9 Makanan Sehat Pencegah Kanker

9 Makanan Sehat untuk Pencegah Kanker
Sayur Bayam

Beberapa jenis sayur dan buah-buahan sangat berkhasiat untuk mencegah kanker karena mengandung banyak antioksidan yang berfungsi sebagai antibodi.


Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang telah mengakibatkan banyak orang meninggal. Kanker bisa dicegah. Oleh karenanya, melakukan hidup sehat untuk mencegah kanker perlu diterapkan dalam kehidupan sehar-hari. Salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan mengandung sifat obat sebagai pencegahan awal kanker. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dipercaya bisa menjadi obat pencegah awal kanker:

1. Bawang putih
Tidak hanya sebagai bumbu penyedap dalam setiap masakan, bawang putih juga bermanfaat sebagai senjata untuk pelindung tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi. Selain membantu dalam membunuh sel tumor, bawang putih juga bisa melindungi komponen tubuh yang rentan kanker.

2. Bayam
Bayam yang dikenal memiliki karotenoid sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bayam juga mempunyai sifat pengobatan untuk melawan kanker.

3. Berry
Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

4. Cokelat
Selain katanya bisa menyebabkan kegemukan, namun cokelat ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah kanker. Jika Anda menyukai cokelat, sebaiknya Anda memilih cokelat yang berwarna gelap karena mengandung lebih banyak antioksidan yang bisa mencegah Anda dari serangan kanker.

5. Jamur
Jamur juga mempunyai sifat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi jamur secara kecukupan bisa membantu Anda terhindar dari kanker. Tidak hanya itu, jamur ini juga bekerja menghambat pertumbuhan sel tumor ganas.

6. Jeruk
Buah jeruk juga mempunyai sifat melawan kanker. Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C, beta karoten, dan asam folat yang membantu dalam menghindari kanker.

7. Kol
Beberapa jenis sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan kubis mempunyai kandungan indole 3 carbinol yang membantu melawan kanker payudara. Jenis sayuran ini mampu mengubah hormon estrogen (hormon yang mempercepat pertumbuhan sel yang cenderung menjadi kanker) menjadi hormon pelindung.

8. Teh
Minuman teh, khususnya hijau berfungsi sebagai antioksidan tubuh yang bisa melawan kanker. Tidak hanya menghangatkan, teh hijau juga baik untuk mencegah kanker kantung kemih, kanker payudara, dan juga kanker kulit.

9. Tomat
Toman kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu tomat juga mempunyai sifat antioksidan yang berperan untuk pencegahan kanker. Untuk mengonsumsi buah tomat bisa dilakukan dengan mengonsumsinya sebagai buah segar secara langsung atau bisa juga dalam bentuk jus tomat. Khasiatnya bisa untuk mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh, yang merupakan salah satupenyebab kanker.

Sumber: kabarimbo.com