Daftar Oleh-oleh Jajanan dan Makanan Favorit Khas Bandung

95223
10
Oleh-oleh Khas Bandung
Oleh-oleh Khas Bandung

Bandung tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya saja namun juga oleh-oleh jajanan dan makanannya yang diburu oleh wisatawan lokal dan mancanegara.


Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia dan Asia. Tidak salah karena Bandung memiliki aneka tempat wisata. Tidak hanya itu, Bandung juga memiliki beraneka ragam kuliner yang sangat digemari mulai dari masakan hingga jajanan khas Kota Kembang ini. Nah, kalau Anda berkunjung ke sana jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi berbagai hidangan masakan ataupun jajanan khas Bandung. Mungkin yang belum ke sana masih bingung tentang apa saja oleh-oleh jajanan favorit khas Bandung.

Bagi Anda yang belum pernah ke Bandung dan masih bingung tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa rekomendasi daftar oleh-oleh jajanan dan makanan favorit khas Bandung yang bisa dibeli dan bisa dijadikan sebagai buah tanganmu ataupun menjadi mereferensi untuk kerabat dari kota asal Anda yang ingin berwisata kuliner di Kota Parayangan:

1. Pisang Molen

Pisang Molen Kartika Sari

Pisang Molen atau bolen sudah terkenal sejak dulu merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari di Bandung, bahkan selain rasa yang original, sekarang tersedia pula dalam berbagai pilihan rasa. Nah, untuk mencari jajanan atau oleh-oleh yang satu ini, jangan khawatir, pisang pisang molen ada di banyak tempat, di antaranya adalah Kartika Sari, Prima Rasa, Mayasari, bahkan di sepanjang jalan di mana tempat turis/pelancong datang ke Bandung banyak tersedia oleh-oleh Bandung yang satu ini, seperti di Cihampelas, di sepanjang jalan Pasteur, di daerah jalan Dago dan Riau yang banyak terdapat Factory Outlet. Harganya sendiri, untuk pisang pisang molen berkisar Rp 27.000 – Rp 35.000 an per kotak atau per paknya.

2. Brownies

Brownies

Untuk Brownies Bandung, walaupun oleh-oleh khas Bandung yang satu ini baru booming dalam beberapa tahun terakhir, tapi banyak sekali yang terjun ke dalam bisnis makanan yang satu ini. Ada berbagai macam versi dari Brownies, mulai dari Brownies Kukus, Brownies Panggang, dll. Tempat-tempat yang bisa dikunjungi bila Anda berminat memborong oleh-oleh atau jajanan khas Bandung yang satu ini adalah Amanda Brownies, Kartika Sari, Prima Rasa, dll. Harga untuk Brownies berkisar antara Rp 30.000 – 60.000 an per pak nya. Nah, silahkan memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.

3. Peuyeum

Peuyeum

Nah, yang dinamakan peuyeum ini banyak dijumpai tergantung di toko oleh-oleh sebagai salah satu ikon khas Bandung. Di kawasan Cibaduyut, Cihampelas, Pasteur, bahkan di daerah sekitar terminal pun banyak dijual peuyeum Bandung. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum sebagai oleh-oleh khas Bandung. Bagi Anda yang belum tahu apa itu peuyeum, peuyeum adalah tape singkong.

Resep Membuat Tape Singkong Manis aka Peyeum

4. Keripik

Keripik untuk oleh-oleh yang merupakan keripik khas Bandung bermacam-macam, di antaranya keripik oncom, keripik pedasyang akhir-akhir ini sedang booming, dll. Untuk keripik pedas berbagai nama pun disiapkan produsen untuk menarik konsumen, seperti keripik setan, pikset, dll. Keripik pedas yang terkenal di Bandung di antarnya adalah Keripik Ma’Icihdan Keripik Karuhun. Keripik-keripik tipe ini terkenal dengan derajat kepedasan yang berbeda-beda disesuaikan dengan selera konsumen. Keripik Karuhun : * Keripik Singkong Level S ( Standart / Sedang ) * Keripik Singkong Level P ( Pedas ) * Keripik Singkong Level SP ( Sangat Pedas ) * Keripik Singkong SI ( Sambel Ijo ) * Keripik Singkong SISP ( Sambel Ijo Super Pedas ) * Dorokdok ( Keripik Kulit )

Keripik Karuhun

Keripik Ma’Icih/Keripik Maicih juga demikian, dengan mengandalkan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda, namun umumnya dijual dari level 3 sampai dengan level 5, Anda bisa mencicipi keripik singkong pedas. Keripik Maicihjuga mudah dijumpai dimana-mana, terutama di daerah-daerah tempat turis berkumpul seperti jalan Cihampelas, kawasan Dago dan Riau tempat banyak Factory Outlet, dll.

Keripik Ma’Icih

Harganya sendiri untuk keripik yang satu ini tidaklah bisa dibilang murah, malah terhitung agak mahal. Keripik Ma Icih sendiri mantap untuk rasa pedasnya, namun saran penulis, kurang cocok bila menjadi oleh-oleh untuk orang lanjut usia, karena agak keras alias kurang renyah untuk ukuran orang tua, biasanya anak-anak muda yang menggemari keripik ini. *Update* Terakhir penulis membeli Keripik Ma Icih dihargai Rp. 18.000, namun coba saja dulu oleh-oleh Bandung yang satu ini, apakah sesuai dengan selera Anda? Bila ya, maka tak ada salahnya memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini.

5. Serabi Bandung atau Surabi Bandung

Serabi Bandung

Nah, serabi/surabi yang berasal dari kota kembang Bandung berbeda tipenya dengan serabi yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Variasinya sekarang menjadi sangat banyak karena penjual otomatis mengikuti permintaan konsumen. Salah satu tempat yang terkenal dengan serabi Bandung adalah kawasan Setiabudi Bandung, yaitu Surabi Enhaii Bandung (NHI Bandung). Kenapa dinamakan Surabi Enhaii, lokasinya karena terletak dekat dengan kampus Enhaii (NHI) Bandung Utara. Ada juga Surabi Ina yang juga menjajakan berbagai macam variasi surabi/serabi. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang surabi Bandung sebagai oleh-oleh, datang saja ke lokasi-lokasi di atas.

6. Baso Tahu Siomay

Baso Tahu Siomay

Jajanan atau makanan yang satu ini termasuk banyak terdapat dimana-mana. Biasanya jajanan/makanan yang satu ini dihidangkan setelah dikukus panas-panas. Pilihannya sendiri bermacam-macam. Selain Baso Tahu, Siomay, Kol, Kentang, terkadang tersedia pula Paria dan Kulit. Setelah diiris, disiram dengan sambal kacang, kecap manis, dan diberi air jeruk nipis untuk menambah rasa nikmat. Baso Tahu yang terkenal di Bandung diantaranya adalah Baso Tahu Tulen dan Raja Baso Tahu Saboga. Banyak pengunjung atau wisatawan yang memborong Baso Tahu Siomay sebagai oleh-oleh khas Bandung, karena oleh-oleh yang satu ini terbilang praktis. Anda tinggal mengukus lagi di rumah dan dinikmati hangat-hangat, hmmm, lezat!

7. Batagor

Batagor

Cemilan/jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini memang banyak ditawarkan di seantero Bandung. Beberapa yang terkenal sebagai tempat memborong oleh-oleh Bandung yang satu ini adalah Batagor Kingsley, Batagor Riri,Batagor H. Isan, Batagor Abuy, dan lain-lain. Kudapan yang merupakan baso tahu/siomay yang digoreng ini mengandalkan perpaduan rasa antara sambal kacang, kecap, dan rasa dari batagor itu sendiri. Jajanan/oleh-oleh khas Bandung yang satu ini paling enak dimakan hangat-hangat.

8. Martabak Bandung

Martabak Manis Bandung

Kota Kembang Bandung juga terkenal dengan martabaknya, terutama martabak manisnya. Beberapa yang terkenal adalah Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, Martabak Intisari di Jalan Sudirman dan lain-lain. Banyak pembeli yang membeli makanan atau oleh-oleh khas yang satu ini untuk dibawa ke kota lain. Martabak manis paling enak dimakan selagi hangat karena kulit martabaknya akan memberikan sensasi kriuk yang renyah dan gurih bila jajanan yang satu ini dinikmati ketika sudah menjadi dingin.

Resep Membuat Martabak Manis

9. Oncom

Oncom

Oncom merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di Bandung. Selain dibuat keripik, biasanya makanan yang satu ini sering juga dibuat sambal, yaitu sambal oncom. Seringkali menemani Anda yang bersantap nasi kuning di Bandung. Rasanya sendiri agak khas. Bentuk mentahnya agak-agak menyeramkan, namun jangan salah, jika sudah diolah di tangan sang ahli, hmmmm, sedap! Nah, Anda berniat mencobanya? Oleh-oleh Bandung yang satu ini tersedia di banyak tempat, terutama keripik oncomnya, daerah sekitar Pasteur, Cihampelas, juga di beberapa terminal bus, banyak menyediakan keripik oncom Bandung.

10. Gepuk

Gepuk

Nah, makanan yang satu ini termasuk salah satu yang menjadi buruan para wisatawan untuk oleh-oleh dari Bandung. Ada beberapa toko terkenal untuk urusan Gepuk Bandung, diantaranya adalah Gepuk Ny Yong dan Gepuk Ny Ong. Kedua Toko di atas memang terkenal untuk urusan oleh-oleh Gepuk Bandung. Bingung mau mencoba beli yang mana? Coba saja salah satu, lain kali datang ke Bandung lagi, Anda bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan selera Anda.

Baca juga: Daftar Oleh-oleh Jajanan dan Makanan Favorit Khas Yogyakarta

11. Tahu Bandung

Tahu Lembang (Tahu Tauhid) Bandung

Tahu Bandung memang terkenal empuk, lembut di mulut dan gurih. Tahu Bandung sendiri banyak dijadikan oleh-oleh, hanya saja memang tidak praktis membawa-bawa oleh-oleh yang satu ini jika Anda berasal dari tempat yang jauh, karena tentu saja harus berhati-hati jika membawa oleh-oleh Tahu Bandung, salah-salah bisa hancur di perjalanan, belum lagi takut bocor dan basah. Beberapa Tahu Bandung yang terkenal adalah Tahu Lembang, Tahu Tauhid, Tahu Talaga/Tahu Yun Sen dan Tahu Yun Yi.

12. Karedok

Karedok

Makanan enak khas Bandung yang satu ini biasanya tersedia di Rumah Makan yang menyajikan masakan Sunda. Rasa dari kumpulan sayuran yang mentah, seperti kol, kacang panjang, tauge, timun, leunca (khas Sunda) yang kemudian ditambah dengan ulegkan yang pas dari bumbu kacang, akan menentukan rasa dari karedok. Hidangan yang satu ini sebaiknya dimakan ditempat, karena jika dibawa pulang untuk oleh-oleh tentu akan merepotkan.

13. Cireng

Cireng

Nah, cireng ini merupakan singkatan dari ‘Aci Goreng’. Cirengmerupakan cemilan/makanan/jajanan Sunda atau khas Bandung yang banyak dijumpai dimana-mana. Cireng yang original memang polos terbuat dari tepung kanji yang digoreng. Namun, seiring waktu dibuat berbagai macam variasi rasa mengikuti selera dari konsumen. Jika ingin dijadikan oleh-oleh dari Bandung, Anda juga bisa membeli yang mentah dan siap goreng, daripada membeli yang sudah jadi, takut melempem atau keras.

14. Lotek

Lotek

Makanan yang satu ini biasanya berupa rebusan sayuran segar, yang kemudian diberi bumbu kacang yang diuleg. Bila Anda ingin mencicipi makanan yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke Lotek Kalipah Apo, Lotek Kelenteng/Lotek Klenteng (yang ini terletak di sekitar area dekat Kelenteng/Klenteng yang berada di Jalan Kelenteng Bandung),Lotek Mahmud, Lotek Alkateri, dll. Disarankan untuk makan Lotek Bandung di tempat karena bumbu kacangnya tidak akan berair seperti jika dibawa pulang.

15. Bandros

Bandros

Makanan atau tepatnya jajanan Bandung yang satu ini biasanya dijual dengan menggunakan pikulan, yang berkeliling dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Penjual Bandros terkadang juga mangkal di suatu tempat tertentu. Rasa jajanan Bandung yang satu ini terbilang gurih karena menggunakan kelapa.

16. Mie Kocok/Mi Kocok

Mie Kocok Bandung

Makanan khas Bandung yang satu ini banyak diburu orang jika bertandang ke Bandung, apalagi bagi Anda penggemar kikil, yang merupakan salah satu ciri khas mi kocok Bandung. Beberapa tempat yang terkenal dengan Mie Kocok Bandung adalah Mie Kocok Banteng/Mie Kocok Mang Dadeng, Mie KocokSKM di Jalan Sunda Bandung, dll.

Resep Mie Koclok Bandung

17. Kupat Tahu Bandung

Kupat Tahu

Makanan kuliner ini banyak dijajakan terutama pagi hari di kota Bandung, bahkan kebanyakan memakai gerobak yang mangkal di tempat tertentu. Kupat Tahu yang dijajakan di Bandung memakai gerobak sebenarnya banyak yang memakai atribut Singaparna, yang merupakan sebuah daerah di Jawa Barat. Namun pada perkembangannya menjadi salah satu trade mark kota Bandung. Beberapa yang terkenal adalah Kupat Tahu Gempol, yang buka mulai jam 06.00 pagi.

Resep Kupat Tahu Bandung

18. Bandrek

Bandrek

Minuman bandrek yang satu ini merupakan salah satu kebanggan orang Sunda, minuman khas Bandung yang satu ini memang berbeda jauh dengan wedang Jahe orang Jawa.Bandrek sendiri sekarang banyak dikemas dalam bentuk sachet yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Minuman yang satu ini disajikan hangat-hangat dan biasanya diminum untuk menghangatkan tubuh karena malam hari di Bandung udaranya memang dingin.

Resep Minuman Bandrek Khas Sunda

19. Es Cendol Bandung

Es Cendol Elizabeth

Memasuki bulan puasa, diseantero Bandung, banyak yang menjual minuman menyegarkan yang satu ini. Minuman yang satu ini memang manis dan segar, apalagi jika diminum dingin-dingin di hari yang terik. Salah satu yang terkenal dengan cendol Bandung adalah Es Cendol dari Elizabeth Bandung.

20. Combro Khas Bandung

Combro Bandung
Combro Bandung

Kata Combro berasal dari Sunda. Asal nama combro sendiri berawal dari singkatan “oncom di jero” yang artinya “oncom di dalam” sehingga disingkatlah menjadi combro. Namun, combro sebenarnya tak hanya di kenal di Jawa Barat saja lho, tetapi juga di daerah lainnya di negara Indonesia.

Makanan ini sesuai namanya berisi oncom dan terbuat dari singkong, diolah dengan bumbu yang pedas lalu digoreng. Sehingga rasanya sangat nikmat dan menggoda lidah. Rasanya yang pedas, membuat siapapun pasti ketagihan memakan combro. Tak hanya lezat, combro juga kaya akan protein, vitamin, dan karbohidrat.

Resep Membuat Combro Khas Bandung

20. Misro Khas Bandung

Misro Manis
Combro Bandung

Misro merupakan salah satu jajanan khas yang berasal dari daerah Jawa Barat terutama kota Bandung. Misro adalah nama makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut. Misro sering diidentikan dengan ‘saudaranya’ Combro. Hanya saja meski berbahan dasar sama yaitu singkong, namun yang membedakan mereka adalah jeroannya saja.

Misro berasal dari nama singkatan yang diberikan oleh orang sunda yaitu amis dijero. Amis yang dimaksud adalah berasal dari basa sunda yang artinya manis. Makanan ini biasanya berbentuk bulat sedikit pipih yang didalamnya terdapat gula merah yang diiris halus. Misro sangat disukai karena rasanya yang manis dan gurih.

Resep Membuat Misro Khas Bandung

Baca juga: Daftar Oleh-oleh Jajanan dan Makanan Favorit Khas Yogyakarta



-