Bakmi Nyemek Bu Trimo dan Soto Ayam Jalan Bank Jadi Favorit Kuliner Purwokerto

2059
0

Buat kalian yang mudik ke purwokerto dan sekitarnya ataupun hanya melintasi kawasan kabupaten dengan ciri khas ngapak ini, tidak ada salahnya mengunjungi dua lokasi kuliner ini. Dua tempat kuliner begitu disukai oleh masyarakat setempat. Berikut sajian kuliner khas Purwokerto yang kami kutip dari banyumurti.net.

Bakmi Nyemek Bu Trimo
Jl. Jend Soedirman Timur 915 B, Purwokerto
Telp : 0281 – 633918 / 081327666610

Nyemek itu bisa diartikan becek, tapi tidak banjir. Jadi bakmi nyemek itu ya bakmi yang berair tapi kuahnya tidak banyak. Istilah ini banyak kita temui di menu penjual bakmi yang ada di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Akan tetapi di Banyumas ini saya menemukan kedai dengan menggunakan kata “bakmi nyemek” sebagai judulnya.

Ya itulah “Bakmi Nyemek Bu Trimo” yang berada dekat PLN Berkoh Purwokerto. Satu Bakmi Nyemek Spesial seharga Rp. 20.000,- langsung dipesan. Aroma kuah bakmi jawa yang khas tercium begitu pesanan itu datang. Satu piring bakmi nyemek yang dimasak menggunakan telur, potongan baso, daging ayam, ati ampela dan juga tomat tersaji di meja. Tak lupa taburan bawang goreng memperkuat rasa dari bakmi ini.

Berbeda dengan bakmi di Jogja, Bakmi Nyemek Bu Trimo ini menggunakan mie lebar seperti kwietiaw. Kuahnya layak mendapat acungan jempol, segar dari kaldu ayamnya kerasa banget, apalagi ditambah dengan tammbahan cabe rawit yang bisa kita gerus langsung di piringnya. Bikin keringeten…..

Menikmati Bakmi Nyemek ini memang pas di malam hari, walau kedai ini buka sejak siang hari. Kehangatan yang disajikannya dapat menghangatkan udara malam di kota Purwokerto yang terkenal adem ini. Sluruuppp…

 

Selanjutnya…

Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso
Jl. RA Wiriatmaja 14/15, Purwokerto
Telp : 0281 – 639353

Melihat tampilannya, kayaknya ini adalah soto yang paling berantakan yang pernah saya temukan. Potongan daging ayam kampung, bawang daun, kerupuk aneka warna dan bawang goreng menutupi kuah yang berisi ketupat, tauge dan soun. Tapi kesan berantakan langsung buyar begitu menyeruput kuah dari soto ini, rasanya justru rapih dan menggoda.

Gurihnya kuah soto ini memang terasa segar, berpadu cantik dengan aneka bahan yang ada di dalam mangkok. Yang bikin beda juga adalah sambalnya, yang bukan sambal biasa tapi sambal kacang. Silakan bubuhkan sambal kacang kedalam mangkok soto ini sebelum disantap, rasa pedas yang tidak terlalu menohok dengan tekstur rasa kacang membuat sajian ini lebih kaya.

Jangan lupa juga untuk mencicipi Es Kopyor untuk minumnya. Daging kelapa kopyor yang disajikan dalam sirup merah ini menjadi sajian minuman yang paling laris di kedai ini. Tekstur kopyor yang lembut memang jadi pemikat untuk hidangan pencuci mulut ini.

Tidak sulit menemukan Kedai Soto Ayam Jalan Bank Haji Loso ini, letaknya tidak jau di ujung jalan masuk Jl. RA Wiriatmaja. Ada beberapa penjaja soto ayam di ruas jalan ini. Soto Ayam Haji Loso ini yang memang terkenal dengan soto jalan bank, letaknya pun ada dua dan berseberangan. Saya menikmati soto ini sebagai menu makan malam, karena kedainya sendiri buka dari pukul 10 pagi sampai 9 malam, Kalau ingin mencicipi gagrak soto khas banyumas yang berbeda dengan soto di kota lain silakan kunjungi Soto Jalan Bank ini.

Sumber: banyumurti.net



-