Pilih Buah dan Sayur Berwarna Gelap

Pilih Buah dan Sayur Berwarna Gelap
Foto: fruitsbenefitshealth.blogspot.com

Buah dan sayur berwarna gelap sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung lebih banyak antioksidan.


Buah-buahan merupakan sumber serat, vitamin, dan juga antioksidan. Namun jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak antioksidan, lebih baik memilih buah dan sayuran berwarna gelap.

Bagi para atlet, buah dan sayuran berwarna gelap juga disarankan karena kandungan antioksidannya sangat baik untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan nyeri otot, inflamasi, lemas, dan kematian prematur sel.

Radikal bebas merupakan suatu atom molekul atau senyawa yang mengandung satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan sehingga sangat reaktif.

Radikal bebas dapat terbentuk dalam tubuh saat bernafas sebagai hasil samping proses oksidasi atau pembakaran, olahraga yang berlebihan, ketika terjadi peradangan, terpapar polusi lingkungan seperti dari asap rokok, kendaraan bermotor, radiasi, dan sebagainya.

Untuk menghindari efek buruk radikal bebas, mengonsumsi bahan makanan yang berwarna gelap sangat dianjurkan. Berikut adalah beberapa buah dan sayur yang dianjurkan.

Buah-buahan: Berrie (blueberri dan blackberry), buah ceri, cranberries, tomat, dan prunes.

Sayuran: Brokoli, kol, wortel, ubi ungu, buah bit, dan lobak merah.

Sayuran berdaun: Bayam, kacang hitam, lentil, dan kacang hitam.

Kacang-kacangan: Walnut, almond, kacang brasil, dan flax seed.

Bahan-bahan makanan tersebut memiliki khasiat mulai dari melindungi sel dari kerusakan, menurunkan tekanan darah dan Kolesterol, hingga menurunkan risiko kanker.

Sumber: health.kompas.com