ingin membuatnya sendiri bisa nyobain resep yang satu ini. Sambal bawang sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang super hot dan membuat mulut menjadi panas hingga tidak jarang sampai bikin orang menangis.

Berikut kami sajikan Resep Membuat Sambal Bawang Merah Hijau Super Pedas. Sambal ini merupakan kombinasi cabai rawit beda warna.

Bahan-bahan:

  • 10 biji cabe rawit merah
  • 5 biji cabe rawit hijau muda
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Sambal Bawang Merah Hijau Super Pedas:

  1. Ulek dan haluskan semua cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan juga garam, gula, dan penyedap rasa.
  2. Setelah halus, masuk gula pasir secukupnya. Ulek hingga rata.
  3. Siram minyak sayur dalam keadaan panas ke dalam ulekan. Lalu campur semua bahan agar merata sempurna.
  4. Sambal bawang siap disajikan beserta lalapan dan lauk pauk.

Demikian  Resep Membuat Sambal Bawang Merah Hijau Super Pedas yang sangat mudah dan sederhana. Sangat cocok buat melengkapi hidangan lauk apalagi ditambah dengan lalapan. Silakan dicoba di rumah dengan mengikuti panduan resep dan langka-langkah di atas. Selamat mencoba 🙂



-